Kenali Perbedaan Koper Aluminium dan Polycarbonate

Koper aluminium dan koper polycarbonate

Koper menjadi sebuah investasi jangka panjang untuk kamu yang suka traveling. Baik itu jarak dekat maupun jauh, dengan durasi lama maupun singkat. Ada berbagai jenis koper material, fitur, dan harga yang beragam. Dua material koper yang populer adalah aluminium dan polycarbonate. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Pada artikel kali ini, kamu akan melihat  perbedaan utama koper aluminium dan polycarbonate untuk membantumu menemukan koper terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya travelingmu. Lihat selengkapnya di bawah ini!

Perbedaan Koper Aluminium dan Polycarbonate

Sebelum menentukan koper yang tepat untukmu, kamu perlu tahu terlebih dahulu perbedaan koper aluminium dan polycarbonate untuk pertimbangan kamu lebih jauh. Berikut perbedaan utamanya yaitu:

1. Berat

  • Aluminium: Koper aluminium umumnya lebih berat daripada koper polycarbonate dengan berat kosong yang berkisar antara 4,4-6,4 kg. Hal ini dikarenakan material aluminium yang lebih padat. Namun, koper aluminium memiliki kapasitas muatan maksimal yang lebih besar hingga 25 kg.
  • Polycarbonate: Koper polycarbonate terkenal dengan bobotnya yang ringan, dengan berat kosong rata-rata 3,2-6,4 kg. Ini menjadi pilihan ideal traveler yang ingin memaksimalkan berat bagasi pesawat sekitar 25 kg.

2. Ketahanan

  • Aluminium: Terkenal dengan kemampuannya yang tinggi melindungi barang bawaan kamu, sehingga cocok untuk traveler yang sering bepergian dengan pesawat dalam durasi yang lama.

  • Polycarbonate: Sama seperti aluminium, koper polycarbonate juga menawarkan ketahanan yang baik terhadap benturan dan goresan. Bedanya, material ini lebih fleksibel dibandingkan aluminium, sehingga aman untuk overpacking dan tidak mudah pecah. Polycarbonate juga tahan terhadap air dan korosi, menjadikannya pilihan ideal untuk perjalanan  di lingkungan dengan cuaca yang tidak menentu.

3. Tampilan Desain

  • Aluminium: Koper aluminium umumnya memiliki tampilan yang elegan dan modern, teksturnya cenderung halus dan mengkilat. Cocok untuk traveler yang ingin tampil stylish dan berkelas effortless.
  • Polycarbonate: Koper polycarbonate menawarkan variasi desain yang lebih luas, mulai dari sporty hingga minimalis. Material ini sering dipadukan dengan warna-warna cerah dan pola yang menarik. Cocok untuk traveler yang menginginkan tampilan trendy dan kekinian.

4. Perawatan

  • Aluminium: Setelah dipakai, bersihkan permukaan body koper aluminium cukup dengan kain lembap dan hindari bahan kimia keras.
  • Polycarbonate: Mudah dibersihkan dengan magic sponge dan air sabun. Material ini juga tahan air, sehingga tidak perlu khawatir jika koper basah. Goresan kecil mungkin tersamarkan pada permukaan bertekstur koper polycarbonate.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Merawat Koper Hardcase agar Lebih Tahan Lama

Tipe Koper Apa yang Tepat Untukmu?

Memilih koper yang tepat adalah kunci utama untuk traveling yang nyaman dan menyenangkan. Nah, sebelum kamu melanjutkan rencana traveling, kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini untuk membantumu menentukan koper apa yang cocok untukmu. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Jarak

Ketika memilih koper, kamu perlu menentukan jarak tempuh saat traveling dengan pesawat nanti. Apakah itu adalah liburan singkat atau liburan panjang? Ini penting untuk dipertimbangkan antara jarak tempuh perjalananmu dengan jenis koper yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Untuk liburan dengan durasi jarak tempuh dekat sekitar 2-3 jam, kamu cukup membawa koper polycarbonate yang cenderung lebih fleksibel dan tahan lama untuk perjalanan sehari-hari. Selain itu, material polycarbonate juga tahan terhadap penyok dan goresan karena permukaannya yang bertekstur seperti kulit jeruk. Jika dibandingkan dengan koper aluminium, material polycarbonate cenderung lebih ringan.

Sementara untuk perjalanan durasi jarak tempuh jauh lebih dari 3 jam dengan pesawat, kamu dapat memilih koper aluminium. Material aluminium dikenal dengan kekokohannya untuk melindungi dari benturan, tekanan, dan guncangan. Ketahanannya menjadikan aluminium pilihan ideal untuk perjalanan jauh dan potensi penanganan bagasi yang kasar.

2. Material & Muatan

Setelah mengetahui keunggulan dari kedua materialnya, kamu juga perlu menyesuaikan dengan jenis muatan yang akan dibawa. Untuk muatan berisi barang-barang elektronik seperti produk hair styling, laptop, power bank, botol kaca, dan barang mudah pecah lainnya, lebih baik gunakan koper aluminium yang melindungi barang bawaan dengan ekstra.

Berbeda dengan koper polycarbonate yang materialnya fleksibel, ideal untuk membawa beberapa stel pakaian, sepatu, maupun peralatan pribadi lainnya yang lebih banyak. Dengan kata lain, jika kamu adalah seseorang yang suka membawa banyak pakaian atau overpacking, koper polycarbonate cocok untukmu! Meskipun begitu, material polycarbonate tetap dapat melindungi barang-barang kamu dari benturan maupun tekanan.

3. Perawatan

Meskipun sama-sama menawarkan ketahanan luar biasa, aluminium dan polycarbonate memiliki perbedaan dalam hal perawatan. Dengan memahami perbedaan ini dapat membantumu memilih koper yang paling sesuai dengan gaya dan kepribadianmu.

Perawatan koper dibagi menjadi 2 jenis, yaitu low maintenance dan high maintenance. Jika kamu mengutamakan kenyamanan dan kemudahan, sering bepergian jarak dekat dan singkat, maka kamu akan cocok dengan koper polycarbonate. Materialnya yang ringan dan fleksibel, membuat koper polycarbonate ideal untuk traveler yang lebih memilih low maintenance

Sementara untuk traveler yang lebih menyukai high maintenance, cenderung untuk menghargai tampilan yang memukau dan bangga dengan barang bawaannya. Selain itu, traveler yang suka bepergian dengan durasi lebih lama dan jauh, lebih cocok untuk memakai koper aluminium. 

Dengan ketahanan yang kokoh terhadap tekanan, koper aluminium juga lebih mudah tergores. Oleh karena itu, mempertahankan tampilan prima koper ini membutuhkan lebih banyak usaha.

4. Karakteristik

Memilih koper yang tepat bukan hanya tentang kekuatan dan gayanya saja. Kepribadian traveling kamu dan destinasi yang kamu tuju juga memegang peranan penting. 

Misalnya jika kamu adalah traveler urban yang stylish dan senang bepergian mengutamakan kekuatan koper yang kokoh, serta perlindungan optimal di lingkungan perkotaan. Traveler ini cocok menggunakan koper aluminium untuk melewati jalanan kota besar yang menyukai estetika modern dan elegan.

Di sisi lain, koper polycarbonate lebih ideal untuk traveler yang senang berpetualang dengan medan yang bervariasi. Material polycarbonate yang ringan dan fleksibel membuatnya mudah dibawa dan melindungi barang dari kondisi yang tidak menentu di berbagai lingkungan.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Koper Hardcase yang Perlu Kamu Ketahui

Jadi, sudah menemukan koper yang tepat untukmu? Apapun pilihan jenis kopernya, pastikan kamu memilih koper dengan material berkualitas yang kuat dan tahan lama dengan fitur keamanan TSA lock berstandar internasional. 

Koleksi lengkap koper aluminium dan koper polycarbonate Baller sudah memenuhi syarat maskapai penerbangan pilihan kamu. Buat pengalaman traveling kamu lebih mudah dan nyaman dengan koper Baller yang tahan banting, cocok untuk menjadi investasi jangka panjang kamu. Traveling bebas kemanapun tanpa rasa khawatir lagi karena garansi 10 tahunnya yang mudah diklaim. Dapatkan koper favorit kamu sekarang hanya di website Baller.


Artikel Terkait