5 Cara Bikin Visa dengan Mudah Bagi Pemula 2024

cara bikin visa

Ballers punya impian jalan-jalan ke luar negeri? Jika iya, ada beberapa dokumen yang perlu kamu siapkan. Kamu harus memiliki paspor terlebih dahulu sebagai dokumen wajib yang harus kamu miliki untuk ke luar negeri. Bagaimana cara bikin visa?

Kamu perlu berkunjung ke Kedutaan Besar (Kedubes) negara yang kamu tuju untuk membuat visa tersebut. Idealnya, pengajuan visa dilakukan sebelum membeli tiket pesawat. Bagi Ballers yang pertama kali membuat visa, kamu tidak perlu khawatir, karena akan diuraikan dengan lengkap cara membuat visa untuk pemula di bawah ini. 

Apa Itu Visa?

Visa adalah dokumen resmi yang diberikan oleh pemerintah suatu negara kepada individu yang ingin memasuki wilayah negara tersebut. Dokumen ini menunjukkan bahwa pemegangnya memiliki izin sah untuk tinggal atau mengunjungi negara tersebut selama jangka waktu tertentu sesuai dengan tujuan kunjungannya. 

Setiap negara memiliki jenis-jenis visa yang berbeda dengan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemohon sesuai dengan tujuan kunjungan. Jika seseorang ingin bepergian atau tinggal di negara lain, maka mengurus visa dengan benar dan tepat waktu sangat penting, tentu agar perjalanan atau kunjungannya berjalan lancar dan legal sesuai peraturan yang berlaku.

Visa bisa menjadi syarat wajib bagi warga negara asing sebelum masuk ke suatu negara, tergantung pada peraturan imigrasi dan aturan yang berlaku di negara tujuan. Visa dapat diberikan untuk berbagai keperluan, seperti pariwisata, studi, bekerja, kunjungan keluarga, dan alasan lainnya.

Baca Juga : Ketahui Jenis-jenis Visa dan Masa Berlakunya

Syarat-Syarat Bikin Visa

Setiap negara memiliki persyaratan yang berbeda dalam mengeluarkan visa. Meskipun demikian, ada beberapa persyaratan umum yang biasanya harus dipenuhi oleh pemohon visa. Berikut beberapa syarat umum tersebut yang penting Ballers ketahui. 

1. Paspor yang Berlaku

Paspor yang berlaku merupakan salah satu persyaratan utama dalam mengajukan visa. Paspor adalah dokumen identitas resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara kepada warga negaranya. Paspor ini berfungsi sebagai bukti kewarganegaraan dan memberikan izin bagi pemiliknya untuk meninggalkan dan masuk kembali ke negara asalnya. 

2. Formulir Aplikasi

Saat mengajukan visa, jangan lupa untuk mengisi formulir aplikasi dengan benar dan lengkap. Pastikan kamu paham betul pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan berikan jawaban yang akurat. Ballers tidak perlu khawatir, proses mengisi formulir ini tidak terlalu sulit. Cukup teliti dan hati-hati, kamu pasti bisa melakukannya dengan baik. Jangan ragu untuk bertanya kepada pihak yang berwenang jika ada hal yang kamu kurang paham. 

3. Pas Foto

Jangan lupa untuk melampirkan pas foto. Pastikan ukurannya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh negara yang ingin kamu kunjungi. Setiap negara mungkin memiliki persyaratan khusus terkait ukuran dan format pas foto untuk aplikasi visa. 

Agar tidak mengalami masalah, sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu mengenai ketentuan pas foto yang berlaku di negara tujuanmu. Biasanya, pas foto yang digunakan untuk aplikasi visa harus berwarna, dengan latar belakang netral, dan wajahmu terlihat dengan jelas.

4. Bukti Keuangan

Saat mengajukan visa, beberapa negara memerlukan bukti keuangan yang menunjukkan bahwa kamu punya dana yang mencukupi untuk membiayai hidupmu selama berada di negara tersebut. Bukti keuangan ini penting untuk menunjukkan Ballers bisa mengatasi biaya-biaya selama tinggal di negara tujuan tanpa masalah. Selain memiliki dana, kamu juga perlu mempersiapan bukti pembayaran visa dan dokumen keuangan lain berupa slip gaji atau rekening koran.

5. Surat Dukungan

Jika kamu berencana mengunjungi keluarga atau teman di negara tujuan, kamu memerlukan surat dukungan sebagai bentuk jaminan. Surat dukungan ini merupakan bukti bahwa ada orang yang akan mendukung dan membantu kamu selama berada di negara tersebut.

Biasanya, surat ini berisi informasi tentang hubungan keluarga atau persahabatanmu dengan pihak yang memberikan dukungan, alamat tempat tinggal di negara tujuan, dan pernyataan keluarga atau teman kamu yang bersedia membantu jika ada keperluan selama kamu berada di sana. Surat dukungan ini juga dapat berupa surat keterangan kerja atau sponsor yang menunjukkan ada pihak lain selain keluarga yang juga membantu kamu saat berada di negara tersebut.

6. Asuransi Perjalanan

Saat bepergian ke beberapa negara, jangan lupa untuk memiliki asuransi perjalanan. Negara tertentu mengharuskan kamu memiliki asuransi perjalanan. Asuransi ini sangat penting untuk melindungi Ballers dari risiko dan kejadian tak terduga selama berada di luar negeri. Polis asuransi ini bisa mencakup berbagai hal, seperti biaya pengobatan, evakuasi medis darurat, pembatalan perjalanan, kehilangan bagasi, dan lain-lain. 

7. Dokumen Pendukung

Selain persyaratan dasar seperti paspor, formulir aplikasi, bukti keuangan, surat dukungan, dan asuransi perjalanan, pastikan untuk menyediakan dokumen pendukung lainnya yang diminta oleh pihak kedutaan.

Dokumen pendukung ini bisa berbeda-beda tergantung pada jenis visa dan keperluan kunjunganmu. Beberapa contoh dokumen pendukung yang mungkin diminta antara lain adalah tiket pesawat pulang pergi, reservasi hotel atau tempat tinggal selama di negara tujuan, jadwal perjalanan atau itinerary, surat undangan, kartu pelajar atau surat keterangan studi (jika kamu akan belajar), dan dokumen-dokumen lain yang relevan.

Baca Juga : Berikut Daftar Negara Bebas Visa Untuk Pemilik Paspor Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui

Biaya untuk Bikin Visa

Biaya pembuatan visa juga bervariasi tergantung pada jenis visa dan negara yang kamu tuju. Biaya tersebut dapat mencakup biaya aplikasi, biaya pemrosesan, biaya administrasi, dan biaya layanan, jika kamu menggunakan agen perjalanan. 

Jumlah biaya juga bisa berbeda untuk tiap kategori visa, seperti visa kunjungan wisata, visa pelajar, visa kerja, atau visa kunjungan keluarga. Kamu perlu menyiapkan dana sebesar Rp100.000 sebagai biaya minimal untuk pengajuan visa, dan biaya tersebut bisa lebih tinggi tergantung pada jenis visa yang kamu ajukan. 

Untuk visa kunjungan wisata, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp500.000. Pembayaran biaya visa akan dilakukan saat kamu mengajukan permohonan visa, dan pastikan kamu menyimpan bukti pembayaran atau transfer sebagai salah satu berkas yang akan dilampirkan dalam pengajuan visa. Biaya visa hanya perlu dibayar satu kali saja, sehingga kamu tidak perlu membayar lagi selama proses pengajuan berlangsung.

5 Cara Membuat Visa Bagi Pemula

Bagi pemula, cara bikin visa ini mungkin terlihat rumit, tetapi dengan panduan yang tepat, Ballers dapat mengatasinya dengan mudah. Kalau begitu, mari perhatikan langkah-langkah praktis dalam membuat visa berikut ini. 

1. Mendaftarkan Diri Melalui Visa Center

Kamu perlu mendaftarkan diri melalui Visa Center sebagai langkah pertama untuk mengajukan formulir permohonan atau aplikasi visa. Biasanya, kedutaan atau konsulat negara yang ingin kamu kunjungi memiliki pusat visa atau situs web resmi yang memberikan panduan lengkap mengenai proses aplikasi. Kamu bisa mengunjungi situs tersebut dan mempelajari informasi terkait persyaratan dan prosedur aplikasi.

Untuk beberapa negara, kamu mungkin perlu mengisi formulir aplikasi visa secara online dan membuat janji temu untuk mengajukan aplikasi di pusat visa terdekat. Pastikan kamu sudah menyiapkan semua dokumen yang diperlukan dan memenuhi persyaratan visa yang berlaku sebelum tahap ini.

2. Penyerahan Berkas Persyaratan

Setelah kamu mengisi formulir aplikasi dan mengumpulkan semua dokumen yang diperlukan, kunjungi pusat visa sesuai dengan janji temu yang sudah kamu buat sebelumnya. Sampaikan berkas aplikasi kamu dan pastikan semuanya lengkap serta sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.

3. Proses Verifikasi Data

Setelah berkas aplikasi kamu diserahkan, petugas visa akan melakukan verifikasi terhadap semua informasi yang kamu berikan. Pada tahap ini, petugas mungkin juga akan melakukan pemeriksaan latar belakang untuk memastikan bahwa kamu memenuhi syarat untuk mendapatkan visa.

Baca Juga : Apa itu Visa? Pengertian, Fungsi dan Perbedaannya dengan Paspor

4. Proses Wawancara 

Beberapa negara mungkin mengharuskan kamu untuk menghadiri wawancara visa. Jika demikian, persiapkan diri dengan baik agar bisa menjawab pertanyaan dengan jujur dan sopan. Pastikan kamu mengerti tujuan perjalananmu dan bisa menjelaskan niat kamu selama berada di negara yang dituju.

5. Pengambilan Visa

Setelah proses verifikasi dan wawancara selesai, kamu akan diberitahu mengenai hasil aplikasi kamu. Jika visa kamu disetujui, kamu bisa mengambilnya di pusat visa atau konsulat yang relevan. Jangan lupa untuk memeriksa tanggal berlaku visa dan jenis visa yang kamu terima.

Perlu Ballers ingat, cara bikin visa ini memerlukan waktu, jadi pastikan kamu mengajukan aplikasi jauh sebelum rencana perjalananmu. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah di atas, agar kamu bisa membuat visa dengan mudah dan lancar, bahkan jika kamu pemula dalam hal ini. 

Saat berkunjung ke luar negeri, persiapan yang matang menjadi kunci. Jadi, tidak hanya visa yang perlu kamu persiapkan, tetapi juga keperluan lain seperti paspor, itinerary, hingga koper yang akan kamu gunakan.

Banner Produk Koper Bagasi Aluminium

Nah, kamu bisa coba pakai koper Check-In aluminium 28 Inch dari Baller yang terbuat dari bahan aluminium yang kuat. Koper ini bisa menemani kamu selama kurang lebih 7 hari di luar negeri. Koper ini dibekali dengan kunci kombinasi ganda TSA dengan standar internasional, sehingga lebih aman. 

Tidak hanya itu, koper ini juga dibekali dengan 4 roda ganda yang berputar 360 derajat. Fitur ini memberikan kemudahan kepada Ballers saat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Terutama saat kamu baru keluar dari bandara. 

Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Baller sekarang juga untuk mendapatkan koper dengan bahan aluminium yang kuat tersebut.