Tips Mudik Lebaran: Mengenal Syarat Naik Pesawat 2024

Tips Mudik Lebaran: Mengenal Syarat Naik Pesawat 2024

Musim mudik Lebaran semakin dekat, saatnya mulai persiapan perjalanan mudik kamu! Momen spesial yang dirayakan setiap tahun ini pasti tidak ingin dilewatkan untuk pulang ke kampung halaman bertemu keluarga tersayang. Tidak hanya bagi Ballers yang mudik ke kota yang berbeda, namun juga berlaku bagi yang mudik ke negara yang berbeda.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kembali syarat naik pesawat terbaru tahun ini. Ada beberapa perubahan dalam persyaratan naik pesawat yang perlu disesuaikan, khususnya setelah pandemi COVID-19 selesai.

Nah, jika kamu masih bingung tentang persyaratan terbaru untuk bepergian dengan pesawat, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan membahas semua hal-hal yang perlu kamu ketahui saat mudik, termasuk persyaratan naik pesawat saat mudik Lebaran. Temukan penjelasan selengkapnya di bawah ini!

1. Lengkapi Dokumen Penting

Sebelumnya, pada awal tahun 2023 salah satu syarat naik pesawat adalah menyiapkan surat vaksinasi COVID-19, namun di tahun 2024 kali ini, kamu tidak perlu membawanya lagi.

Berdasarkan SE Satgas COVID-19 No 1 Tahun 2023, mulai 9 Juni 2023, para penumpang tidak lagi diwajibkan untuk melampirkan bukti vaksinasi COVID-19 maupun hasil tes COVID-19 apa pun di masa transisi endemi ini.

Jadi, dokumen apa saja yang perlu disiapkan? Nah, kamu cukup membawa KTP sebagai tanda pengenal atau paspor (untuk penerbangan internasional) dan visa (bila diperlukan). Bagi penumpang yang belum memiliki KTP atau berusia di bawah 17 tahun, dapat membawa kartu pengenal lainnya seperti Akta Kelahiran dan Kartu Pelajar.

Sementara itu, untuk penumpang dengan penyakit atau kondisi kesehatan tertentu perlu menyertakan surat izin terbang dari dokter yang bersangkutan

2. Siapkan Tas dan Koper Sesuai Aturan Maskapai

Jika kamu akan mudik ke luar kota dengan pesawat, kamu perlu perhatikan apakah tas dan koper kamu memenuhi syarat dan ketentuan yang terbaru. Biasanya, maskapai penerbangan memiliki ketentuan yang berbeda. Namun, umumnya kamu dapat membawa koper ke dalam kabin pesawat dengan ukuran koper kabin 20 inch yang memiliki dimensi 55,1 cm x 38,1 cm x 22,8 cm.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan berat koper kamu agar sesuai dengan beban maksimal yang telah ditentukan. Umumnya, berat maksimal koper kabin adalah 7 kg. Jika lebih dari itu, maka kamu akan dikenakan biaya tambahan untuk dimasukkan ke bagasi.

Kamu juga dapat membawa tas jinjing seperti All-Day collection yang ideal untuk dibawa bersama koper kamu. Dengan trolley sleeve di bagian belakang tas, kamu hanya tinggal menyisipkan pegangan troli untuk perjalanan yang lebih nyaman. 

Tas jinjing seperti All-Day Backpack atau All-Day Weekender berguna untuk membawa barang-barang penting kamu agar lebih mudah diakses. Ditambah dengan adanya QuickSnap pouch yang detachable, memudahkan kamu menyimpan barang-barang kecil yang kamu butuhkan selama di perjalanan. Namun, jika kamu membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih luas, kamu dapat memilih All-Day Duffel.

3. Aturan Baru Bea Cukai 2024

Setelah menyiapkan tas dan barang-barang yang akan dibawa mudik, kamu harus perhatikan aturan terbaru bea cukai – khususnya bagi Ballers dari luar negeri yang baru akan pulang ke Indonesia. Jika kamu membawa oleh-oleh maupun belanja titipan untuk teman dan keluarga, simak aturan terbaru bea cukai di bawah ini yuk!

Aturan ini dikeluarkan oleh Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPUBC TMP) C Soekarno-Hatta, yaitu pembatasan barang impor bawaan dari luar negeri. Hal ini bertujuan untuk menata kembali kebijakan impor dengan menggeser pengawasan barang impor ke Indonesia dan mempengaruhi kegiatan impor melalui pembatasan jumlah barang bawaan penumpang dari luar negeri.

Mulai 10 Maret 2024, barang impor dari luar negeri dibatasi menjadi hanya 5 jenis barang bawaan.

5 jenis barang bawaan tersebut adalah:

  1. Alat elektronik maksimal lima unit dengan total seharga 1,5 ribu dolar AS, dengan telepon seluler, headset, dan komputer tablet maksimal dua unit per penumpang
  2. Alas kaki maksimal dua pasang per penumpang
  3. Barang tekstil maksimal lima buah per penumpang
  4. Tas maksimal dua buah per penumpang
  5. Sepatu

Untuk mematuhi peraturan baru yang berlaku, sesuaikan barang bawaan kamu agar terhindar dari overpacking agar perjalanan mudik kamu lebih nyaman. Manfaatkan kompartemen tas maupun koper untuk pack smart secara maksimal.

4. Barang Bawaan yang Wajib Dibawa Saat Mudik

Salah satu langkah yang dapat kamu lakukan untuk menghindari kelebihan muatan saat mudik adalah dengan memilih barang-barang yang wajib dibawa. Umumnya, berikut adalah barang bawaan penting saat bepergian mudik:

Dokumen Penting

Dokumen penting seperti kartu identitas (KTP), paspor, visa (jika dibutuhkan), tiket perjalanan, maupun tanda pengenal lainnya (bagi yang belum berusia 17 tahun) dan dokumen penting lainnya harus selalu dibawa saat mudik. Pastikan untuk memeriksa dan membawa semua dokumen yang diperlukan sesuai dengan ketentuan perjalanan.

Untuk memudahkan perjalananmu, lakukan online check-in yang lebih praktis dan hemat waktu karena menghindari kemungkinan antrian di konter check-in.

Obat-obatan

Penting untuk membawa persediaan obat-obatan yang diperlukan selama perjalanan, termasuk obat-obatan yang biasa dikonsumsi atau obat-obatan darurat seperti obat demam, sakit kepala, atau obat perut. Khusus bagi penumpang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, disarankan membawa surat izin dari dokter RS terkait untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Bantal Leher

Bantal leher dapat memberikan kenyamanan selama perjalanan jauh yang memakan waktu berjam-jam. Ini sangat berguna untuk menopang leher dan kepala saat tidur di dalam transportasi seperti kereta api, bus, atau pesawat. Kamu pun dapat terhindar dari cedera posisi tidur.

Perlengkapan Gadget

Siapkan perlengkapan gadget seperti handphone, laptop, headphone, kamera, atau tablet di satu tempat terpisah khusus agar tidak berceceran. Kamu akan membutuhkannya untuk mengakses informasi, hiburan, maupun jika ada keperluan kerja mendadak selama di perjalanan. Pastikan untuk membawa power bank dan adaptor yang diperlukan.

Dengan membawa barang-barang ini, kamu dapat memastikan kenyamanan dan kelancaran perjalanan mudikmu serta menghindari kelebihan muatan yang tidak diperlukan. Meski begitu, barang bawaan setiap orang akan berbeda. Banyaknya barang bawaan juga tergantung pada kebutuhan masing-masing.

5. Barang Bawaan yang Wajib Dibawa Saat Mudik Bersama Anak

Bagi keluarga yang mudik dan membawa anak saat mudik, tentunya akan memiliki perlengkapan lebih banyak. Berikut adalah daftar barang bawaan mudik bersama anak:

Car Seat & Stroller Bayi

Keamanan harus menjadi prioritas saat mudik bersama anak, khususnya balita. Pastikan untuk membawa car seat jika bepergian dengan mobil. Namun, jika menggunakan transportasi umum, kamu dapat menyewa car seat.

Stroller atau baby carrier sangat berguna saat jalan-jalan di kampung halaman. Untuk antisipasi anak merasa lelah atau mengantuk, serta memudahkan orang tua menemani anak jalan-jalan lebih nyaman. Nah, pastikan untuk membawa stroller khusus travel yang praktis, ringan dan mudah dilipat untuk kenyamanan selama perjalanan.

Selimut dan Bantal

Ketika membawa anak bepergian jauh, selimut menjadi kebutuhan utama saat mudik. Ini karena tubuh mungil anak masih rentan dan belum sepenuhnya bisa beradaptasi dengan perubahan suhu seperti orang dewasa. Selain menghangatkan, selimut juga bisa digunakan sebagai apron untuk ibu yang masih menyusui. 

Peralatan Makan

Membawa tempat dan alat makan sendiri dari rumah selama perjalanan mudik lebih praktis dan higienis untuk menjaga kesehatan Si Kecil. Selain itu, siapkan juga botol minum anti tumpah sangat diperlukan untuk menghindari risiko tumpahan minuman di mobil atau kendaraan umum.

Snack/Makanan Ringan

Membawa snack dalam jumlah yang cukup penting saat mudik bersama Si Kecil. Sebab anak-anak mudah bosan dan lapar saat perjalanan, jadi pastikan membawa snack yang sehat dan bergizi agar anak tidak rewel. Namun, tetap perhatikan konsumsi gula anak ya Ballers! Hindari snack bungkusan yang tinggi gula atau garam.

Popok Sekali Pakai

Jika anak sudah terbiasa dengan toilet training, membawa popok sekali pakai tetap diperlukan lho! Kita tidak pernah tahu jika di perjalanan akan kesulitan menemukan toilet umum. Selain itu, kamu juga bisa membawa botol pispot travel jika anak menolak menggunakan popok.

Semoga tips ini membantu Ballers dalam persiapan mudik ya! Kemas semua perlengkapan mudik kamu dengan koleksi tas dan koper Baller untuk mudik yang lebih nyaman dan praktis. Nikmati penawaran terbatas khusus Hari Raya Lebaran, hanya di website resmi Baller sekarang!