Inilah Ukuran Koper Kabin Pesawat sesuai Standar Internasional

Inilah Ukuran Koper Kabin Pesawat sesuai Standar Internasional

Apakah Ballers sering melakukan perjalanan atau traveling menggunakan pesawat terbang? Jika iya, pasti Ballers sudah tidak asing lagi dengan ukuran koper kabin. Koper menjadi salah satu kebutuhan penting untuk menyimpan barang bawaan selama penerbangan. 

Namun, sebelum membawa koper kabin ke dalam pesawat, ada beberapa hal yang harus Ballers perhatikan, terutama ukuran koper kabin yang sesuai dengan standar internasional. Sebab, ukuran koper yang tidak sesuai standar internasional dapat membuat koper kamu tidak diperbolehkan masuk ke dalam kabin pesawat dan harus ditaruh di bawah kabin. 

Untuk itu, penting bagi Ballers untuk mengetahui ukuran koper kabin yang sesuai dengan standar internasional agar perjalanan kamu jadi lebih nyaman dan lancar. Berapa ukuran koper kabin yang ideal? Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini. 

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Koper agar Tidak Cepat Berjamur

Ukuran Koper Kabin sesuai Standar Internasional

Koper kabin merupakan tas atau koper yang ukurannya disesuaikan dengan standar internasional agar bisa dimasukkan ke dalam kabin pesawat tanpa perlu ditaruh di bawah kabin. Pada umumnya, ukuran koper yang bisa masuk ke dalam pesawat adalah ukuran yang memenuhi standar IATA atau International Air Transport Association.

Standar IATA yaitu dengan koper berukuran 56 cm x 45 cm x 25 cm atau setidaknya mempunyai koper ukuran maksimal 18 inch, 19 inch, dan 20 inch. Ukuran tersebut dapat berbeda-beda tergantung pada maskapai penerbangan yang Ballers gunakan, namun umumnya tidak jauh berbeda. 

Dalam penggunaannya, ukuran koper kabin IATA ini dapat bervariasi tergantung pada jenis pesawat yang digunakan. Pada pesawat yang lebih kecil, ukuran koper kabin yang dapat dimasukkan ke dalam kabin pesawat juga akan lebih kecil. 

Untuk itu, sebaiknya Ballers selalu mengecek aturan dari maskapai penerbangan yang Ballers gunakan sebelum melakukan perjalanan dengan pesawat. Namun secara umum koper dalam kabin tidak boleh melebihi 7 kg. Apabila berat koper tidak lebih dari 7 kg, tapi dimensi koper mencapai 22 inch ke atas, maka masuk bagasi pesawat.

Baca juga: Jenis-jenis Koper yang Sering Dipakai para Travellers

Ukuran Koper Kabin Setiap Maskapai di Indonesia

Berikut adalah beberapa maskapai yang beroperasi di Indonesia dan ukuran koper kabin yang umum digunakan oleh mereka:

1. Garuda Indonesia

Garuda Indonesia biasanya mengizinkan koper kabin dengan ukuran maksimal sekitar 56 cm x 36 cm x 23 cm dan berat maksimal sekitar 7 kg. Namun, peraturan ini dapat berbeda tergantung pada jenis tiket dan rute penerbangan yang kamu pilih.

2. Citilink

Citilink umumnya memperbolehkan koper kabin dengan ukuran maksimal sekitar 56 cm x 36 cm x 23 cm dan berat maksimal sekitar 7 kg. Tetap periksa persyaratan maskapai sebelum perjalanan untuk memastikan bahwa kamu memenuhi ketentuan yang berlaku.

3. Lion Air

Lion Air mengizinkan koper kabin dengan ukuran maksimal sekitar 40 cm x 30 cm x 20 cm dan berat maksimal sekitar 7 kg. Namun, ini adalah ukuran koper kabin yang lebih kecil dibandingkan dengan maskapai lainnya. Pastikan untuk memeriksa persyaratan Lion Air sebelum bepergian.

4. AirAsia

AirAsia umumnya memperbolehkan koper kabin dengan ukuran maksimal sekitar 56 cm x 36 cm x 23 cm dan berat maksimal sekitar 7 kg. Tetapi, mereka juga menyediakan opsi "Cabin Max" yang memungkinkan penumpang membawa koper kabin dengan ukuran maksimal sekitar 56 cm x 56 cm x 36 cm dan berat maksimal sekitar 7 kg. Persyaratan ini dapat bervariasi tergantung pada jenis tiket dan rute penerbangan.

Harap dicatat bahwa persyaratan ini dapat berubah dari waktu ke waktu, jadi selalu periksa dengan maskapai penerbangan yang bersangkutan sebelum melakukan perjalanan. Juga, beberapa maskapai mungkin memberlakukan batasan berat dan ukuran yang berbeda untuk koper kabin tergantung pada jenis tiket yang kamu miliki atau program keanggotaan yang kamu ikuti.

Baca juga: Ini Dia Rekomendasi Koper Kabin Terbaik Tahun 2023

Aturan Umum Koper Masuk Kabin

Selain ukuran koper kabin yang sesuai dengan standar internasional, ada beberapa aturan umum yang harus kamu perhatikan sebelum membawa koper kabin ke dalam pesawat terbang. Ballers harus mengetahui aturan-aturan ini untuk menghindari kendala selama perjalanan. Yuk simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Tidak Membawa Cairan Lebih dari 100 ml

Pastikan Ballers tidak membawa cairan dalam kemasan lebih dari 100 ml di dalam koper kabin. Cairan yang dimaksud di sini meliputi parfum, kosmetik, pasta gigi, dan minuman. Cairan yang melebihi 100 ml harus ditaruh di dalam koper utama dan tidak boleh dibawa ke dalam kabin pesawat. Tidak hanya itu, semua botol yang berisi cairan juga harus diletakkan di dalam kantong plastik transparan dengan ukuran 20 cm x 20 cm.

2. Dilarang Membawa Senjata Tajam

Ballers dilarang membawa benda tajam seperti gunting, pisau, dan jarum suntik ke dalam koper kabin. Barang-barang tersebut harus ditaruh di dalam koper utama dan diberi tanda khusus untuk menghindari kebingungan saat pengecekan. 

Pastikan untuk memeriksa kebijakan maskapai terkait barang-barang yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan dibawa ke dalam koper kabin. Jika Ballers mematuhi aturan ini, perjalanan Ballers di dalam pesawat terbang pun akan lebih aman dan nyaman.

3. Tidak Boleh Membawa Senjata Api dan Gas

Selain barang tajam, senjata api dan gas juga tidak diperbolehkan dibawa ke dalam kabin pesawat. Kedua jenis barang tersebut harus diletakkan di dalam koper utama dan ditaruh di bawah kabin. Ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan seluruh penumpang dan kru di dalam pesawat. Untuk itu, pastikan Ballers tidak membawa barang-barang tersebut ke dalam koper kabin saat akan melakukan perjalanan jauh dengan pesawat terbang.

4. Menunjukkan Barang Elektronik

Agar proses keamanan di dalam pesawat terbang berjalan dengan lancar, Ballers harus memperhatikan aturan terkait dengan barang elektronik. Sebelum masuk ke dalam pesawat, Ballers wajib menunjukkan barang-barang elektronik yang dibawa seperti laptop, tablet, dan perangkat serupa untuk diperiksa oleh petugas keamanan. 

Hal ini bertujuan untuk memastikan barang-barang tersebut tidak membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan. Pastikan juga untuk mengecek kebijakan maskapai terkait jumlah dan jenis barang elektronik yang diperbolehkan dibawa ke dalam kabin pesawat. 

Baca juga: 7 Tips Memilih Koper Untuk Traveling, Pahami Sebelum Membeli

5. Koper Tidak Melebihi Berat Maksimal

Penting bagi Ballers memastikan ukuran dan berat koper kabin yang kamu bawa tidak melampaui batas maksimal yang ditentukan oleh maskapai penerbangan. Batas maksimal tersebut berbeda-beda antara satu maskapai dengan maskapai lainnya. Namun perlu diingat, apabila kamu membawa koper yang memilik berat di atas batas tertentu, maka akan dikenai biaya tambahan. Jadi, penting untuk memeriksa kebijakan maskapai terkait ukuran dan berat koper kabin sebelum Ballers melakukan perjalanan.

6. Hindari Membawa Barang Mudah Pecah atau Berharga di Koper Masuk ke Kabin Pesawat

Koper masuk kabin biasanya diletakkan di atas kepala atau di bawah kursi, sehingga lebih berisiko mengalami guncangan. Agar lebih aman, sebaiknya hindari membawa barang-barang mudah pecah atau berharga di dalam koper masuk kabin dan lebih baik simpan di dalam koper utama yang akan disimpan di bagasi pesawat.

7. Memeriksa Peraturan Mengenai Laptop dan Peralatan Elektronik

Beberapa maskapai penerbangan memiliki aturan khusus tentang penggunaan dan penyimpanan laptop serta perangkat elektronik lainnya di kabin pesawat. Pastikan kamu mematuhi peraturan tersebut agar perjalananmu berjalan dengan lancar.

8. Membawa Koper dengan Ukuran yang Sesuai

Pastikan koper kabin yang kamu bawa memiliki ukuran yang sesuai dengan aturan maskapai penerbangan. Sebab, ukuran koper kabin yang tidak sesuai dengan aturan juga dapat mengakibatkan koper kamu tidak diizinkan dimasukkan ke dalam kabin pesawat. Untuk itu, pastikan untuk memeriksa ukuran koper kabin yang diizinkan oleh maskapai penerbangan agar perjalanan kamu berjalan dengan lancar dan nyaman.

Apa saja tips memilih koper ukuran koper kabin yang sesuai dengan standar umum maskapai penerbangan? Tenang, Baller menyediakan 2 ukuran koper kabin, yaitu 18 inch dan 20 inch dengan material aluminium yang kuat, awet, dan tahan lama. Ballers bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan, terutama saat traveling. 

Banner untuk Produk Koper Kabin Aluminium

Koper dari Baller juga dibekali dengan kunci TSA yang telah disetujui secara internasional. Bahkan, kamu juga akan mendapatkan 1 buah travel pouch, 1 buah powerbank 10.000 mAh dan kabel charger, 1 buah adaptor, serta 1 buah penutup mata saat membeli koper kabin dari Baller. 

Perjalanan traveling kamu makin aman dan nyaman berkat koper dari Baller ini. Jadi, tunggu apalagi? Miliki koper kabin dari Baller sekarang untuk menemani perjalanan traveling kamu yang seru dan menyenangkan.