8 Bandara Internasional Paling Mewah di Dunia

8 Bandara Internasional Paling Mewah di Dunia

Bagi traveler yang sering bepergian naik pesawat, bandara sudah menjadi tempat transit yang menjadi gaya hidup. Apalagi, kini sudah banyak bandara yang menawarkan berbagai fasilitas dan hiburan yang memberikan pengalaman tersendiri. 

Bahkan di berbagai negara lainnya, ada beberapa bandara yang memang didesain mewah dengan fasilitas modern. Ini juga membuat traveler menjadi lebih nyaman untuk berlama-lama di sana. Di artikel ini, kamu akan melihat daftar bandara paling mewah di berbagai belahan dunia. Kira-kira, ada bandara mana saja ya?

1. Changi Airport, Singapura

Bandara Changi Singapura

Bandara Changi Airport di Singapura dinobatkan menjadi salah satu bandara termewah di dunia oleh World Airport Survey dan Skytrax selama beberapa tahun terakhir. Sudah lebih dari 60 juta orang per tahun yang mengunjungi bandara Changi, dengan menduduki peringkat pertama di antara semua bandara dalam hal kepuasan penumpang.

Ada dua jalur paralel dan empat terminal yang luas. Di terminal 1, kamu bisa menikmati fasilitas modern seperti kolam renang dengan jacuzzi di area transit, ruang bermain anak-anak, layanan shower & spa, dan hotel bandara. Selain itu, terminal 1 memiliki akses ke Jewel Changi, pusat hiburan dan perbelanjaan bertema alam yang unik. Ada 3 lounge juga yang bisa menjadi tempat istirahatmu sambil mengisi perut yang lapar selama menunggu.

Di samping Terminal 1, ada Terminal 2 yang sudah kembali beroperasi penuh sejak November 2023 setelah direnovasi. Proyek perluasan terminal ini guna meningkatkan kapasitas bandara yaitu sebanyak lima juta penumpang per tahun. Kini, kapasitas total penanganan di keempat terminal mencapai 90 juta penumpang per tahun.

Dengan luas terbaru mencapai lebih dari 21.000 meter persegi, ada 16 maskapai penerbangan yang akan beroperasi dan terhubung hingga ke 40 kota di Terminal 2. Kamu bisa menemukan berbagai fasilitas seperti rest area, shower & spa, hotel transit, serta berbagai supermarket dan toko serba ada. Beberapa spot menarik yang menjadi incaran para turis untuk berfoto adalah Enchanted Garden, Orchid Garden, dan Sunflower Garden.

2.  Tokyo Haneda International Airport, Jepang

 Bandara Tokyo Haneda Internasional, Jepang

Bandara Tokyo Haneda sering digunakan sebagai pusat penerbangan domestik di Jepang, sehingga semakin banyak melayani penerbangan internasional dalam beberapa tahun terakhir. Meski begitu, jumlah pilihan penerbangan ke dan dari Haneda terus bertambah dan memberikan banyak opsi perjalanan.

Jika kamu ingin ke Jepang dan mengincar pusat kota Tokyo, kamu bisa memilih bandara ini yang paling dekat. Ini menjadi keunggulan bandara Haneda, terutama untuk penerbangan pagi karena memudahkan akses cepat dengan tarif taksi yang lebih ekonomis.

Bandara Haneda terdiri dari tiga terminal: Terminal 1 dan Terminal 2 untuk penerbangan domestik, sementara Terminal 3 melayani penerbangan internasional. Ketiga terminal ini dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti WiFi gratis, layanan shower, serta Airport Lounge dan hotel.

3. Incheon International Airport, Korea Selatan

Bandara Internasional incheon, Korea Selatan

Bandara Incheon menjadi salah satu bandara paling sibuk ke-22 di dunia, dengan lebih dari 70 juta penumpang selama masa pandemi COVID-19. Bandara Incheon juga dikenal dengan galeri seni dan pameran media dinding di lorongnya.

Tak hanya itu, pengalaman budaya Korea hadir melalui parade dan konser mini, museum, serta lima pusat kebudayaan tradisional yang memenuhi bandara. Untuk area hiburan, pengunjung bisa mencoba seluncur es, lapangan golf, kasino, serta fasilitas spa dan mandi gratis. Ada beragam restoran dan toko, termasuk merk Louis Vuitton yang bebas bea cukai pertama di dunia.

Untuk menuju ke Kota Seoul yang berjarak sekitar 48 kilometer, ada beragam transportasi tersedia. Di antaranya adalah Express Train, Airport Railroad Express (AREX), All Stop Train, bus bandara, ataupun taksi.

4. Hong Kong International Airport

 Bandara Internasional Hong Kong

Saking mewahnya, bandara satu ini dilengkapi dengan lapangan golf atau biasa disebut The SkyCity Nine Eagles. Lapangan golf ini memiliki 9 lubang yang telah disesuaikan dengan standar Asosiasi Golf AS. 

Salah satu bandara tersibuk dan terkenal di Asia ini menawarkan lebih dari 100 maskapai penerbangan yang melayani ratusan rute ke seluruh dunia. Dibangun di atas pulau buatan seluas 1,255 hektar, bandara ini tidak hanya menjadi terminal penumpang terbesar, tetapi juga menyediakan fasilitas lengkap untuk mengatasi kebosanan saat transit atau penundaan.

Ada dua terminal bandara yang menyajikan beragam restoran dan kafe untuk penumpang dengan waktu transit yang cukup lama. Penumpang dapat menikmati beragam hidangan mulai dari tradisional hingga internasional. Khusus bagi wisatawan Muslim, tersedia opsi masakan halal di Popeyes Chicken & Biscuits dan pilihan makanan vegetarian serta olahan makanan laut.

Bagi anak-anak, tersedia arena bermain dan Lounge TV khusus anak. Tidak hanya itu, fasilitas berbelanja yang lengkap tersedia untuk memenuhi kebutuhan dan hiburan penumpang selama berada di bandara.

 5. Munich International Airport, Jerman

 Bandara Internasional Munich, Jerman

Bandara Internasional yang juga disebut dengan Franz Josef Strauss ini berperan sebagai gerbang utama menuju kota Freising. Dengan pelayanan terhadap 248 tujuan global dan lebih dari 28 juta penumpang per tahun, bandara ini memanjakan pengunjungnya dengan fasilitas modern dan pengalaman unik.

Bandara Munich memilih tema keasrian lingkungan dengan membuat penangkaran burung di sekitar bandara. Dengan 42 juta pengunjung setiap tahunnya, bandara ini memberikan fasilitas bermain yang mewah untuk anak-anak. Mulai dari trampoline sampai panjat tebing. 

Kamu juga bisa menikmati pemandangan indah perbukitan, serta pameran bandara yang menarik. Fasilitas lainnya meliputi demonstrasi helikopter penyelamat, pesawat bersejarah, pertunjukan film gratis, dan tur bandara khusus anak-anak.

Pada tahun 2015, Bandara Munich meraih akreditasi Airport Carbon Accreditation tingkat optimal, sebagai pengakuan atas upaya mereka dalam mengurangi emisi CO2 dari operasional bandara.

 7. London Heathrow Airport, Inggris

Bandara Heathrow London, Inggris 

Menunggu keberangkatan di bandara ini, kamu bisa mendapatkan pengalaman mewah di  Plaza Premium Lounges. Setiap lounge memiliki interior yang ramping dan kontemporer, dengan fasilitas yang lengkap termasuk pusat kesehatan, kamar mandi pribadi, dan bar (dengan biaya tambahan). 

Semua lounge dilengkapi dengan kursi yang nyaman, all-you-can-eat makanan dan minuman panas dan dingin, akses ke WiFi gratis, surat kabar dan majalah internasional, dan masih banyak lagi. 

Salah satu lounge istimewanya, yaitu Lounge Windsor Suite, adalah tempat di mana keluarga kerajaan Inggris menunggu keberangkatan pesawatnya. Pangeran William dan istrinya, Kate Middleton juga pernah menggunakan lounge yang sangat mewah ini. Tidak hanya keluarga kerajaan, tapi lounge ini terbuka untuk siapapun. Beberapa fasilitasnya meliputi sopir pribadi, kamar pribadi, dan makanan serta minuman sampanye bergelar Michelin Star.

8. Hamad International Airport, Qatar

Bandara Internasional Hamad, Qatar 

Bandara Hamad di Doha, Qatar, ini merupakan salah satu bandara transit bagi penerbangan dari Indonesia ke Eropa atau Amerika. Untuk transit atau berwisata di Qatar, kamu tidak memerlukan visa. Namun, ada batas waktu kunjungan yaitu hingga 30 hari. 

Di bandara ini, terdapat dua lounge untuk ruang tunggu yaitu Al Maha Transit Lounge dan Oryx Lounge. Jika kamu mempunyai waktu luang lebih lama, ada tur wisata keliling Doha yang diselenggarakan oleh maskapai penerbangan Qatar Airways. Tur wisata ini meliputi Pearl Qatar, Katara Cultural Village, Museum for Islamic Art, dan Souq Waqif.

Tersedia juga fasilitas gym dan spa yang terletak di antara Gate A10 dan B10. Jika kamu tertarik untuk menikmati karya seni lokal maupun internasional, ada pameran yang dipajang di sudut-sudut bandara.

Itu dia 10 bandara paling mewah di dunia versi Baller. Untuk menemani perjalanan kamu, tingkatkan pengalaman baru traveling dengan koleksi koper Baller! Mulai dari koleksi koper Aluminium terbaru hingga Polycarbonate. Pilih traveling companion sesuai kebutuhan dan gaya kamu sekarang!