11 Cara Packing Baju di Koper yang Efektif dan Hemat Ruang

11 Cara Packing Baju di Koper yang Efektif dan Hemat Ruang

Apakah Ballers hendak berlibur dalam waktu dekat ini? Tidak hanya itinerary perjalanan yang penting kamu persiapkan, tetapi kamu juga perlu tahu cara packing baju di koper dengan mudah dan aman. Ini menjadi hal yang esensial, terutama jika kamu tidak tahu cara packing dengan benar.

Apalagi jika kamu akan bepergian jauh dan harus membawa banyak baju, pasti proses packing akan membuat kamu bingung. Namun, jangan khawatir! Kamu bisa mengikuti beberapa tips dan cara packing baju di koper yang efektif dan anti kusut di bawah ini. 

Tips dan Cara Packing Baju di Koper

Tips dan Cara Packing Baju di Koper

Bagaimana cara packing yang tepat agar barang bawaan tidak berantakan dan baju tidak menjadi kusut? Packing yang efektif dan anti kusut sangat penting dilakukan agar Ballers dapat tampil nyaman dan percaya diri saat berlibur. Berikut ini beberapa tips dan cara packing baju di koper yang efisien untuk Ballers.

1. Seleksi Baju yang akan Dibawa

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum packing baju di koper adalah memilih baju yang akan dibawa. Pilih baju berdasarkan jenis atau yang benar-benar dibutuhkan agar sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan di tempat tujuan. Jangan membawa baju yang terlalu banyak atau kurang relevan, karena ini hanya akan membuat koper Ballers berat dan tidak efektif.

2. Bawa Baju yang Tidak Mudah Kusut

Pastikan Ballers membawa baju-baju yang terbuat dari bahan yang tidak mudah kusut, seperti katun atau linen. Hindari membawa baju yang terbuat dari bahan sintetis atau yang berkerut dengan mudah. Baju yang mudah kusut akan membuat Ballers harus membuka koper berkali-kali untuk merapikan baju-baju yang sudah terlipat.

Baca juga: Apa Saja Barang yang Boleh Masuk Bagasi Pesawat?

3. Gulung Baju

Salah satu cara efektif untuk packing baju di koper adalah dengan menggulung baju. Melalui cara ini, Ballers dapat menghemat ruang dalam koper dan mencegah baju menjadi kusut. Ballers bisa mulai dengan meletakkan baju di atas permukaan datar, lalu lipat bagian bawah baju ke dalam dan gulung baju dari bagian bawah ke atas. Pastikan Ballers merapikan baju secara perlahan dan diletakkan dalam koper secara vertikal ataupun horizontal untuk menghemat tempat.

4. Gunakan Kotak Kemasan atau Packing Cube

Packing cube atau kotak kemasan adalah kotak kecil yang terbuat dari bahan kain atau plastik yang dapat digunakan untuk memisahkan baju. Saat kamu menggunakan kotak kemasan, Ballers dapat mengorganisir baju sesuai dengan jenis atau warnanya. Ini akan membantu Ballers untuk menjaga kebersihan dan keteraturan dalam koper.

5. Gunakan Teknik Vakum

Jika Ballers hendak membawa baju yang banyak, teknik vakum bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghemat ruang di dalam koper. Cara ini melibatkan penggunaan alat vakum untuk mengeluarkan udara dari koper sehingga baju dapat dipadatkan. Setelah itu, Ballers dapat menambahkan lebih banyak baju ke dalam koper.

6. Lipat Baju Secara Vertikal

Cara efektif lain yang dapat Ballers lakukan untuk packing baju di koper yaitu dengan melipat baju secara vertikal. Caranya, lipat baju menjadi dua dan kemudian lipat lagi menjadi empat. Letakkan baju yang sudah dilipat di atas koper dan ulangi langkah ini sampai semua baju yang akan dibawa sudah terlipat. Dengan cara ini, Ballers dapat melihat semua pakaian dengan mudah tanpa harus mengganggu tumpukan barang lainnya.

Baca juga: 7 Manfaat Solo Traveling untuk Kamu yang Mencari Jati Diri

7. Letakkan Tisu pada Setiap Lipatan Baju

Agar baju tetap rapi dan terhindar dari kusut, Ballers dapat menempatkan tisu pada setiap lipatan baju. Tisu dapat membantu melindungi baju dari gesekan yang dapat menyebabkan kerutan pada baju. Selain itu, tisu juga dapat membantu menyerap kelembaban yang dapat merusak baju.

8. Lapisi Baju dengan Kantung Dry Cleaning

Jika Ballers hendak membawa baju yang terbuat dari bahan yang mudah rusak atau baju formal seperti jas, sebaiknya lapisi baju tersebut dengan kantung dry cleaning. Kantung ini berfungsi untuk melindungi baju dari debu dan kotoran yang dapat merusak bahan baju. Kantung dry cleaning juga dapat membantu mencegah baju menjadi kusut karena kantung ini memiliki permukaan yang halus dan tidak kasar, sehingga baju tidak bergesekan satu sama lain.

9. Baju Paling Ringan Diletakkan di Atas

Untuk mencegah koper menjadi tidak seimbang, Ballers dapat menempatkan baju yang paling ringan paling atas. Baju yang paling berat sebaiknya diletakkan di dasar koper untuk menjaga keseimbangan. Pola penempatan baju ini akan membantu mencegah koper terbalik selama perjalanan. Cara ini juga akan membantu Ballers untuk menjaga barang-barang yang ada di bawahnya tidak terlalu terjepit atau terkompresi.

Selain itu, dengan menempatkan baju yang paling ringan di atas, Ballers juga akan lebih mudah dalam mengambil atau menambah barang dari dalam koper tanpa perlu mengeluarkan semua barang di atasnya terlebih dahulu.

10. Memisahkan Barang ke Dalam Koper

Selain baju, pastinya kamu akan membawa barang lain selain pakaian bukan? Untuk memasukkan barang lain seperti peralatan mandi, sepatu atau produk perawatan dalam koper, pastikan kamu meletakan barang-barang tersebut di ruang kosong dalam koper tersebut. Metode ini dilakukan agar baju dan barang yang ingin dibawa tertata dengan rapih sehingga kamu tidak perlu mengacak-acak seluruh isi koper kamu.

11. Gunakan Koper yang Kuat

Pilih koper yang kuat dan tahan lama untuk membawa baju-baju kamu saat berlibur. Memakai koper yang kurang kuat akan membuat baju-baju kamu mudah tergeser dan terhimpit, terlebih jika koper kamu bertumpukan dengan koper lain. Ballers bisa menggunakan koper berbahan aluminium agar kondisi baju kamu tetap rapi tanpa perlu khawatir meski ada terpaan dari luar koper. 

Baca juga: Inilah Ukuran Koper Kabin Pesawat sesuai Standar Internasional

Ukuran Koper yang Perlu Kamu Ketahui

Ukuran Koper yang Perlu Kamu Ketahui

Sebelum melakukan perjalanan, salah satu hal penting yang harus dipersiapkan adalah koper. Pastikan Ballers memilih ukuran koper yang sesuai dengan kebutuhan. Baller menyediakan koper berbahan aluminium dengan ukuran koper kabin dan koper bagasi. Berikut ini informasi mengenai ukuran koper Baller yang perlu kamu ketahui. 

1. Koper Kabin

Koper kabin yang disediakan Baller memiliki dua ukuran, yaitu 18 inch dan 20 inch. Kedua koper ini terbuat dari bahan aluminium yang kuat serta dilengkapi juga dengan kunci kombinasi dual TSA yang sudah teruji. Kamu juga akan mendapatkan garansi 5 tahun meliputi semua bagian koper seperti roda, handle, kunci, dan kompartemen. Jika kamu hendak berlibur 1-3 hari, kamu bisa menggunakan koper kabin dari Baller ini.

2. Koper Bagasi

Tersedia juga koper bagasi dengan ukuran 24 inch dan 28 inch. Koper ini dibekali dengan roda yang dapat berputar 360 derajat, sehingga lebih memudahkan Ballers saat membawanya di bandara. Disediakan juga tas laundry anti air untuk menyimpan baju-baju kamu yang kotor. Koper ukuran bagasi ini cocok bagi kamu yang hendak berlibur antara 7-10 hari. Pakaian dan barang lainnya yang kamu bawa pun akan tersimpan dengan aman. 

 

Banner Semua Produk Koper Aluminium

 

Cara packing baju di koper dengan efektif dan anti kusut ini sangat penting kamu ketahui, agar perjalanan kamu makin aman, nyaman, dan menyenangkan. Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk segera kunjungi Baller sekarang dan miliki koper aluminium yang kuat dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.