Peraturan Naik Pesawat & Kereta Api Terbaru 2021

Saat ini moda transportasi umum seperti pesawat dan kereta api sudah berjalan kembali namun dengan protokol kesehatan yang cukup ketat. Prokes tersebut dibuat berdasarkan penelitian dan beberapa pertimbangan khusus agar seluruh penumpang dan awak transportasi aman dan terlindungi selama pandemi ini masih berlangsung.

Berdasarkan Surat Edaran Satgas COVID-19 No 7 Tahun 2021 dan Surat Edaran Satgas COVID-19 No 8 Tahun 2021 tertanggal 9 Februari 2021 ada beberapa peraturan tambahan sebagai syarat naik pesawat dan kereta api di masa pandemi. Tambahannya seperti berikut ini :

Syarat Naik Pesawat Tujuan Domestik
Photo by Andrew Palmer @ Unsplash
  • Pastikan rute penerbangan domestik kamu sudah kembali dibuka dan pastikan sudah melengkapi seluruh persyaratan penerbangan yang dibutuhkan.
  • Bawa KTP atau SIM sebagai syarat utama naik pesawat.
  • Siapkan surat keterangan bebas COVID-19 sesuai dengan syarat yang berlaku berdasarkan SE Satgas COVID-19 Nomor 7 Tahun 2021, hasil tes yang wajib ditunjukkan pada naik pesawat per 9 Februari 2021: Khusus tujuan Bali, tes swab PCR 2×24 jam atau rapid test antigen 1×24 jam sebelum keberangkatan. Untuk daerah Jawa dan lainnya tes swab PCR 3×24 jam atau rapid test antigen 2×24 jam sebelum keberangkatan.
  • Surat keterangan bebas COVID-19 bersifat wajib, namun dikecualikan untuk anak-anak usia di bawah 5 tahun.
  • Mengisi Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik (eHac). Kartu ini bisa diisi melalui situs web dan kamu langsung mendapatkan QR Code yang dapat ditunjukan ke petugas bandara.

Dan pastinya selalu patuhi protokol kesehatan di bandara, dalam pesawat, serta destinasi tujuan kamu ya Ballers.

Syarat Naik Kereta Api
Photo by Fachry Aiko Unsplash
  • Per 15 Februari 2021 seluruh pengguna kereta api harus menyertakan hasil tes negatif COVID-19 dari tes GeNose yang telah tersedia di 8 stasiun besar di Indonesia yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Yogyakarta, Solo Balapan dan Surabaya Pasar Turi.
  • Selain tes GeNose, kamu juga diperbolehkan menunjukan hasil non reaktif tes rapid antigen atau negatif tes swab PCR 3×24 jam sebelum keberangkatan.
  • Peraturan khusus diterbitkan jika pada libur panjang atau libur keagamaan, hasil tes harus diambil maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.
  • Seluruh penumpang harus dalam keadaan sehat dengan suhu tubuh dibawah 37,3 derajat Celcius.
  • Wajib mengenakan pakaian lengan panjang atau jaket.
  • Wajib memakai masker serta face shield dan tidak boleh berbicara secara 2 arah.
  • Dilarang makan dan minum pada perjalanan kurang dari 2 jam.

Itu dia Ballers update terbaru dari syarat naik pesawat dan kereta api selama pandemi ini. Jangan lupa untuk selalu konsumsi multivitamin untuk tetap menjaga imunitas diri kamu dan juga orang sekitar ya Ballers.

Gunakan selalu koper Baller Indonesia sebagai teman terbaik traveling kamu saat naik pesawat ataupun kereta api. Ingin tahu lebih lengkap tentang koper baller? Klik link disini.

Posts created 68

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top