5 Destinasi Wisata Super Prioritas 2021

Pada tanggal 22 Desember 2020, Presiden Joko Widodo melakukan pergantian beberapa menteri, salah satunya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang sebelumnya dijabat oleh Wishnutama sekarang digantikan oleh Sandiaga Uno. Namun, ada hal menarik saat pergantian menteri tersebut.

Presiden Joko Widodo memberikan tugas secara resmi kepada Sandiaga Uno untuk segera membereskan 5 Destinasi Super Prioritas. Apa sajakah 5 destinasi tersebut?

Danau Toba
Photo by Irfannur Dian @ Unsplash

Danau yang terletak di provinsi Sumatera Utara ini memiliki luas lebih dari 100 km persegi atau hampir sebesar negara Singapura. Pengembangkan Danau Toba akan fokus pada 3 faktor utama yaitu atraksi, aksesibilitas dan amenitas atau 3A

Salah satu rencananya adalah akan dibukanya kembali penerbangan Medan-Eropa (direct) dan berharap meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara. Selain itu infrastruktur seperti rel kereta api Araskabu-Tebing tinggi-Pematang siantar yang akan mempersingkat waktu tempuh menuju kawasan Danau Toba menjadi 2,5 jam dari 4 jam saat ini.

Likupang

Selain terkenal dengan Taman Bawah Laut Bunaken, Sulawesi Utara juga memiliki Likupang. Sebuah pulau kecil yang memiliki luas 200 hektar dan memiliki kawasan pesisir dengan pantai pasir putihnya.

Likupang akan menjadi pusat pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada Pantai Pulisan dan Pantai Paal.

Borobudur
Photo by Eugenia Clara @ Unsplash

Borobudur adalah salah satu warisan dunia yang berada di Jawa Tengah juga akan menjadi pusat pengembangan destinasi prioritas oleh pemerintah. Masyarakat lokal berusaha kreatif untuk membuat hal baru cara menikmati Borobudur dan mendongkrak perekonomian. Seperti membuat tur Borobudur menggunakan mobil VW atau menggunakan sepeda. Adapun yang membuka restoran yang mengedepankan tema budaya Jawa Tengah.

Adapun destinasi baru yang memberikan kamu pengalaman menarik saat mengunjungi borobudur yaitu Svarga Bumi Borobudur. Kamu bisa keliling kawasan persawahan yang indah seluas 3 hektar dengan pemandangan yang fotogenik.

Mandalika
Photo by Saepul Jr @ Unsplash

Mandalika yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat akan ditujukan oleh pemerintah untuk pembangunan sirkuit  tempat penyelenggaraan MotoGP Mandalika. Hal ini sangatlah penting karena Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP 2021.

Mandalika bisa menjadi destinasi bahari alternatif kamu jika kamu bosan dengan Bali dan Gili. Walaupun dikelilingi dengan perbukitan namun akses pada pulau ini cenderung mudah, karena seluruh jalan sudah beraspal.

Labuan Bajo
Photo by William Kusno @ Unsplash

Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat, NTT melihat kenaikan wisatawan di tahun 2019 dibanding dengan tahun sebelumnya. Semula 163.807 orang meningkat menjadi 184.205 wisatawan pada tahun 2019

Oleh karena itu, pemerintah ingin meningkatkan potensi pariwisata pada daerah ini. Selain kawasan Labuan Bajo, kita juga bisa berkunjung ke Pulau Komodo yang menjadi habitat kadal purba Komodo sebagai daya tarik utama wisnus dan wisman yang datang ke sini.

Itu dia Ballers 5 Destinasi Wisata Super Prioritas yang harus segera dikembangkan di Indonesia untuk meningkatkan gairah traveling dan berwisata masyarakat Indonesia di tahun 2021. Namun harus selalu diingat, untuk selalu membawa Koper Baller Indonesia sebagai teman traveling kamu.

Koper Baller Indonesia memiliki ketahanan, kenyamanan dan keamanan yang bisa diandalkan untuk dibawa bepergian jauh. Karena koper baller terbuat dari aluminium dan berstandar TSA Lock. Ingin tahu koper baller lebih lanjut? Kunjungi websitenya disini.

Posts created 64

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top