Destinasi Bersejarah Yang Menjadi Saksi Perjuangan Bangsa Indonesia

Agustus tahun ini kita merayakan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75. Tau gak Ballers banyak tempat yang menyimpan nilai – nilai bersejarah di Indonesia dan menjadi saksi perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan Belanda dan juga Jepang untuk kemerdekaan.

Tempat-tempat tersebut kini menjadi destinasi wisata, museum, ikon kota, sampai masih digunakan untuk pusat pemerintahan. Yuk kita simak penjelasan tempat – tempat tersebut di bawah ini.

Benteng Rotterdam Makassar

 

 

Benteng Rotterdam
Yermia Riezky @ Pixabay

Benteng Rotterdam ini terletak di pinggir pantai barat kota Makassar, Sulawesi Selatan. Benteng inidibangun pada tahun 1545 pada kekuasaan Raja Gowa ke-9. Awalnya benteng ini terbuat dari tanah liat namun pada kepemimpinan Raja Gowa ke-14 benteng ini mengalami konstruksi dan diganti dengan batu padas.

Pada masa penjajahan Belanda, benteng ini ditempati oleh Belanda selama 200 tahun sebagai pusat pemerintahan, ekonomi, dan segala aktivitas. Namun pada tahun 1940 benteng ini kembali diserahkan ke Fort Rotterdam Foundation. Di dalam benteng ini pun terdapat museum La Galigo yang menyimpan sejarah kerajaan Gowa-Tallo

Gedung Sate Bandung
Gedung Sate
Rendy Maulana @ Wallbee

Tahu nggak Ballers kenapa gedung ini dinamakan gedung sate? Bukan karena bentuk bangunannya yang mirip sate, namun terdapat 1 batang besi diatas gedung yang berbentuk seperti tusuk sate.

Pada masa hindia belanda sampai saat ini fungsi gedung sate tidak memiliki perubahan, yakni sebagai pusat pemerintahan. Selain dari gedungnya yang menjadi pusat destinasi, kamu juga bisa olahraga alun-alun depan gedung sate ini yang bernama Gazebo. Ada ballers yang warga kota Bandung disini?

Lawang Sewu Semarang
Lawang Sewu
Ya, saya inBaliTimur @ wallbee

Apa yang ada dipikiran kamu jika membaca nama destinasi ini? Pasti berbau hal yang seram-seram, tapi destinasi ini mempunyai segudang sejarah atas kemerdekaan Indonesia loh! Apa saja?

Pada tahun 1904 Lawang Sewu mempunyai nama Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) namun setelah kemerdekaan Indonesia, bangunan ini berubah fungsi menjadi kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI). Usut punya usut Lawang Sewu menjadi kantor pertama PT KAI. Berani untuk menjelajah isi dari Lawang Sewu Ballers?

Jam Gadang Bukit Tinggi
Jam Gadang
ahmad syahrir @ pixabay

Jam Gadang merupakan menara yang berbentuk seperti jam dan berada di pusat kota Kota Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Jam Gadang dibangun pada tahun 1926 sebagai hadiah dari Ratu Belanda untuk Rookmaker (sekretaris Fort de Kock yang sekarang bernama Bukit Tinggi).

Sejak didirikan sampai saat ini Jam Gadang mengalami 3 kali perubahan pada atapnya, mulai dari berbentuk bulat dan ada patung ayam jantan menghadap ke timur, lalu diubah menjadi pagoda pada penjajahan Jepang, dan sekarang diubah menjadi atap rumah gonjong (rumah khas Sumatera Barat) oleh pemerintah Indonesia.

Benteng Vredeburg Yogyakarta
Benteng Vredeburg
Fakhri Labib @ Unsplash

Benteng Vredeburg terletak di kota Yogyakarta dekat dengan Keraton Kesultanan Yogyakarta. Benteng ini menyimpan banyak sejarah yang patut kamu tahu, dan menjadi destinasi yang wajib kamu kunjungi.

Benteng Vredeburg menjadi saksi paling lama proses kemerdekaan Indonesia. Bangunan ini dibangun pada masa penjajahan Belanda pada tahun 1760, dan disempurnakan pada tahun 1767 untuk kepentingan politik Belanda. Sedangkan pada masa penjajahan Jepang tahun 1942 Benteng ini menjadi tempat tahanan Belanda dan Indo Belanda. 

Namun setelah Indonesia merdeka, pada tahun 1962 terjadi gerakan pemberontakan G 30 S yang mengubah alih fungsi menjadi tempat tahanan politik. Pada akhirnya, sekarang Benteng Vredeburg menjadi Museum Khusus Perjuangan Nasional.

Wah, ternyata banyak sekali ya destinasi di Indonesia yang menjadi saksi perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah. Ballers sendiri suka destinasi yang mana?

Koper Baller Indonesia

Untuk menemani liburan kamu, jangan lupa untuk menggunakan koper Baller Indonesia. Selain sudah berstandar TSA, koper Baller Indonesia juga memiliki body yang terbuat dari aluminium sehingga lebih kokoh dan modern. Cari tahu tentang koper Baller Indonesia disini.

Posts created 51

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top