Mengenal Apa itu Paspor dan Fungsinya

Mengenal Apa itu Paspor dan Fungsinya

Mungkin kamu pernah mendengar tentang paspor, tetapi apakah kamu benar-benar memahami apa itu paspor dan fungsinya? Meski sudah menjadi salah satu dokumen yang umum diketahui, tetapi masih banyak yang belum memahami peruntukan paspor dan perbedaannya dengan visa.

Paspor merupakan salah satu dokumen identitas penting yang harus dimiliki oleh seseorang terutama bagi kamu yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Dalam artikel ini, Baller akan membahas secara lebih rinci tentang pengertian paspor dan perbedaan antara paspor dan visa. Sebelum traveling ke luar negeri, pastikan Ballers membaca artikel ini hingga akhir.

Pengertian Apa Itu Paspor

Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah negara tertentu untuk memberikan izin perjalanan ke luar negeri kepada warga negara mereka. Paspor biasanya berisi informasi personal seseorang seperti nama lengkap, tanggal lahir, dan tentunya foto. Bila diperhatikan, Ballers akan melihat nomor paspor yang unik sebagai identifikasi pada bagian kanan atas halaman pertama. 

Paspor biasanya memiliki masa berlaku tertentu dan masa berlaku paspor biasanya ditentukan oleh pemerintah negara yang menerbitkan paspor tersebut. Di Republik Indonesia sendiri, sebelumnya paspor diterbitkan untuk jangka waktu 5 tahun. Namun kini, kabar baik bagi seluruh warga negara Indonesia, bahwa pemerintah Republik Indonesia telah menerbitkan paspor dengan jangka waktu untuk 10 tahun. 

Ada beberapa jenis paspor Indonesia yang dapat diterbitkan dan oleh pemerintah negara. Pertama, ada paspor biasa atau reguler yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk keperluan perjalanan biasa ke luar negeri. Kedua, ada paspor diplomatik yang diterbitkan oleh pemerintah untuk pejabat negara atau diplomat yang sedang dalam misi resmi ke luar negeri. 

Ketiga, ada paspor dinas yang diterbitkan oleh kementerian luar negeri untuk pegawai negeri yang sedang akan ada perjalanan dinas atau tugas ke luar negeri. Keempat, ada paspor khusus yang diterbitkan dan dikeluarkan oleh pemerintah Republik Indonesia untuk kepentingan kemanusiaan, misalnya untuk pengungsi atau orang yang harus segera keluar dari negaranya karena alasan kemanusiaan.

Paspor dapat dikeluarkan dalam bentuk fisik atau elektronik, tergantung pada kebijakan pemerintah negara yang bersangkutan. Untuk memperoleh paspor, kamu harus mengajukan permohonan paspor di kantor imigrasi setempat. Syarat yang diperlukan untuk mengajukan paspor mencakup fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga, dan fotokopi akta kelahiran. 

Baca juga: 9 Tips Traveling Sendiri untuk Wanita

Perbedaan Paspor Biasa dan Elektronik

Perbedaan utama antara paspor biasa dan elektronik adalah teknologi yang digunakan untuk membuat paspor. Paspor biasa biasanya terdiri dari buku kecil dengan halaman kosong yang dicap oleh pihak imigrasi negara tujuan setiap kali seseorang melakukan perjalanan ke luar negeri. Sementara itu, paspor elektronik dilengkapi dengan chip elektronik yang menyimpan data biometrik pemilik paspor seperti sidik jari dan gambar wajah.

Adanya teknologi chip elektronik di dalam paspor ini memungkinkan verifikasi keamanan yang lebih ketat. Pemerintah negara juga dapat mengontrol akses ke data biometrik pemilik paspor dan memperbarui informasi dengan lebih mudah menggunakan teknologi ini. 

Bila pada umumnya Ballers perlu mengantri melewati imigrasi manual untuk pengecekan dan pengecapan, dengan paspor elektronik kamu bisa melewati imigrasi otomatis yang menggunakan mesin deteksi data melalui chip dan alat deteksi wajah. 

Soal biaya, paspor elektronik biasanya lebih mahal dibandingkan dengan paspor biasa. Untuk paspor biasa dengan 48 halaman, kamu perlu membayar sebesar Rp350.000. Sedangkan untuk paspor elektronik 48 halaman sebesar Rp650.000.

Baca juga: Apa Saja Barang yang Boleh Masuk Bagasi Pesawat?

Perbedaan Paspor dan Visa

Meskipun paspor dan visa keduanya merupakan dokumen penting yang diperlukan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, keduanya memiliki perbedaan signifikan dalam hal fungsi, kegunaan, cara memperoleh, dan penerbit dokumen.

1. Fungsi

Paspor adalah dokumen identitas yang diperlukan untuk melakukan perjalanan antarnegara, sementara visa adalah dokumen yang dikeluarkan oleh negara tujuan sebagai izin untuk memasuki negara tersebut. Visa menunjukkan bahwa pemegang telah memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk masuk ke negara tersebut, seperti persyaratan keamanan atau persyaratan kesehatan.

2. Kegunaan

Paspor dapat digunakan untuk melakukan perjalanan ke berbagai negara tanpa memerlukan visa terlebih dahulu, tetapi hal ini tergantung pada kebijakan imigrasi negara yang dituju. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, paspor memiliki jangka waktu penggunaan selama 10 tahun. 

Berbeda dengan paspor, visa umumnya diperlukan oleh orang yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri selama lebih dari 90 hari atau melakukan kegiatan tertentu, seperti bekerja atau belajar.

Kegunaan visa adalah untuk memastikan bahwa orang asing yang masuk ke negara tersebut memiliki tujuan yang jelas dan legal, serta memastikan keamanan negara dan mencegah tindakan ilegal, seperti perdagangan manusia atau kejahatan lainnya.  

3. Cara Memperoleh

Untuk memperoleh paspor, seseorang harus mengajukan permohonan paspor di kantor imigrasi atau kantor kepolisian setempat yang memiliki layanan pembuatan paspor. Sedangkan, untuk memperoleh visa, seseorang harus mengajukan permohonan visa ke kedutaan besar atau konsulat negara tujuan.

4. Penerbit Dokumen

Paspor dikeluarkan oleh pemerintah negara tempat seseorang berasal atau memiliki kewarganegaraan, sementara visa dikeluarkan oleh pemerintah negara tujuan. Oleh karena itu, pemegang visa harus mematuhi persyaratan visa negara tujuan, sedangkan pemegang paspor harus mematuhi persyaratan imigrasi negara yang akan mereka kunjungi.

Baca juga: 10 Cara Packing Baju di Koper yang Efektif dan Anti Kusut

Seperti Apa Peran Paspor Untuk Perjalanan Luar Negeri

Paspor memiliki berbagai fungsi penting dalam perjalanan luar negeri yakni di antaranya:

1. Identitas Kewarganegaraan 

Pertama, paspor berfungsi sebagai bukti identitas diri dan kewarganegaraan seseorang. Dokumen ini menyimpan informasi pribadi seperti nama, foto, dan tanggal lahir, serta nomor dan tanggal kedaluwarsa paspor. Jadi, Ballers dapat membuktikan bahwa mereka memiliki hak untuk memasuki dan meninggalkan negara tersebut.

2. Kepastian Keamanan di Negara Tertuju

Kedua, paspor membantu menemukan dan mengidentifikasi seseorang apabila pada suatu daerah terdapat kondisi tertentu seperti konflik, atau hilang. Oleh karena itu, pemilik paspor harus menyimpannya dengan aman dan melaporkannya ke kantor polisi setempat jika paspor hilang atau dicuri.

3. Syarat Memperoleh Visa

Ketiga, paspor adalah dokumen penting yang dibutuhkan untuk memperoleh visa ke negara lain. Dalam beberapa kasus, visa hanya dapat diperoleh jika pemilik paspor telah melakukan perjalanan ke negara tertentu sebelumnya. Dalam kata lain, paspor dapat membantu memfasilitasi perjalanan ke negara-negara yang memerlukan visa.

4. Alat Mendapatkan Bantuan Konsuler

Keempat, perlu kamu ketahui, paspor juga berfungsi sebagai alat untuk memperoleh bantuan konsuler dari pemerintah negara asal saat berada di luar negeri. Jika pemilik paspor mengalami kesulitan atau masalah di luar negeri, mereka dapat meminta bantuan konsuler dari kedutaan atau konsulat negara asal mereka.

5. Kepastian Hukum Internasional

Terakhir, paspor dapat menjadi alat untuk melindungi keamanan nasional dan mencegah kejahatan. Pemerintah dapat memeriksa paspor pemiliknya untuk memastikan bahwa mereka tidak terlibat dalam kegiatan ilegal atau merupakan ancaman keamanan nasional.

6. Menunjukkan Kepatuhan Hukum

Memiliki paspor menandakan bahwa kamu telah mematuhi aturan dan peraturan yang berlaku dalam sistem pemerintahan negaramu. Selain itu, hal ini juga menegaskan tanggung jawabmu sebagai warga negara untuk mematuhi undang-undang saat berpergian ke luar negeri.

Nah, itu dia informasi tentang apa itu paspor dan perbedaannya dengan visa. Sebagai informasi tambahan, apabila Ballers sudah memiliki paspor sebelumnya dan habis masa berlakunya, kamu dapat memperpanjang paspor dengan syarat yang sama seperti membuat baru. Hanya saja, kamu perlu membawa paspor yang baru dan fotokopi halaman pertamanya sebagai syarat tambahan. 

Sebelum bepergian keluar negeri, pastikan Ballers sudah mempersiapkan seluruh syarat perjalanan dan kebutuhan traveling agar perjalanan lebih menyenangkan. Salah satu perlengkapan yang tidak boleh Ballers lupakan adalah koper yang kuat. Dalam hal ini, Baller adalah pilihan koper yang paling tepat. 

Banner Produk Koper Bagasi Aluminium

Agar barang bawaan kamu tetap aman saat berada di bagasi pesawat, Koper Alumunium 28 inch dari Baller bisa kamu andalkan setiap perjalanan baik di dalam maupun di luar negeri. Tunggu apalagi? Dapatkan produk Baller sekarang juga dan nikmati perjalanan yang aman dan menyenangkan.