12 Rekomendasi Tempat Wisata Menarik di Kuala Lumpur

12 Rekomendasi Tempat Wisata Menarik di Kuala Lumpur

Malaysia menjadi negara destinasi liburan luar negeri yang layak kamu pertimbangkan untuk traveling sebagai pemula. Selain itu, jaraknya juga tidak terlalu jauh dan perbedaan bahasa yang tidak terlalu sulit.

Tentunya salah satu tempat wisata yang populer dan menarik berada di ibu kota Malaysia, yaitu Kuala Lumpur. Ini adalah salah satu kota yang penuh dengan keanekaragaman budaya dan pesona arsitektur modern. 

Untuk memudahkan perjalanan kamu di Kuala Lumpur, kami telah merangkum 12 tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Kuala Lumpur. Temukan keunikan dari setiap tempatnya di bawah ini!

1. Menara KL

Menara KL atau disebut juga dengan KL Tower ini sebenarnya merupakan menara telekomunikasi. Namun, bagi para wisatawan juga bisa menikmati aktivitas seru yang ditawarkan menara KL.

Diantaranya adalah melihat pemandangan Kuala Lumpur menggunakan teropong observasi di Observation Deck yang dibanderol harga tiket sebesar RM52. Namun, jika Ballers ingin kegiatan yang lebih menantang adrenalin, wahana Sky Box adalah pilihan yang tepat.

Dari atas menara KL setinggi 421 meter, kamu bisa menikmati pemandangan sekeliling kota 360 derajat dalam ruangan berkaca yang transparan. Cukup dengan membayar tiket sebesar RM105. Lalu, bagi keluarga yang membawa anak-anak bisa membeli paket wisata di Menara KL yang meliputi Mini Zoo, XD Theater, F1 Simulator, dan Blue Coral Museum seharga RM110.

Untuk mencapai Menara KL, kamu bisa mengakses LRT jalur Kelana Jaya, lalu turun di Stasiun Dang Wangi. Sementara bagi yang mengakses Monorail, kamu bisa turun di Stasiun Bukit Nanas.

2. Menara Kembar Petronas

Ini adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi kalau kamu ke Kuala Lumpur nih, Ballers! Menara Kembar Petronas atau Kuala Lumpur City Central (KLCC) yang menjadi spot berfoto andalan dengan pemandangan menara tinggi yang cantik. Di bagian belakang KLCC, kamu akan menemukan KLCC Park atau di bagian depan Mall Suria KLCC. Ada taman tropis yang rindang dan danau buatan dengan air mancur yang indah. Ini juga menjadi spot favorit pengunjung yang untuk berfoto, bersantai, bahkan berolahraga jogging.

Setelah puas berfoto, kamu bisa coba menikmati pemandangan ibu kota dari Sky Bridge (jembatan penghubung kedua menara) di lantai 41.

Nah, untuk Ballers yang berlibur bersama anak-anak, pastikan kamu mengunjungi Petrosains di lantai 4. Petrosains adalah tempat belajar yang cocok untuk anak-anak tentang sains dan teknologi dengan cara yang menyenangkan. Tiket masuknya sebesar RM30 untuk dewasa dan RM18 untuk anak-anak.

Akses terdekat ke Menara Kembar Petronas bisa melalui LRT jalur Kelana Jaya dan turun di Stasiun KLCC (KJ 10) atau dengan Bus KL Hop On-Hop Off, lalu turun di KLCC Garden Park.

3. Istana Negara 

Istana Negara atau yang dikenal juga dengan The King's Palace ini adalah tempat tinggal raja Malaysia. Bangunan ini berada di atas sebuah bukit di Jalan Duta. Saat masuk kawasan istana, para wisatawan langsung disambut dengan lapangan yang besar dibatasi pagar yang besar.

Sementara itu, akses Istana Negara bagian dalam tidak terbuka untuk umum. Sehingga wisatawan memiliki akses terbatas, yaitu hanya bisa menikmati kawasan istana dengan unsur arsitektur bangunan campuran Melayu, Eropa, dan Islam dengan kubah emas yang megah dari celah pagar.

Nah, wisatawan bisa berfoto di spot favorit yaitu di depan gerbang utama yang memiliki kaligrafi berwarna emas. Selain itu, daya tarik utama dari bangunan ini adalah saat pergantian pasukan penjaga Istana Negara yang mengenakan pakaian tradisional khas Melayu setiap dua jam sekali. Ini menjadi atraksi yang ditunggu-tunggu.

Untuk mengakses Istana Negara, kamu bisa naik monorail lalu turun di stasiun Tun Sambanthan atau naik Bus Hop On-Hop Off yang melewati Istana Negara.

4. Kuala Lumpur Bird Park 

Setelah spot wisata di kota dengan pemandangan gedung-gedung, saatnya beralih ke atraksi yang seru seperti Kuala Lumpur Bird Park. 

Taman burung ini diklaim sebagai taman burung terbesar di dunia dengan luas areanya yang mencapai hingga 20,9 hektar. Wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan taman yang luas dilengkapi oleh pohon-pohon besar, sungai, dan 200 spesies burung yang terbang bebas, layaknya berada di hutan alami.

Selain itu, kamu juga dapat menonton pertunjukan di amfiteater, memberi makan, hingga berfoto bersama burung. Harga tiket Taman Burung ini dibanderol dengan harga RM50 untuk dewasa dan RM41 untuk anak-anak.

Untuk mengunjungi Taman Burung ini, lokasinya berada di dalam Taman Tasik Perdana. Letaknya cukup strategis sehingga mudah ditempuh dengan transportasi umum. Kamu bisa memilih beberapa rute di bawah ini:

  • Bis RapidKL nomor B101 atau B112, turun di Dayabumi Complex
  • KTM Komuter, turun di Stasiun Kuala Lumpur
  • Bus Hop On-Hop Off, turun di terminal No 14.

Baca juga : Syarat Perjalanan ke Luar Negeri

5. Kuala Lumpur Butterfly Park

Masih dengan suasana taman, tempat selanjutnya adalah Kuala Lumpur Butterfly Park. Tempat wisata ini berada di satu kawasan dengan Monumen Nasional dan Kuala Lumpur Bird Park. Taman seluas 91 hektar ini terletak di Lake Garden dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Untuk tiket masuknya, siapkan budget sebesar RM22 (dewasa) dan RM11 (anak-anak) ya!

Taman ini memiliki koleksi sekitar 15.000 pepohonan dan juga tanaman hias yang berwarna-warni. Jika kamu beruntung, kamu bisa menikmati tanaman sedang bersemi di musim tertentu lho! 

Selain itu, kamu juga bisa melihat area pembibitan dan pembiakan beragam kupu-kupu. Kamu bisa melihat proses metamorfosis dari ulat hingga kupu-kupu dewasa secara langsung. Tak hanya sampai disitu, kamu juga bisa melihat berbagai jenis serangga mulai dari kumbang hingga belalang.

Akses terdekat untuk mengunjungi Kuala Lumpur Butterfly Park, kamu bisa naik bis RapidKL nomor B101 atau B112, turun di Dayabumi Complex atau dengan KTM Komuter, kemudian turun di Stasiun Kuala Lumpur.

6. Sungai Wang

Sungai Wang adalah pusat perbelanjaan yang terletak tepat di seberang kawasan Bukit Bintang. Kamu cukup naik monorail, lalu turun di Stasiun Bukit Bintang untuk akses terdekat. Dibanding beberapa mal lainnya, Sungai Wang menawarkan berbagai macam kebutuhan berbelanja dengan harga yang cenderung terjangkau. 

Pusat perbelanjaan ini buka setiap hari pukul 10.00 hingga 22.00 waktu setempat. Di area ground floor, banyak kios yang menjual ponsel, sedangkan di toko permanen kebanyakan dijual perhiasan hingga pakaian.

Di lantai-lantai lainnya, masih lebih banyak lagi yang menjual pakaian, mainan, jam tangan, buku, kosmetik, dan oleh-oleh. Di sana ada IT zone untuk wisatawan yang ingin belanja laptop dengan harga terjangkau. Kamu bisa belanja pakaian dengan harga di bawah RM 100 (311 ribu). Bahkan, di beberapa kios, pengunjung bisa menawar harga lho. 

Cocok bagi kalian yang mencari oleh-oleh bertema Kuala Lumpur seperti gantungan kunci, magnet kulkas, hingga miniatur Menara Petronas.

7. Jalan Alor

Ini adalah pusat kuliner yang populer di kalangan wisatawan. Jalan Alor layaknya adalah pasar malam yang dipenuhi dengan tempat makan sepanjang jalannya. Kamu bisa menemukan berbagai kudapan dan sajian lezat khas Melayu seperti satay dan nasi lemak hingga hidangan internasional yang lezat. serta beragam makanan khas dari Thailand, China, India, dan Timur Tengah. Harga makanannya pun relatif murah, jadi kamu bisa explore dan makan dengan puas! 

Untuk menikmati wisata kuliner di Jalan Alor, baiknya datang pada malam hari. Warna-warni lampion yang kontras menghiasi pemandangan orang berlalu lalang dan pedagang yang menjadi daya tarik tersendiri. Untuk sampai ke Jalan Alor, kamu bisa naik monorail, turun di Stasiun Bukit Bintang, lalu berjalan kaki ke arah Raja Chulan.

8. Berjaya Times Square Theme Park

Berjaya Times Square Theme Park adalah taman hiburan indoor terbesar di Malaysia seluas 7,5 juta kaki persegi. Taman ini terletak di lantai 5 pusat perbelanjaan Berjaya Times Square, kawasan Bukit Bintang. Kamu bisa kunjungi taman ini dengan naik monorail lalu turun di stasiun Imbi. Tiket masuk untuk orang dewasa sebesar RM60 dan untuk anak-anak di bawah 12 tahun sebesar RM50.

Taman hiburan ini cocok didatangi keluarga yang membawa anak-anak, apalagi dengan beragam wahananya yang menyenangkan. Salah satu wahana bermainnya adalah Labirin Fantasi. Dua zona seru lainnya adalah Stasiun Galaxy dan Taman Fantasi. Bagi orang dewasa yang ingin menantang adrenalin, naiklah Supersonic Odyssey untuk rasa mendebarkan yang seru. 

Baca juga : Cara Membuat Paspor Online

9. Jalan Bangsar

Sama seperti Jalan Alor, Jalan Bangsar juga merupakan kawasan yang dipenuhi kafe, bar dan restoran populer dikunjungi wisatawan. Cukup naik LRT jalur Kelana Jaya, lalu turun di Stasiun Bangsar. 

Nah, biasanya, banyak anak muda yang menghabiskan waktu senggang bersama teman-teman atau sekadar mencari udara segar. Selain makanannya yang enak, suasana tempat dari cafe dan restorannya juga nyaman untuk bercengkerama.

Salah satu rekomendasi cafe yang perlu kamu kunjungi adalah Antipodean Cafe. Menu sarapannya menjadi andalan yang menjadi highlight para pengunjung untuk kembali lagi. Kamu bisa mencoba menu Big Breakfast atau All Day Breakfast porsi jumbo yang cocok untuk melepas lelah setelah menelusuri Kuala Lumpur. Cafe lainnya ada PULP By Papa Palheta yang menawarkan berbagai menu kopi, dessert, dan kue yang melengkapi pengalaman wisata kuliner kamu menjadi tak terlupakan. 

10. Batu Caves

Objek wisata religius lainnya adalah Batu Caves, yaitu tempat ibadah umat Hindu Tamil yang terletak di dalam gua bukit batu kapur kawasan Gombak, Selangor. Untuk mengunjungi tempat ini, kamu bisa melalui akses terdekat yaitu dengan Komuter jalur Seremban – Batu Caves dari KL Sentral, turun di stasiun Batu Caves (paling terakhir).

Daya tarik tempat ini terletak pada hiasan patung Dewa Murugan tertinggi di dunia (42,7 meter) yang berlapis emas. Ada juga Temple Cave yang merupakan goa utama dengan 272 anak tangga untuk mencapainya.

Tiket masuk kuil ini gratis, dengan syarat mengenakan pakaian yang sopan. Kamu pun dapat menyaksikan prosesi ibadah secara langsung. Namun, jika kamu lebih menyukai olahraga ekstrem, kunjungi Dark Cave (sebelum Temple Cave) untuk ikut tur edukasi mengeksplor goa. Kamu hanya perlu membayar tiket sebesar RM35 (dewasa) dan RM28 (anak-anak di atas 12 tahun). 

11. Dataran Merdeka

Kuala Lumpur terus menyuguhkan berbagai lokasi wisata bersejarahnya. Salah satunya adalah Dataran Merdeka. Seperti namanya, dataran ini mencakup lapangan yang bersejarah bagi warga setempat karena menjadi saksi bisu pengibaran bendera Federasi Malaysia untuk pertama kali, atau disebut juga sebagai tempat memperingati Hari Kemerdekaan Malaysia pada 31 Agustus 1957.

Tenang saja, kamu tidak hanya melihat lapangan luas yang kosong kok. Kawasan ini juga memiliki banyak objek wisata yang bisa dinikmati secara gratis. Di antaranya adalah Masjid Jamek, Museum Musik, Katedral St. Mary the Virgin, hingga tulisan “I Love KL” yang menjadi spot berfoto wisatawan.

Untuk objek wisata yang berbayar, ada KL City Gallery yang dibanderol dengan tiket sebesar RM5. Isinya cukup menarik, kamu bisa melihat miniatur suasana Kuala Lumpur zaman dulu, sejarah Kuala Lumpur, dan lainnya.

Untuk mengunjungi Dataran Merdeka, kamu bisa melewati akses terdekat yaitu dengan naik LRT Kelana Jaya Line, lalu turun di Stasiun Masjid Jamek.

12. Gedung Sultan Abdul Samad

Dari Dataran Merdeka, tepat di depannya terdapat bangunan tua sejak tahun 1897 bergaya Maroko dengan ciri khas kubah dari tembaga dan dinding bata mata. Ini adalah Gedung Sultan Abdul Samad. Selain itu, ada pula menara jam yang indah di bagian tengah gedung, sehingga membuat bangunan ini sering disebut sebagai “Big Ben” Malaysia.

Dulu, gedung ini adalah sekretariat pemerintah kolonial Inggris. Sekarang, gedung ini menjadi kantor pemerintahan. Jangan lupa untuk menambahkan Gedung Sultan Abdul Samad di  daftar spot foto yang unik di kalangan wisatawan. Kamu bisa berfoto di depan gedung, sambil mengagumi pesona Gedung Sultan Abdul Samad yang menawan.

Itu dia 12 rekomendasi tempat wisata di Kuala Lumpur yang bisa dikunjungi Ballers bersama teman maupun keluarga yang membawa anak-anak. Jadi, apakah kamu sudah memutuskan tempat wisata mana yang akan kamu kunjungi di Kuala Lumpur?

Saatnya menyiapkan itinerary kamu sekarang, termasuk barang-barang yang akan kamu bawa nanti! Pastikan pakaian dan perlengkapan kamu sesuai dengan kondisi cuaca di negara tujuan ya. 

Terakhir, kemas semua barang bawaan kamu dengan koper polycarbonate Baller! Nah, koper 24 inch polycarbonate dari Baller adalah pilihan yang tepat untuk pengemasan yang cerdas! Apalagi untuk perjalanan 4-7 hari, koper 24 inch aman untuk dijadikan teman perjalanan kamu.

Selain bahannya yang berkualitas dan teruji, roda yang berputar 360 derajat yang halus dan tidak berbunyi membuat kamu lebih percaya diri melewati segala permukaan dengan percaya diri. Tunggu apa lagi? Mulai perjalanan kamu sekarang dengan produk Baller lainnya!