10 Destinasi Liburan Ala National Geographic 'The Cool List 2024'

10 Destinasi Liburan Ala National Geographic 'The Cool List 2024'

National Geographic telah memilih 30 negara yang menarik untuk dikunjungi di tahun 2024. Mereka menyebutnya The Cool List 2024. Dari 30 negara tersebut, ini bisa menjadi panduan traveling yang menginspirasi Ballers! 

Setiap destinasinya pasti akan membawa pengalaman seru dan istimewa untuk kalian yang hobi traveling ke tempat baru. Mulai dari banyaknya hotel mewah yang baru dibuka, proyek pembangunan besar yang dibangun, wisata kuliner yang khas, dan rute kereta baru yang memudahkan perjalanan ada berbagai pilihan untuk liburan ke luar negeri! Lihat selengkapnya di bawah ini.

 

1. Albanian Alps, Albania

Albanian Alps di Albania

Mencari pengalaman yang berbeda dari petualangan Eropa? Saatnya kamu explore Albania. Terletak di pedalaman utara, Pegunungan Alpen Albania juga menjadi salah satu daya tarik utamanya. 

Pantai-pantai di sepanjang Laut Adriatik dan Laut Ionia juga jadi magnet buat wisatawan yang penasaran. Nah, kalau kamu suka aktivitas yang lebih menantang, kamu perlu ikut trekking di Pegunungan sini. Di sini, kamu bisa ketemu kucing lynx yang berkeliaran di hutan cemara dan bunga liar yang menutupi dasar lembah. 

Selain itu, ada tur mandiri selama delapan hari dari Walks Worldwide yang akan mengantarkan kamu melewati gunung, menginap di homestay tradisional, dan mampir ke desa Theth, titik awal pendakian ke Puncak Balkan. 

Untuk traveler yang suka kegiatan outdoor, kamu juga perlu siapkan barang bawaan di dalam tas ransel atau backpack tahan air. Kamu juga perlu antisipasi cuaca setempat dengan memakai pakaian dan perlengkapan yang nyaman. Membawa payung maupun jas hujan juga disarankan, jika cuaca tiba-tiba mendung atau hujan.

Pengalaman kamu akan lebih seru karena sekarang Albania juga lebih mudah diakses berkat serangkaian rute baru. Baru-baru ini, maskapai Ryanair mulai beroperasi ke ibukota Tirana dari Edinburgh, Manchester, dan Stansted, sementara Wizz Air akan beroperasi dari Birmingham, Edinburgh, dan Liverpool.

 

2. Belfast, Irlandia Utara

Belfast, Irlandia Utara

Tahun 2024 akan menjadi tahun perubahan untuk ibukota Irlandia Utara. Sejak tahun 2010, jumlah pengunjungnya terus meningkat. Ini juga berkat museum Titanic Experience yang baru, lokasi syuting serial populer Game of Thrones! Kamu dapat meluangkan kesempatan ini untuk melihat sejarah kapal Titanic secara self-guided. Pengunjung dapat mendapatkan experience asli dari pemandangan, suara, bau, dan kisah kapal Titanic, bahkan cerita tentang orang-orang dan kota yang jadi bagian dari sejarahnya. Seru banget, kan?

Ada juga kolaborasi sama Proyek Eden Cornwall atau yang disebut juga dengan Proyek Eden. Ini adalah proyek green house untuk tempat penelitian, konservasi, dan wisata alam terbesar di dunia. Belfast juga telah resmi menjadi Kota Musik oleh UNESCO di tahun 2021, dan akan mengadakan lebih dari 80 tempat musik yang akan menggelar pertunjukan yang sayang untuk dilewatkan, lho!

 

3. New York State, USA

New York State, Amerika Serikat

New York juga tidak mau kalah nih! Tahun ini akan ada banyak hal seru yang terjadi di seluruh negara bagian New York. Mulai dari Taman Negara New York yang genap 100 tahun sejak didirikan dan Niagara Falls yang akan menambah Proyek Pintu Gerbang Warisan. 

Kabar terbarunya, Niagara Falls akan menyuguhkan pengunjung dengan pemandangan panoramik dari dek observasi yang baru berputar. Lalu, Niagara Gorge Discovery Center akan berubah menjadi Great Lakes 360, yaitu tempat pameran satwa liar lokal. Bahkan, nantinya ini akan disebut sebagai museum yang menampilkan hewan-hewan unik dari Sungai Niagara dan ekosistem Great Lakes yang luas.

Proyek ini akan membuat akuarium semakin besar dan menjadi kampus di pusat kota Niagara Falls. Ini akan menjadi ekspansi pertama yang paling mengesankan dalam sejarah 58 tahun bagi Niagara Falls.

Di sisi lain, bagi para penggemar Olimpiade bisa menikmati keunggulan olahraga di Lake Placid Olympic Museum yang baru, tepatnya pada Olimpiade Musim Dingin 1932 dan 1980, yang digelar di kota bagian utara.

 

4. Galloway and Southern Ayrshire, Skotlandia

Galloway and Southern Ayrshire, Skotlandia

Masih di destinasi outdoor seperti pegunungan berangin sampai hutan lebat yang diterjang sungai, keindahan alam di Galloway dan Southern Ayrshire membuat area ini menjadi cagar biosfer UNESCO pertama di Skotlandia tahun 2012. 

Tempat ini semakin istimewa karena batasnya juga diperluas hingga lebih dari 3.780 mil persegi. Perluasan ini juga penting secara budaya, karena desa Alloway masuk dalam perbatasan baru. Desa itulah tempat lahirnya Robert Burns, penyair legendaris yang membuat puisi epik Tam o' Shanter. Nah, buat yang suka puisi atau mau mencoba keahlian lain, bisa mengikuti retret menulis bareng penyair lokal atau tour yang ditawarkan oleh Biosphere Guides. Mereka adalah ahli menulis kreatif hingga kerajinan hutan semak.

Kabarnya, Biosfer ini juga akan menjadi bagian dari Jalur UNESCO baru di Skotlandia, yang baru diluncurkan awal tahun ini. Jalur ini menghubungkan 13 tempat-tempat yang indah di Skotlandia, mulai dari Glasgow, Kota Musik, hingga daerah pegunungan penuh pinus di Cagar Biosfer Wester Ross di pantai barat laut.

 

5. Nordland, Norwegia

Nordland, Norwegia

Tahun 2024 ini, keindahan yang megah di Nordland akan dirayakan dengan pembukaan Six Senses Svart yang ditunggu-tunggu. Ini akan menjadi hotel pertama di dunia yang ramah energi, sepenuhnya beroperasi mandiri dari tenaga surya sendiri. Desain yang inovatif akan dipadukan dengan spa ala Nordik dan pilihan makanan tanpa limbah. 

Selain itu, ada banyak hal yang menarik para petualang untuk menjelajahi pantai yang dipenuhi dengan teluk yang berasal dari lelehan gletser di antara tebing tinggi (fjord)  sepanjang tahun, mulai dari bersepeda gunung dan memancing di musim panas, hingga naik kereta luncur anjing saat musim dingin tiba.

Nordland juga menawarkan banyak budaya, seperti kota Bodø sebagai salah satu Ibu Kota Kebudayaan Eropa pada tahun 2024 dengan berbagai acara seni dan musik.

6. Pompeii, Italia

Pompeii, Italia

Pompeii adalah destinasi yang tepat bagi kalian yang mencari pemandangan dan suasana old classic. Khususnya bagi para traveler menggali lebih dalam tentang sejarah Italia kuno. Mengunjungi Pompeii juga kini lebih mudah, berkat kereta yang langsung berangkat dari stasiun Roma dan hanya memakan waktu kurang dari dua jam saja!

Nah, sebelum kembali ke Roma, jangan lewatkan untuk menikmati makanan khas Roma yaitu carbonara di trattoria lokal. Kamu bisa lanjut mengunjungi renovasi House of the Vettii di Pompeii baru saja selesai setelah 20 tahun.

Di kawasan Regio IX, banyak penemuan baru yang menambah kekayaan sejarah termasuk perhiasan, beberapa peninggalan manusia, dan lukisan benda mati. Seperti yang diungkapkan oleh Menteri Kebudayaan Italia, Gennaro Sangiuliano, "Pompeii adalah peti harta karun yang selalu mengungkap harta karun baru lainnya."

 

7. Saimaa, Finlandia

Saimaa, Finlandia

Bagi orang Finlandia, daya tarik kota ini tidak hanya udara segar, pesona hutan dan danau nya saja. Namun, kelezatan masakan lokalnya juga patut dicoba! Kabarnya, tahun ini reputasinya sebagai destinasi kuliner akan semakin berkibar ketika Saimaa diangkat menjadi Kawasan Gastronomi Eropa.

Banyak dari hidangan lezat yang berasal dari Saimaa diperoleh dari hutan dan perairannya yang kaya: mulai dari daging liar, jamur Chanterelles, blueberry yang dipetik langsung dari hutan, serta ikan vendace. 

Di Lemi, hidangan khas Särä, daging domba panggang dan kentang, menjadi daya tarik kuliner utama, sementara pasar di Lappeenranta dan Mikkeli menyajikan beragam makanan mulai dari acar lokal hingga kaviar Finlandia dan stroberi segar.

Sementara itu, produsen seperti Pabrik Anggur Ollinmäki menjadi pelopor dalam industri anggur berkembang di Finlandia. Wisatawan yang menjelajahi Eropa tidak hanya menemukan beragam makanan khas yang lezat, tapi juga jalur hiking dengan pemandangan yang indah, rumah-rumah bangsawan bersejarah, dan kota-kota kuno. 


Jangan lewatkan juga kunjungan ke Savonlinna, kota berjarak 65 mil ke arah timur, yang terkenal dengan bentengnya dan asal mula lörtsy, kue berbentuk bulan sabit yang diisi dengan daging dan nasi.

 

8. Valletta, Malta

Valletta, Malta

Tempat yang mengagumkan sekaligus istimewa ini menjadi sekuel film blockbuster tahun 2000, Gladiator. Kabarnya, film ini mengambil proses pembuatan di sini dan dijadwalkan akan dirilis pada akhir tahun 2024 lho!

Kamu akan menikmati pemandangan batu emas Malta di bawah keindahan cahaya Mediterania yang tepat untuk menciptakan nuansa Roma kuno dan arena-arena perangnya.

Foto-foto dari lokasi syuting mengungkapkan tiruan yang mengagumkan dari Colosseum dan bangunan-bangunan Romawi lainnya, didirikan di balik dinding-dinding kokoh Fort Ricasoli abad ke-17 di bagian timur pulau Malta, berdekatan dengan ibu kota Valletta. 

Tak hanya Gladiator, film biografi terbaru dari Ridley, Napoleon, juga memanfaatkan keindahan kawasan Grand Harbour sebagai latar belakang kota angkatan laut Perancis, Toulon. 

Kota Valletta tidak hanya menginspirasi para pembuat film, tetapi juga menarik wisatawan dari seluruh dunia. Sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, kota ini menawarkan pemandangan spektakuler dari cakrawala laut yang berkilauan, balkon-balkon townhouse yang menjulang, dan jalanan kecil yang dipenuhi dengan kehidupan penduduknya yang  memberikan pengalaman tak terlupakan.

 

9. Sierra Leone, Afrika

Sierra Leone, Afrika

Berlibur ke Afrika bisa menjadi pilihan destinasi yang berbeda nih Ballers! Kini sudah ada bandara internasional baru di Freetown, ibu kota Sierra Leone, yang menjadi awal perkembangan pariwisata yang menjanjikan. Dengan infrastruktur yang ditingkatkan dan perbaikan jalan, akses ke keindahan alam menjadi lebih mudah dari sebelumnya.

Sierra Leone memang terkenal dengan kekayaan alamnya yang semakin menarik bagi para wisatawan dengan proyek-proyek ekowisata yang dipimpin oleh masyarakat. Mulai dari Pantai Bureh yang menawarkan sekolah selancar pertama di negara ini, hingga Proyek Ekowisata Tasso di Pulau Tasso yang melindungi burung beo abu-abu Timneh yang terancam punah.

Pulau Bunce, sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, juga menawarkan pengalaman bersejarah yang kaya, mengingat peranannya dalam perdagangan budak transatlantik. Pilihan akomodasi juga lebih banyak, termasuk hotel-hotel baru seperti Hilton dan Estuary Resort yang siap menyambut para wisatawan.

 

10. Victoria, Australia

Victoria, Australia

Berendam air panas di Great Victorian Bathing Trail tentu menawarkan pengalaman unik dan berbeda! Sumber air panas dan pemandian laut ini justru underrated lho, Ballers. Dengan panjang rute sekitar 560 mil, perjalanan ini menghubungkan enam lokasi yang sudah dibuka.

Selain itu, ada sumber air panas dan spa mewah seperti Alba di Semenanjung Mornington dan Metung Hot Springs di Semenanjung Gippsland. Dengan tambahan dua lokasi lagi, Phillip Island Hot Springs dan 12 Apostles Hot Springs and Resort, akan dibuka pada tahun ini.

Itu dia info terbaru dari beberapa destinasi liburan dari berbagai negara versi The Cool List 2024 National Geographic. Bagaimana Ballers? Apa kamu sudah menentukan negara-negara yang masuk ke dalam wishlist kamu tahun 2024? 

Untuk liburan outdoor, pilih teman traveling yang compact dan tahan air seperti koleksi All-Day Backpack untuk ransel wanita maupun tas ransel pria. Namun, jika kamu ingin menikmati pemandangan dari balkon hotel yang mewah, pastikan kamu membawa koper yang sesuai kebutuhan kamu!


Menggunakan koper 20 inch untuk short trip sekitar 2-5 hari, atau koper 24 inch untuk trip lebih lama sekitar 7-14 hari. Kabar baik untuk Ballers yang ingin personalisasi koper polycarbonate, sekarang telah tersedia berbagai jenis font dan warna! Berikan sentuhan personal pada koper favoritmu dan pesan sekarang hanya di website resmi Baller.

Baller Personalisasi Koper