8 Cara Membersihkan Koper agar Tidak Cepat Berjamur

8 Cara Membersihkan Koper agar Tidak Cepat Berjamur

Apakah kamu sering menggunakan koper untuk perjalanan jauh atau sebagai tempat penyimpanan barang-barang kamu? Koper adalah salah satu jenis tas yang sering digunakan untuk membawa barang, seperti pakaian, makanan, atau perlengkapan pribadi. Namun, seperti halnya dengan barang-barang lainnya, koper juga membutuhkan perawatan yang baik agar tetap terjaga kualitasnya. Sebab itu Ballers perlu mengenal cara membersihkan koper!

Salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah membersihkan koper secara rutin. Artikel ini akan memberikan tips dan cara membersihkan koper berbahan aluminium agar tidak cepat rusak dan berjamur. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Fungsi Utama Koper

Koper bukan hanya sekadar tas atau kotak berbentuk persegi panjang yang digunakan untuk membawa barang saat bepergian, tetapi juga memiliki berbagai fungsi penting di antaranya kamu lebih mudah menata barang dan sekaligus melindunginya dari benturan dan potensi kehilangan selama dalam perjalanan. 

Koper memiliki tutup yang dapat dikunci dan dilengkapi dengan kode atau kunci agar barang-barang di dalamnya aman dari pencurian. Fungsi keamanan ini sangat penting terutama bagi mereka yang melakukan perjalanan jauh atau membawa barang berharga.

Saat ini, banyak produsen koper yang mengeluarkan berbagai desain yang trendy dan stylish agar koper dapat menjadi bagian dari fashion saat bepergian. Jadi dapat dikatakan bahwa, koper telah menjadi salah satu fashion item yang memengaruhi tampilan seseorang saat travelling

Koper juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang di rumah atau di gudang. Apabila kamu memiliki koper yang sudah tidak digunakan untuk bepergian, maka dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang seperti pakaian musim dingin atau perlengkapan olahraga. Selain itu, koper juga dapat digunakan untuk menyimpan dokumen penting seperti surat-surat atau sertifikat.

Cara Membersihkan Koper yang Benar

Setelah memahami fungsi koper, saatnya kita membahas cara membersihkan koper yang benar. Hal ini penting karena umumnya harga koper tidaklah murah sehingga perlu perlakuan khusus. Berikut adalah beberapa tips dan cara yang dapat dilakukan untuk merawat koper berbahan aluminium.

1. Keluarkan Seluruh Barang di dalam Koper

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat membersihkan koper adalah dengan mengeluarkan semua barang yang ada di dalamnya. Bagian ini akan memudahkan proses pembersihan dan untuk menghindari kerusakan pada barang-barang yang ada di dalam koper. 

2. Siapkan Alat dan Bahan

Siapkan beberapa alat dan bahan yang diperlukan untuk membersihkan koper, seperti kain lembut, sabun cuci piring, air hangat, baking soda, sikat gigi dan vacuum cleaner jika diperlukan. Penggunaan alat dan bahan yang tepat bisa membantu proses pembersihan koper dengan lebih mudah dan efektif sehingga koper bisa terhindar dari kerusakan dan tetap terlihat bersih dan kinclong. 

Adapun penggunaan bahan-bahan lain seperti cuka, baking soda, atau air perasan lemon juga bisa digunakan untuk membersihkan koper, namun perlu diperhatikan dosis dan cara penggunaannya agar tidak merusak lapisan koper. Sebaiknya, sebelum menggunakan bahan-bahan tersebut, lakukan pengecekan pada bagian kecil koper terlebih dahulu untuk memastikan bahan tersebut aman untuk digunakan pada koper secara keseluruhan.

3. Lepaskan Seluruh Lapisan yang Memungkinkan untuk Dilepas

Untuk lebih memudahkan proses pembersihan koper, lepaskan beberapa komponennya yaitu roda, saku tambahan, kain, dan lain sebagainya. Melepaskan lapisan tersebut akan memastikan semua bagian koper terjangkau dengan baik dan dapat bersih sempurna.

4. Campurkan Sabun dan Air

Setelah itu, campurkan sabun cuci piring dengan air hangat dalam wadah atau ember. Gunakan air secukupnya agar tidak terlalu banyak dan menggenangi koper. Campur hingga membentuk busa.

5. Lap Koper Terlebih Dahulu

Lap seluruh bagian koper dengan kain lembut yang sudah dibasahi air sabun. Pastikan untuk membersihkan setiap bagian koper, termasuk yang terlihat kotor atau berdebu. Pasalnya, debu dan kotoran yang masih menempel pada koper dan terkena air justru akan membuatnya lebih kotor dan sulit untuk dibersihkan.

6. Gosok dengan Lembut Bagian Luar Koper

Setelah permukaan koper dilap bersih, saatnya untuk membersihkan koper dengan sabun dan air. Basahi kain lembut dengan campuran sabun dan air, kemudian gosok perlahan-lahan bagian luar koper dengan kain tersebut. Pastikan untuk tidak menekan terlalu keras atau menggosok terlalu kasar agar tidak merusak permukaan koper.

7. Bilas dan Pastikan Tidak Ada Busa yang Tertinggal

Ketika proses gosok selesai, bilas koper dengan air bersih hingga tidak ada busa yang tersisa. Bilas koper dengan air bersih yang cukup, agar tidak meninggalkan residu sabun pada koper. Agar dapat dipastikan bersih secara keseluruhan, bilas dengan air bersih sebanyak 2 kali dan dengan usahakan air mengalir.

8. Keringkan

Terakhir, keringkan koper dengan kain lembut atau lap yang bersih dan kering. Pastikan untuk mengeringkan seluruh bagian koper secara merata dan menyeluruh. Jangan menyimpan koper sebelum benar-benar kering, karena kelembaban yang terjebak di dalam koper dapat menyebabkan pertumbuhan jamur atau karat pada koper. 

Oleh karena itu, pastikan untuk menjemur koper terlebih dahulu sampai benar-benar kering sebelum menyimpannya kembali. Angin-anginkan selama beberapa saat sambil dijemur namun di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Melalui penjelasan di atas, mengetahui cara membersihkan koper dan menerapkannya secara teratur serta benar sangat penting untuk mempertahankan kualitas dan estetika koper. Pasalnya hal ini juga dapat membantu koper terhindar dari kerusakan akibat jamur, karat, atau kusam sehingga dapat tetap terlihat kinclong dan menawan saat di bawah liburan.

Namun, tidak hanya itu saja, dengan menjaga kebersihan koper, Ballers juga dapat memperpanjang umur koper dan menghindari pembelian berulang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. 

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk melakukan pembersihan koper secara teratur dan menggunakan alat dan bahan yang tepat agar hasilnya lebih maksimal dan memuaskan. Satu lagi yang tak boleh dilewatkan adalah memilih koper berkualitas agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. 

 

Banner Produk Koper Kabin Aluminium

 

Baller yang merupakan merek koper lokal dari Indonesia bisa menjadi jawaban kamu untuk kebutuhan koper dalam berbagai ukuran. Apakah Ballers membutuhkan koper yang bisa dibawa ke kabin dengan kualitas terbaik namun tetap bisa tampil stylish? Koper Aluminium 20 inch dan 18 inch bisa jadi pilihan yang cocok. Ada berbagai pilihan warna yang bisa Ballers sesuaikan dengan preferensi dan kesukaan. 

Jadi tunggu apalagi? Miliki koper kokoh, berkualitas, dan tahan lama dengan kunjungi Baller sekarang juga untuk informasi serta pembelian.