Syarat Naik Pesawat 2024: Panduan Lengkap untuk Perjalanan Udara Kamu

syarat naik pesawat

Ballers, apakah kamu berencana melakukan perjalanan jauh dan harus menggunakan pesawat? Kamu pasti setuju kalau persiapan yang matang adalah kunci keberhasilan suatu perjalanan. Maka dari itu, penting untuk kamu mengetahui apa saja syarat naik pesawat yang perlu dipenuhi. 

Saat kamu mengetahui syarat naik pesawat dengan saksama, perjalanan kamu akan lebih lancar tanpa ada kendala atau hambatan. Lalu, apa saja persyaratan naik pesawat tersebut? Untuk mencari tahu jawabannya, yuk simak selengkapnya di bawah ini. 

Persyaratan Dokumen Perjalanan

Dokumen menjadi salah satu persyaratan perjalanan yang cukup krusial. Jangan sampai Ballers melewatkan dokumen-dokumen penting ini agar perjalanan kamu makin lancar. Dokumen-dokumen ini merupakan hal yang paling mendasar dan wajib kamu miliki sebelum naik pesawat. Apa saja dokumen tersebut? Yuk cari tahu berikut ini. 

1. Paspor yang Berlaku

Paspor merupakan dokumen utama dan paling penting dalam melakukan perjalanan ke luar negeri. Pastikan paspor kamu masih berlaku minimal enam bulan sebelum tanggal perjalanan. Jika masa berlaku paspor tinggal beberapa bulan, segera perpanjang di kantor imigrasi terdekat. Jangan sampai perjalanan Ballers terhambat karena masalah paspor yang belum diperpanjang ini. 

2. Visa dan Izin Masuk Negara Tujuan

Jika destinasi perjalanan Ballers memerlukan visa, pastikan kamu telah mengurusnya sebelum tanggal keberangkatan. Proses pengurusan visa bisa memakan waktu, jadi sebaiknya lakukan jauh-jauh hari. 

Selain visa, kamu juga perlu memahami aturan izin masuk negara tujuan. Beberapa negara mungkin memiliki persyaratan khusus seperti surat undangan atau bukti cukup dana selama berada di sana. Pastikan kamu sudah mencari tahu semua persyaratan ini sebelum perjalanan.

3. Surat Keterangan Negatif COVID-19

Beberapa negara mungkin masih memerlukan surat keterangan negatif COVID-19. Sebelum naik pesawat, kamu perlu menunjukkan surat keterangan negatif COVID-19 yang dikeluarkan oleh instansi atau lembaga yang berwenang. Pastikan kamu tahu persis jenis tes yang diperlukan, seperti tes PCR atau tes antigen, serta batas waktu berlakunya surat keterangan tersebut.

Baca Juga : Panduan Aturan Bagasi Pesawat Internasional untuk Traveling ke Luar Negeri

Persiapan Sebelum Keberangkatan

Persiapan sebelum keberangkatan juga menjadi hal yang tidak kalah penting. Saat Ballers melakukan langkah-langkah persiapan ini, kamu akan merasa lebih siap dan tenang. Kembali lagi, persiapan yang matang menjadi kunci keberhasilan dalam perjalanan. Berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum keberangkatan. 

1. Pemesanan Tiket Penerbangan

Langkah pertama tentu saja memesan tiket penerbangan. Gunakan platform online yang tepercaya atau aplikasi maskapai untuk memesan tiket perjalanan. Selain itu, pertimbangkan juga fleksibilitas tiket, karena terkadang rencana bisa berubah. Memilih opsi tiket yang dapat diubah jadwalnya bisa sangat membantu Ballers. 

2. Check-in Online

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak maskapai yang menyediakan fasilitas check-in online. Ini adalah langkah yang sangat direkomendasikan, karena kamu bisa menghindari antrean panjang di bandara. Cukup dengan mengakses website atau aplikasi maskapai, kamu bisa melakukan check-in, memilih tempat duduk, dan mendapatkan boarding pass elektronik.

3. Persyaratan Bagasi dan Barang Bawaan

Setiap maskapai memiliki aturan tersendiri terkait bagasi dan barang bawaan. Pastikan kamu memahami berapa berat maksimal bagasi yang diizinkan, serta aturan mengenai barang-barang terlarang di dalam bagasi kabin maupun bagasi utama. Jika ada barang berharga atau penting, sebaiknya kamu simpan di bagasi kabin untuk menghindari risiko kehilangan.

Baca Juga : Catat 15 Tips Traveling Ke Luar Negeri, Pemula Wajib Tahu!

Persyaratan Kesehatan

Syarat naik pesawat lainnya yaitu informasi kesehatan penumpang. Sebelum naik pesawat, pastikan kamu memenuhi semua persyaratan kesehatan yang diberlakukan oleh pihak bandara, maskapai, serta negara tujuan. Di bawah ini merupakan persyaratan kesehatan yang umumnya diberlakukan. 

1. Tes COVID-19

Persyaratan kesehatan seperti tes COVID-19 adalah hal yang umum saat ini. Tes ini memiliki peran krusial dalam memastikan keamanan dan kesehatan selama perjalanan. Penting bagi kamu untuk benar-benar memahami dan mengikuti setiap aturan terkait tes ini. 

Pastikan kamu mengetahui jenis tes yang harus diambil, apakah itu tes PCR atau tes antigen, serta waktu pelaksanaannya yang harus sesuai dengan persyaratan maskapai dan destinasi. Tidak kalah penting, kamu juga perlu memahami batas waktu berlakunya hasil tes tersebut.  

2. Vaksinasi COVID-19

Beberapa negara atau maskapai penerbangan mungkin mempersyaratkan vaksinasi sebagai syarat masuk. Oleh karena itu, pastikan kamu telah mendapatkan dosis vaksin sesuai yang direkomendasikan oleh otoritas kesehatan dan regulasi negara tujuanmu. 

Selain itu, persiapkan dan bawa bukti vaksinasi yang valid, seperti kartu vaksin atau sertifikat digital, agar kamu dapat membuktikan status vaksin dengan mudah. Memastikan bahwa informasi ini diakui dan sesuai dengan standar yang berlaku akan membantu memperlancar perjalanan Ballers. 

3. Pengisian Formulir Kesehatan

Selain tes dan vaksinasi, pengisian formulir kesehatan atau penggunaan aplikasi pelacakan kontak juga dapat menjadi persyaratan naik pesawat. Formulir ini biasanya berisi pertanyaan terkait kesehatan dan riwayat perjalananmu. Tujuannya untuk memantau dan memastikan bahwa kamu dalam kondisi kesehatan yang baik dan tidak membawa risiko penyebaran penyakit. 

Oleh karena itu, sebelum tiba di bandara, pastikan kamu telah mengunduh aplikasi yang mungkin diperlukan dan mengisi semua informasi dengan akurat. Langkah ini membantu memastikan kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang diberlakukan oleh otoritas penerbangan dan negara tujuan.

Baca Juga : Cara Bikin Paspor Online Buat Pemula, Berikut Persyaratannya!

Aturan dan Ketentuan Penerbangan

Selain persyaratan dokumen dan kesehatan, kamu juga perlu memahami aturan dan ketentuan yang berlaku selama penerbangan. Ini termasuk langkah-langkah keamanan di bandara, aturan terkait bagasi, dan prosedur selama penerbangan itu sendiri. Yuk langsung simak saja penjelasan mengenai aturan dan ketentuan tersebut. 

1. Prosedur Keamanan di Bandara

Ketika kamu tiba di bandara, akan ada serangkaian prosedur keamanan yang harus kamu lewati. Penting untuk memahami dengan baik aturan-aturan yang berlaku selama tahap ini. Pastikan kamu mengetahui ketentuan terkait cairan dalam kemasan, termasuk ukuran dan jumlah yang diizinkan. 

Tidak hanya itu, penting juga untuk mengetahui barang-barang yang perlu dikeluarkan dari tas saat melewati pemeriksaan, seperti laptop atau barang logam besar. Proses pemeriksaan ini bisa memakan waktu, jadi pastikan kamu datang lebih awal agar tidak terburu-buru. 

Selain itu, kamu juga harus memahami prosedur saat melewati mesin detektor logam, seperti mengikuti petunjuk dari petugas keamanan dan menjaga ketenangan jika ada indikasi perlu pemeriksaan tambahan.

2. Ketentuan Bagasi dan Barang Terlarang

Sebelum kamu berangkat, sangat penting untuk memahami ketentuan terkait bagasi dan barang yang dilarang dibawa dalam perjalanan. Pastikan kamu tahu dengan jelas jenis-jenis barang terlarang seperti senjata tajam, cairan dalam jumlah berlebih, dan benda-benda berbahaya lainnya. Ini berlaku untuk bagasi utama maupun bagasi kabin. 

Kamu bisa memeriksa daftar barang terlarang yang biasanya disediakan oleh maskapai atau otoritas bandara. Pastikan kamu juga mengatur kembali barang-barang yang kamu bawa agar sesuai dengan ketentuan, dan jangan sampai membawa barang yang akan dilarang masuk ke dalam pesawat. Langkah ini tidak hanya untuk keamananmu, tetapi juga untuk keamanan seluruh penumpang dan kru penerbangan.

3. Prosedur Selama Penerbangan

Selama penerbangan, pastikan kamu menggunakan sabuk pengaman dengan benar saat diperlukan, terutama saat pesawat sedang dalam kondisi turbulensi. Perhatikan juga penjelasan tentang penggunaan pelampung dan masker oksigen, termasuk lokasi serta cara penggunaannya. 

Jika terdapat layanan makanan, ikuti aturan yang diberlakukan oleh maskapai untuk meminimalisasi risiko penyebaran virus. Selama penerbangan, keselamatan dan kenyamanan semua penumpang adalah prioritas utama, jadi pastikan kamu mematuhi semua petunjuk dan instruksi dengan baik.

Apakah berbagai syarat naik pesawat ini sudah cukup dipahami dengan baik? Saat Ballers mematuhi persyaratan serta aturan-aturan ini, perjalananmu akan berjalan lancar dan menyenangkan. Pastikan juga kamu telah melakukan persiapan dengan baik dan optimal.

Menentukan koper yang akan digunakan juga menjadi salah satu persiapan penting yang harus Ballers lakukan. Jika perjalanan kamu berlangsung selama 2-5 hari, kamu bisa menggunakan koper Carry-on Hybrid dari Baller.

Koper dari Baller terbuat dari 100% polycarbonate yang kuat. Dibekali juga dengan kunci kombinasi ganda TSA dengan standar internasional. Tersedia juga kompartemen untuk laptop hingga 16 inch. 

Jadi tunggu apalagi? Dapatkan koper berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan kamu hanya di Baller sekarang juga.