10 Tips Traveling Sendiri untuk Wanita Agar Tetap Nyaman

10 Tips Traveling Sendiri untuk Wanita Agar Tetap Nyaman

Ingin mencoba menjadi solo traveler? Tahukah Ballers bahwa melakukan traveling sendiri memberikan banyak pengalaman baru yang berbeda, menarik, dan positif? Ballers tidak hanya dapat belajar budaya setempat tetapi juga bisa mengenali diri lebih dalam lagi. Namun sebelum pergi, Ballers harus tahu beberapa tips solo traveling, terutama untuk para wanita.

Mengapa? Ada banyak hal yang harus Ballers tahu ketika traveling sendirian. Persiapannya pun harus matang agar traveling jadi aman dan menyenangkan. Pasalnya ada banyak orang yang tidak kamu kenal dan berniat melakukan kejahatan. Apalagi korban kejahatan yang banyak dituju adalah wanita karena dianggap sebagai subjek yang lemah.

Oleh karena itu Baller sudah menyiapkan berbagai tips berguna yang akan membantu kamu bepergian tanpa masalah. Sudah siap belajar? Mari mulai pembahasannya sekarang! 

Manfaat Traveling Sendiri

Traveling sendirian mendatangkan manfaat yang tidak disadari dibutuhkan dalam kehidupan. Selain bisa mempelajari berbagai budaya baru dan menikmati pemandangan indah, kamu bisa mengembangkan kepribadian diri ke arah yang lebih baik. Tidak percaya? Coba baca beberapa poin berikut!

1. Membangun Kemandirian

Pergi ke berbagai tempat sendiri membuat kamu jadi lebih mandiri dalam mengatasi berbagai situasi yang terjadi. Mau tidak mau kamu harus menentukan berbagai keputusan selama perjalanan. Baik itu keputusan sederhana seperti memilih makanan, hingga yang sulit seperti pergi ke destinasi wisata yang cukup jauh. 

Tidak ada satu orang pun yang akan menyiapkan sarapan atau membangunkan kamu pada pagi hari. Di akhir dari perjalanan, kamu pasti bisa menemukan diri sendiri jauh lebih mandiri dari sebelumnya. 

2. Mengenal Diri Lebih Dalam

Percaya atau tidak, waktu yang dihabiskan selama perjalanan dapat membawa kamu untuk mengenal diri sendiri lebih dalam. Contohnya memahami bagaimana cara kamu mengambil keputusan, cara berkomunikasi, atau bahkan preferensi dalam perjalanan. 

Perenungan atau refleksi juga membantu kamu menemukan jati diri yang sesungguhnya. Tidak sedikit juga orang yang menemukan tujuan hidup mereka saat traveling sendirian. Melalui pengenalan diri yang lebih dalam maka kamu bisa menjadi seseorang yang content tanpa perlu melakukan perbandingan dengan orang lain. 

3. Punya Keberanian dan Kepercayaan Diri Lebih Tinggi

Traveling sendirian di satu sisi memberikan kamu banyak kebebasan dalam mengambil keputusan, tetapi pada saat yang sama kamu bisa jadi orang yang merendahkan diri dan penakut. Namun tidak banyak juga pilihan yang bisa kamu ambil selain terus melangkah maju ke depan. 

Pada akhirnya kondisi sulit ini akan membuat kamu lebih berani dari hari ke hari. Sesederhana memberanikan diri dengan bertanya kepada penduduk setempat hingga mencoba menggunakan transportasi umum yang ada. 

Semua akumulasi keberanian kecil tersebut akan membentuk kepercayaan diri kamu yang lebih tinggi. Kamu pasti dapat menikmati perjalanan dengan lebih baik tanpa beban yang terasa berat. 

4. Mendorong Kemampuan Berkomunikasi

Bepergian sendiri juga mendorong kamu untuk bisa berkomunikasi lebih baik. Entah itu dalam pemilihan kata yang kamu ucapkan atau peningkatan dalam bahasa yang baru. Semua hal tersebut pastinya akan berguna saat kamu melakukan perjalanan berikutnya atau dalam pekerjaan. 

Memiliki kemampuan berbahasa yang baik bahkan menjadi value penting di berbagai industri sehingga kamu bisa menemukan pekerjaan yang tepat dengan jumlah gaji yang memuaskan. 

Baca juga: Apa Saja Barang yang Boleh Masuk Bagasi Pesawat?

Tips Traveling Sendiri yang Perlu Kamu Lakukan agar Aman dari Ancaman

tips traveling sendiri buat wanita

Traveling sendirian mengharuskan kamu melakukan banyak persiapan agar semua kebutuhan dapat tersedia. Tidak hanya soal barang, berbagai pengambilan keputusan juga harus dilakukan oleh diri sendiri. 

Persiapan yang matang bahkan sangat penting untuk menjaga keselamatan diri dari berbagai ancaman bahaya. Apalagi kamu sebagai turis tidak mengetahui bagaimana budaya atau perilaku orang-orang setempat. Jadi coba lakukanlah beberapa tips berikut ini. 

1. Lakukan Research Menyeluruh

Sebelum pergi, pastikan kamu melakukan research rencana perjalanan secara menyeluruh untuk mendapatkan informasi penting tentang tempat yang akan dikunjungi. Cari tahu transportasi yang tersedia hingga tempat makan agar kamu tidak kesulitan ketika akan bepergian. 

Selain itu ada baiknya kamu sudah melakukan booking tempat penginapan jauh-jauh hari. Tindakan ini akan memudahkan kamu untuk menaruh berbagai barang bawaan serta beristirahat sejenak setelah perjalanan panjang. 

Kemudian cari tahu juga destinasi wisata yang ingin dikunjungi, seperti jam operasional, harga tiket, transportasi serta akomodasi yang digunakan, dan atraksi yang ada di dalamnya. Nantinya semua informasi yang berhasil dikumpulkan akan memudahkan kamu dalam mengatur itinerary

2. Buat Itinerary

Membuat itinerary sebelum berangkat akan memudahkan kamu untuk memaksimalkan waktu traveling. Dari informasi yang berhasil kamu kumpulkan, coba susun semuanya berdasarkan hari dan jam. Contohnya hari pertama pada pukul 07.00 pagi kamu akan sarapan di hotel. 

Lalu jam 10.00 kamu akan berangkat ke tempat A dengan mobil, dan begitu seterusnya. Kamu juga bisa menambahkan informasi tentang biaya tiket masuk atau parkir agar bisa mempersiapkan uang sebelumnya. Makin lengkap informasi yang kamu masukkan maka makin mudah juga traveling yang akan dilakukan. 

3. Buat Anggaran Dana

Jangan lupa membuat anggaran dana untuk traveling. Hal ini akan membantu kamu meminimalkan membuang uang berlebihan yang sebenarnya bisa disimpan untuk keperluan lain. 

Kamu bisa menuliskan semua biaya yang harus dikeluarkan dari itinerary yang sudah dibuat, kemudian tinggal jumlahkan totalnya. Selagi membuat anggaran, sisihkan juga sejumlah uang sebagai cadangan apabila ada kejadian tidak terduga. 

4. Membawa Barang Secukupnya

Traveling sendiri pastinya kamu tidak ada teman perjalanan sehingga tidak dapat menitipkan barangmu dan akan banyak bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya. Oleh karena itu, kamu sebaiknya mempersiapkan barang-barang keperluanmu seperti baju atau pakaian untuk beberapa hari kedepan saja.

5. Gunakan Koper Berkualitas

Menggunakan koper berkualitas sudah pasti wajib dilakukan. Pasalnya koper memiliki peranan penting untuk memudahkan kamu dalam menyimpan semua barang bawaan. Kalau pada akhirnya koper tersebut rusak maka rencana traveling kamu pasti akan mengalami keterlambatan. 

Oleh karena itu pastikan koper yang kamu gunakan berkualitas seperti halnya koper dari Baller. Terbuat dari bahan aluminium berkualitas, perjalanan kamu dengan koper Baller pasti akan jadi mudah dan menyenangkan. Rodanya yang bisa berputar 360 derajat akan memudahkan kamu untuk melewati berbagai jalanan, entah itu di lantai atau aspal jalanan. 

Baca juga: Rekomendasi Koper Kabin Terbaik Tahun 2023

6. Siapkan Semua Barang yang Dibutuhkan

Siapkan semua barang kebutuhan, tetapi jangan berlebihan. Bawa saja barang penting yang memang krusial selama traveling. Membawa semua barang yang ingin dibawa dan bukan dibutuhkan hanya akan memberatkan kamu ketika perjalanan. 

7. Simpan Dokumen Penting di Tempat Aman

Pisahkan semua dokumen penting dalam satu pouch atau kompartemen berbeda yang tidak bercampur dengan pakaian serta toiletries. Hal ini akan memudahkan kamu ketika nantinya diminta petugas keamanan bandara atau untuk kebutuhan lainnya. 

8. Catat Nomor Penting 

Simpan semua nomor telepon penting agar keamanan dan keselamatan kamu tetap aman dan nyaman pada saat pebergian. Kamu tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada masa depan sehingga lebih baik berjaga-jaga untuk kondisi terburuk.  

9. Beri Tahu Kepergianmu Kepada Orang Terdekat

Memberikan informasi kepada keluarga dan orang terdekat sangat penting untuk menjaga keselamatan kamu saat bepergian. Hal ini juga akan membuat mereka tidak khawatir saat kamu tidak berada di rumah. 

10. Bawa Barang Perlindungan Diri

Bepergian sendiri di wilayah baru akan menuntut seorang wanita untuk bersikap siap dalam menghadapi berbagai kejadian. Hal ini termasuk menjaga diri sendiri dengan membawa berbagai barang perlindungan seperti pepper spray yang bisa dibawa ke mana-mana. 

Barang tersebut akan membantu kamu untuk mempertahankan diri apabila ada orang yang ingin bertindak jahat. Jadi kamu bisa tetap bepergian dengan aman tanpa terhadap orang jahat. 

Baca Juga : Apa Itu Traveling? Inilah Maknanya Bagi Milenial

Sempurnakan Perjalananmu bersama Koper Baller!

Secara keseluruhan melakukan traveling sendirian sangat menyenangkan! Kamu bisa belajar banyak hal baru yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Jangan lupa untuk melakukan tips traveling sendiri yang sudah dijelaskan di atas supaya tidak ada kendala saat selama perjalanan.

Banner Produk Koper Kabin Aluminium

Bawa juga koper berkualitas seperti Baller yang akan membuat perjalanan jadi lancar. Kalau kamu pergi selama 2-3 hari maka koper kabin berukuran 18 inch dan 20 inch sangat cocok digunakan. 

Koper Baller pastinya hanya menggunakan bahan berkualitas dengan kunci keamanan kombinasi Dual TSA yang berstandar internasional. Bahkan tersedia juga USB charging port yang bisa digunakan saat baterai smartphone atau gadget kamu hampir habis (hanya untuk koper kabin). 

Koper Baller memang dirancang sebagai traveling companion yang memiliki semua fitur untuk kebutuhan setiap individu. Jadi jangan tunda lagi memiliki koper Baller untuk menemani setiap perjalanan yang akan kamu lakukan. Pesan koper kebutuhan kamu sekarang juga hanya di Baller!