8 Makanan Khas Thailand yang Populer, Worth to Try!

8 Makanan Khas Thailand yang Populer, Worth to Try!

Ketika datang berwisata ke Thailand, pastikan kamu juga mencoba kuliner Thailand yang menjadi salah satu daya tarik para turis. Selain bangunan bersejarahnya, kuliner Thailand juga layak untuk ditelusuri. Dengan cita rasanya yang unik dan gurih, seleranya pun tidak jauh dengan masakan Indonesia. 


Nah, untuk Ballers yang berencana untuk berlibur ke Thailand di awal tahun, jangan sampai lewatkan untuk berwisata kuliner di sana ya! Dari sekian banyak rekomendasi menu yang perlu dicoba, ada beberapa makanan yang populer dan tidak boleh ketinggalan. Kami sudah merangkumnya di artikel ini untuk kamu, cek selengkapnya di bawah ini.

Rekomendasi Kuliner Khas Thailand

1. Phad Thai

Phad Thai Makanan Thailand

Phad Thai menjadi rekomendasi utama untuk turis Indonesia yang memiliki cita rasa lokal. Hidangan khas Thailand yang satu ini meraih popularitas yang tinggi lho! Sejak masa kejayaan kerajaan Ayutthaya, Phad Thai telah menjadi legenda kuliner, dengan asal-usulnya yang dipercaya berasal dari Vietnam atau China. 

Phad Thai merupakan mie goreng siram yang terbuat dari mie beras lalu dicampur bahan lain seperti telur, tahu, asam, bawang putih, saus ikan, cabai, kacang kedelai, dan gula. Ada beberapa pilihan tambahan berupa potongan daging ayam, sapi, udang, kacang, tauge, dan taburan daun bawang sesuai selera.

Rasa Phad Thai sangat unik karena percampuran dari rasa gurih kacang tumbuk, pedas bubuk cabai, asam jeruk lemon, sampai cita rasa rempahnya. Banyak turis yang suka phd thai karena rasanya yang berbeda. Menikmati Phad Thai cocok sekali dengan cuaca panas Bangkok, nih Ballers! Popularitas Phad Thai membuatnya mudah ditemui di restoran maupun warung pinggir jalan di Thailand.

2. Tom Yum

Tom Yum Makanan Khas Thailand

Comfort food lainnya yang sudah familiar dengan lidah turis Indonesia adalah tom yum. Makanan khas Thailand ini bahkan sering terdengar namanya di Indonesia. Tom yum adalah hidangan sup yang beraneka ragam dengan isian seperti udang, ikan, dan variasi lainnya. Setiap jenis bahan utama yang menjadi inti dari tom yum memberikan ciri khas tersendiri yang membedakan jenisnya.

Ada tom yum goong dengan udang, mie, tom yum pla dengan ikan, serta tom yum po taek yang kaya dengan berbagai hidangan laut. Versi tom yum ada yang berkuah bening dan ada yang berkuah santan.

Tom yum yang berkuah santan menawarkan cita rasa yang lebih gurih dibandingkan yang berkuah bening. Bumbunya terdiri dari campuran bawang putih, lengkuas, cabai, serai, kecap asin, daun jeruk, jahe, dan jeruk nipis yang dihaluskan. Benar-benar kaya rasa, bukan? Kamu bisa merasakan berbagai cita rasa dalam satu suap saja! 

3. Omelet Oyster and Mussel

Omelet Oyster and Mussel Makanan Khas Thailand

Bosan dengan tumisan sayur dan kuah asam pedas? Kamu bisa coba hidangan seafood oyster (tiram) dan mussels (kerang) yang dimasak menjadi satu dalam adonan omelet. Hidangan ini mirip seperti telur dadar goreng hanya saja dengan isian yang berbeda. 

Sajian lokal ini sering disebut dengan Nai Mong Hoy Tod atau singkatnya, Hoy Tod. Paduan telur dan tiram dimasak hingga crispy dan disantap dengan saus, cocok untuk mengganjal perut yang lapar. Kamu bisa menikmati hidangan khas Thailand ini saat masih hangat bersama keluarga dan teman-teman.

4. Som Tam

Som Tam Makanan Khas Thailand

Khusus untuk penggemar makanan asam pedas dan segar, kamu bisa nikmati beragam rasa menjadi satu di menu som tam atau salad Thailand. Terbuat dari pepaya mentah yang diiris tipis dan sayur kacang panjang mentah lalu diberi bumbu sedikit pedas. Campuran perasan limau, cabai, kecap ikan, rasa asin, serta kelembutan manis dari gula aren. 

Untuk menyajikannya, som tum dicampur dan diulek dengan menggunakan alat tradisional seperti ulekan dan cobek, kemudian disantap bersama ketan, bihun, seafood rebus dan mentah seperti udang, ikan salmon, kepiting, gurita, dan cumi. 

5. Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice Makanan Khas Thailand

Siapa yang tidak kenal dengan camilan segar satu ini? Sempat populer pada tahun 2017, mango sticky rice adalah hidangan penutup yang banyak ditemui di pasar jajanan tradisional. Makanan khas Thailand ini wajib kamu coba langsung jika berkunjung kesana! 

Mango sticky rice ini menggunakan bahan utama beras ketan dan mangga, yang kemudian dicampur dengan santan, gula aren, dan garam. Prosedur pembuatannya dimulai dengan proses pengukusan beras ketan yang kemudian dicampur dengan santan, gula aren, serta garam. 

Setelah itu, hidangan tersebut disajikan dengan tambahan irisan mangga yang manis. Rasa yang dihasilkan begitu kaya dengan cita rasa gurih, serta manis dan asam yang menyegarkan. 

6. Tod Man Pla

Tod Man Pla Makanan Khas Thailand

Jajanan pasar lainnya adalah tod man pla. Dari bentuknya, sekilas mirip seperti perkedel ya Ballers? Tapi, makanan satu ini tidak terbuat dari kentang atau jagung. Bedanya, hidangan khas Thailand ini tidak menggunakan bahan seperti kentang atau jagung, tod man pla adalah makanan olahan ikan. 

Pemilihan jenis ikan untuk tod man pla juga tidak sembarangan, umumnya menggunakan ikan dengan daging putih seperti ikan kakap, kerapu, atau tenggiri. Oleh karena itu, tak heran jika tod man pla sering disebut sebagai kue ikan.

Biasanya, saat disajikan, tod man pla akan disertai dengan pasta kari merah, yang menjadi ciri khas dari Thailand. Selain itu, variasi bahan pelengkap seperti saus cabai manis juga bisa menjadi alternatif penyajian.

Meskipun sederhana, rasa dari tod man pla cukup kaya cita rasa. Mulai dari sensasi pedas dari pasta kari merah, kelezatan dari daging ikan, hingga sentuhan manis dari berbagai bahan lainnya.

7. Khao Tom

Khao Tom Pla Makanan Khas Thailand

Inilah bubur ayam-nya Thailand, Ballers! Jika bubur ayam di Indonesia menggunakan topping ayam suwir, Khao Tom berisi seafood seperti ikan, udang, dan ada juga dengan daging babi. 

Bubur Khao tom mengandung bumbu rempah yang mampu memberikan kehangatan pada tubuh. Dengan sifat hangatnya, Khao tom juga cocok dinikmati ketika cuaca sedang dingin. Di Thailand, bubur khao tom biasanya disantap sebagai sarapan.

Namanya pun berbeda-beda, tergantung campuran bubur itu sendiri. Jika dibuat dengan campuran udang, dikenal sebagai khao tom goong. Sedangkan jika menggunakan daging babi, disebut sebagai khao tom moo. Di sisi lain, khao tom yang disajikan dengan campuran ikan dikenal sebagai khao tom pla.

Untuk Ballers yang beragama islam, tidak perlu khawatir karena khao tom yang berisi campuran udang dan ayam telah bersertifikat halal ya! Apapun pilihannya, tak ada salahnya mencicipi hidangan ini sebagai sajian sarapan yang cocok sebelum memulai petualangan kamu menjelajahi destinasi wisata di Thailand!

8. Khao Pad

Khao Pad Makanan Khas Thailand

Jika di Indonesia ada menu nasi goreng sebagai comfort food, di Thailand juga ada nasi goreng yang mendunia nih, Ballers! Biasa disebut khao pad, nasi goreng ini memiliki tampilan menarik dengan kombinasi warna yang beragam di dalamnya. 

Sama seperti nasi goreng pada umumnya, khao pad berisi potongan mentimun, cabai, paprika merah, kuning, dan hijau menjadi elemen yang menambah kelezatannya. Sementara itu, sumber protein dalam sajian ini dapat berupa udang, ayam, atau kepiting, sesuai dengan pilihan kamu.

Meskipun terkesan seperti nasi goreng biasa, khao pad tetap layak dicoba jika kamu berkunjung ke Thailand karena bumbu dan rempah yang khas Thailand, tentunya memberikan rasa dan pengalaman yang berbeda.

Bagaimana Ballers? Semua menunya menggugah selera sekali, bukan? Kamu bisa catat di itinerary kamu, 8 makanan khas Thailand yang populer dan wajib kamu coba! Sebelum menjelajahi wisata kuliner di Thailand, pastikan perjalanan liburanmu membawa teman perjalanan andalan, yaitu koleksi terbaru tas dan koper dari Baller!