Tips Liburan Aman Bersama Keluarga di Bandung

Tips Liburan Aman Bersama Keluarga di Bandung

Bagi Ballers yang tinggal di Jakarta, kota Bandung menjadi tempat wisata andalan untuk keluarga. Tidak terlalu jauh dan ramah untuk destinasi liburan keluarga, khususnya untuk anak-anak. Ada berbagai tempat wisata yang menarik dan menyenangkan untuk anak-anak bermain.


Meskipun begitu, keselamatan tetap menjadi prioritas utama saat berlibur. Selain merencanakan rute perjalanan dan pemilihan tempat wisata yang ramah keluarga, masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan liburan keluarga berjalan lancar dan aman. Dengan mengikuti tips-tips ini, liburan keluarga di Bandung dapat menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan terhindar dari risiko yang tidak diinginkan. Simak tips lengkapnya di bawah ini!


Tips Traveling Aman Bersama Keluarga

1. Pilih transportasi dan akomodasi yang nyaman

Satu hal utama yang harus kamu pertimbangkan adalah transportasi dan akomodasi yang nyaman. Ada berbagai transportasi yang bisa kamu pilih untuk ke Bandung. Apakah akan menggunakan kendaraan pribadi, menyewa kendaraan/supir, atau bisa juga kendaraan umum seperti bus, kereta, atau pesawat. 


Tentu saja, kamu perlu sesuaikan dengan budget yang kamu siapkan, jarak, dan kondisi keluarga. Misalnya ada berapa banyak anggota keluarga yang ikut dan keperluan yang dibutuhkan. Pertimbangkan juga jika ada anggota keluarga yang perlu alat kebutuhan kesehatan yang khusus ketika bepergian.


Sama halnya untuk akomodasi. Pastikan untuk riset terlebih dahulu jenis tempat penginapan yang menyediakan fasilitas terbaik. Biasanya ini sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan. 


Pilihlah tempat penginapan yang mudah terjangkau dan dekat dengan tempat wisata yang akan kamu kunjungi. Kamu juga bisa melihat review tempat tersebut dari orang-orang yang sudah menginap di tempat tersebut. Hanya saja, setiap akomodasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

2. Tentukan waktu keberangkatan yang tepat

Selanjutnya yang perlu ditentukan adalah waktu keberangkatan. Ini bisa menjadi hal yang cukup sulit, karena setiap anggota keluarga perlu memastikan waktu luang yang tersedia untuk liburan selama beberapa hari.


Selain itu, waktu keberangkatan yang tepat juga menentukan kenyamanan liburan nanti. Tidak hanya melihat jadwal libur di kalender, tapi kamu juga perlu memperhatikan cuaca dan musim yang sedang berlangsung. Apakah sudah memasuki musim hujan, musim panas, atau musim liburan high season, dan masih banyak lainnya. 


Terlebih jika kamu akan membawa anak yang berusia di bawah 5 tahun, mereka rentan untuk rewel jika merasa bosan atau gerah. Untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa memilih waktu keberangkatan di malam hari saat jam tidur anak. Sementara untuk anggota keluarga yang lain bisa menyiapkan stamina untuk beraktivitas saat sampai di tujuan nanti.

3. Buat itinerary yang ramah keluarga


Itinerary atau daftar rencana kegiatan yang runut selama berlibur perlu ditentukan sebelum berangkat. Nah, karena anggota keluarga memiliki jarak umur yang berbeda, kamu perlu menentukan tempat wisata yang sesuai untuk segala umur. Sehingga seluruh anggota keluarga dapat menikmati liburan bersama.


Kamu bisa mengurutkan tempat wisata tujuan sesuai jarak, waktu, dan durasi di setiap tempatnya. Langkah pertama adalah menentukan kota tujuan berwisata. Kedua, kamu bisa mengumpulkan daftar tempat hiburan yang ingin dikunjungi anak-anak dan anggota keluarga. Ada beragam pilihan tempat wisata di Bandung yang bisa dinikmati bersama, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Perhatikan juga ketentuan apa saja yang dibutuhkan di setiap tempat wisata.

4. Persiapkan kebutuhan selama traveling

Setelah itinerary selesai, saatnya mempersiapkan segala kebutuhan selama liburan di Bandung. Hal ini penting untuk memastikan kelancaran saat tiba di tempat wisata, terutama jika destinasi berada di area yang tidak terlalu mudah dijangkau.


Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui kondisi cuaca di tempat wisata tujuan. Sebab cuaca sangat mempengaruhi jenis barang yang harus dibawa. Misalnya, saat musim hujan, persiapkan pakaian hangat, jas hujan, sandal, dan payung. Sementara jika di musim panas, siapkan sunblock dan pakaian yang menyerap keringat, ringan, dan berwarna cerah.

 

Untuk mengantisipasi kejadian tidak terduga, packing baju lebih banyak juga dianjurkan. Misalnya, antisipasi jika pakaian basah atau rusak. Jangan lupa membawa perlengkapan khusus, terutama jika ada keluarga yang memiliki kondisi kesehatan tertentu.


Namun, tetaplah berhati-hati agar tidak membawa terlalu banyak barang. Selain merepotkan, ini juga dapat menambah biaya bagasi. Bawalah barang sesuai kebutuhan dan packing dengan rapi.

5. Membawa bekal dan snack favorit

Saat melakukan perjalanan jauh, kadang terasa rasa bosan sehingga lapar tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan camilan atau snack ringan favorit yang dapat dinikmati selama perjalanan. 


Pastikan untuk membawa camilan yang cocok di lidah kamu dan juga keluarga. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk memastikan anak-anak tetap nyaman dan terhibur selama perjalanan. Jika perjalanan memakan waktu cukup lama, membawa beberapa cemilan yang berbeda dapat membuat perjalanan lebih menyenangkan dan menghindari rasa lapar yang mengganggu.

6. Membawa obat-obatan dan mainan favorit anak

Ketika bepergian, selalu siapkan kotak P3K atau obat-obatan yang sekiranya dibutuhkan. Kamu perlu antisipasi kejadian tidak terduga seperti sakit atau terluka saat liburan. Siapkan juga obat untuk anggota keluarga yang memiliki kebutuhan kesehatan khusus.

7. Siapkan daftar oleh-oleh yang akan dibawa

Belanja saat liburan menjadi pengalaman yang menyenangkan, tapi ingat untuk tidak terlalu berlebihan. Tidak lengkap juga rasanya jika tidak membawa pulang produk khas kota wisata tersebut. Kamu bisa membeli oleh-oleh yang istimewa untuk keluarga dan teman atau sebagai kenang-kenangan pribadi. 


Jangan lupa untuk tetap membuat batasan anggaran belanja dan oleh-oleh sebelum berangkat. Bawalah uang tunai secukupnya agar tetap terkendali dan tidak berlebihan. Pastikan untuk membagi rencana belanja dengan keluarga, agar semuanya bisa berjalan lancar dan sesuai rencana.

Tempat Wisata Ramah Keluarga di Bandung

Setelah menyiapkan semua kebutuhan, saatnya menentukan destinasi wisata di Bandung. Untuk membantumu, kami sudah siapkan beberapa rekomendasi tempat wisata yang ramah untuk anak dan keluarga di bawah ini:

1. Farmhouse Lembang

Alamat: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Harga tiket masuk: Rp35.000/orang (Gratis 1 cup susu)

Jam Buka: 09.00 - 18.00 WIB


Di sini, kamu bisa merasakan nuansa Eropa di Bandung. Farmhouse Lembang memang selalu menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi wisatawan. Kamu bisa menemukan sejumlah spot menarik yang cocok untuk berfoto. Ada Rumah Hobbit yang memiliki bangunan yang unik, lengkap dengan kostum-kostum khas, area berfoto dengan hewan, serta taman bunga yang cantik.


Untuk masuk ke area hewan, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000 - Rp15.000/orang, termasuk biaya memberi makan para hewan. Beberapa hewan di sana adalah reptil, burung, sapi, domba, dan hewan eksotis lainnya.

2. Museum Geologi

Alamat: Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40122

Harga tiket masuk: Rp2.000 (Pelajar), Rp3.000 (Umum), dan Rp10.000 (Asing)

Jam Buka: 09.00 - 15.00 WIB


Untuk kamu yang tidak terlalu suka ke tempat wisata alam, kamu bisa coba kunjungi Museum Geologi Bandung. Museum ini merupakan salah satu peninggalan sejarah dengan beragam koleksi berharga dan langka seperti batuan, mineral, dan bahkan fosil. Bahkan, seluruh koleksi museum ini sudah terkumpul sejak tahun 1850 lho! 


Biasanya, Museum Geologi juga menjadi destinasi study tour sekolah-sekolah. Nah, Museum menjadi tempat ideal untuk anak-anak melihat-lihat koleksi bersejarah sambil menambah wawasan sejarah mereka.

3. Trans Studio Bandung

Alamat: Jl. Gatot Subroto No.289, Cibangkong, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40273

Jam Buka: 10.00 - 22.00 WIB

Harga tiket masuk: Rp200.000 (weekday), Rp300.000 (weekend)


Jika kamu dan keluarga mencari pengalaman yang seru dan menegangkan, tidak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke taman bermain indoor satu ini! Kamu bisa temukan berbagai macam wahana permainan. Mulai dari wahana menyenangkan hingga wahana extreme yang menantang adrenalin! 


Beberapa wahananya adalah Waterfall Drop dengan ketinggian 13 meter, Dunia Lain, atau bertemu dengan superhero favorit anak-anak di Super Heroes 4D. Setelah bermain, kamu bisa beristirahat di restoran atau mengunjungi pusat perbelanjaan yang terhubung langsung dengan taman hiburan ini.

4. The Great Asia Africa

Alamat: Jl. Raya Lembang - Bandung No.71, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Jam Buka: Senin - Jumat 8.00 - 18.00 WIB, Sabtu dan Minggu 9.00 - 17.00 WIB

Harga tiket masuk: Rp50.000


Tempat wisata satu ini unik dan cocok sekali untuk tempat berfoto. Kamu bisa merasakan sensasi berkeliling ke berbagai negara di Asia dan Afrika sekaligus! Ada bangunan ikonik dari 7 negara di Asia dan Afrika, termasuk Indonesia, Thailand, Jepang, Korea Selatan, India, Timur Tengah, dan negara-negara di Afrika. 


Selain berfoto, kamu juga bisa menikmati kuliner khas dari masing-masing negara. Namun, ada beberapa biaya tambahan jika kamu datang ke tempat penyewaan baju untuk berfoto, naik gondola (Rp10.000) dan area berfoto dengan hewan atau memberi makan (Rp15.000). Jangan lupa untuk menukarkan karcis kamu dengan minuman gratis ya! Ada beberapa tenant makanan juga untuk mengisi perut setelah bermain seharian.


Nah, tips di atas bisa kamu siapkan dari jauh-jauh hari untuk menyambut liburan akhir tahun ini. Untuk menambah kenyamanan bepergian nanti, packing semua kebutuhan kamu dan keluarga dengan koleksi terbaru All-Day travel bags, yaitu All-Day Weekender yang cocok dipakai saat liburan bersama keluarga. 


All-Day Weekender ideal untuk dibawa liburan selama 2-3 hari, dilengkapi dengan kompartemen khusus yang praktis. Kamu bisa menaruh sepatu, sandal, hairdryer, maupun perlengkapan mandi. Liburan jadi lebih simple dan tertata dengan travel bags All-Day. Cari tahu produk lainnya hanya di website resmi Baller.