Ketahui Jenis-jenis Visa dan Masa Berlakunya

jenis jenis visa

Ballers, apakah kamu sering melakukan perjalanan ke luar negeri? Jika iya, maka kamu memerlukan visa. Apalagi kamu mengunjungi negara di luar kawasan Asia Tenggara. Terdapat beberapa jenis-jenis visa yang penting untuk kamu ketahui agar kamu bisa mengajukan visa sesuai dengan keperluanmu. 

Visa adalah dokumen resmi yang diberikan pemerintah suatu negara kepada warga negara asing sebagai izin untuk masuk dan tinggal sementara di negara tersebut. Jadi, jika kamu berencana untuk bepergian ke luar negeri, penting untuk mengetahui berbagai jenis visa tersebut. Yuk langsung simak saja penjelasannya di bawah ini. 

Apa Itu Visa?

Visa adalah izin resmi yang diberikan oleh pemerintah suatu negara kepada warga negara asing untuk masuk dan tinggal sementara di negara tersebut. Visa menunjukkan status hukum seseorang di negara tujuan. Jadi, jika kamu ingin mengunjungi, bekerja, belajar, atau tinggal di negara lain, visa menjadi dokumen penting yang harus kamu peroleh sebelum berangkat.

Biasanya, visa ditempatkan pada paspor dan berisi informasi seperti nama pemegang visa, negara penerbit visa, tanggal berlaku, dan jenis visa yang diberikan. Setiap negara memiliki peraturan dan persyaratan yang berbeda untuk mendapatkan visa, jadi penting untuk memeriksa persyaratan visa negara yang ingin kamu kunjungi sebelumnya.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Paspor dan Fungsinya

Jenis-Jenis Visa dan Masa Berlakunya

Ketika Ballers merencanakan perjalanan ke luar negeri, penting bagi kamu memahami berbagai jenis visa yang tersedia sesuai dengan keperluan. Bila kamu mengetahui jenis-jenis visa yang ada, maka kamu dapat memilih dan mengajukan visa yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan. Yuk,  simak penjelasan mengenai jenis-jenis visa dan masa berlakunya berikut ini. 

1. Visa Kunjungan Wisata/Visa Turis

Visa ini adalah jenis visa untuk seseorang yang ingin melakukan perjalanan wisata ke luar negeri. Masa berlaku dan persyaratan pengajuan visa ini berbeda-beda tergantung negara tujuan. Melalui visa ini, kamu akan diizinkan masuk ke negara tujuan sebagai turis. Namun, perlu diingat bahwa visa ini sebaiknya diajukan jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan, karena banyaknya permohonan visa jenis ini dari masyarakat Indonesia.

2. Visa Kunjungan Keluarga

Visa kunjungan keluarga adalah jenis visa yang diberikan kepada seseorang yang ingin mengunjungi anggota keluarganya di negara lain. Visa ini umumnya berlaku selama 90 hari atau 3 bulan. 

Seperti visa kunjungan wisata, sebaiknya kamu mengajukan visa ini jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Pastikan untuk melampirkan surat undangan dari keluarga di negara tujuan dan surat pernyataan bahwa kamu akan ditanggung oleh keluarga di negara tersebut.

3. Visa Transit

Visa transit diberikan kepada seseorang yang melakukan transit di negara tertentu sebelum melanjutkan perjalanan ke negara tujuan akhir. Terdapat dua jenis visa transit, yaitu Airport Transit Visa yang membatasi pemegang visa untuk tinggal di area bandara saja, dan Visa Transit yang memungkinkan pemegang visa untuk keluar dari bandara dan menikmati waktu transit selama maksimal 5 hari di negara tersebut.

Baca Juga : 5 Jenis-Jenis Paspor yang Perlu Kamu Ketahui

4. Visa on Arrival (Visa Kunjungan saat Kedatangan)

Visa on Arrival yaitu jenis visa yang dapat diperoleh saat tiba di negara tujuan. Visa ini bisa diperoleh di bandara atau pelabuhan tempat kedatangan. Namun, perlu Ballers ingat, jenis visa ini hanya berlaku di beberapa negara tertentu. Visa ini bisa kamu dapatkan apabila kedua negara memiliki hubungan baik atau menjalin kerja sama, sehingga proses pembuatan visa ini akan dimudahkan. Contohnya seperti Visa on Arrival di Malaysia selama 30 hari. Untuk pengurusan visa kunjungan dapat bervariasi, visa kunjungan satu kali perjalanan paling lama 60 hari dikenai tarif Rp 2 juta per orang dan visa kunjungan beberapa kali perjalanan dengan hitungan per tahun dikenai biaya 3 juta per orangnya.

5. Visa Kerja

Visa kerja diperuntukkan bagi Ballers yang akan bekerja di negara lain. Visa ini memungkinkan pemegang visa untuk tinggal dan bekerja di negara tujuan dalam jangka waktu tertentu. Visa kerja terbagi menjadi beberapa jenis, seperti visa kerja sementara, semi-permanen, atau permanen. Visa ini hanya bisa diperpanjang di negara asal dengan mengajukan pembuatan visa kembali.

6. Visa Kunjungan Bisnis

Visa kunjungan bisnis bisa Ballers peroleh saat akan melakukan perjalanan bisnis ke negara lain, seperti menghadiri pertemuan bisnis, seminar, hingga mengunjungi kantor pusat atau cabang perusahaan di negara lain. Masa berlaku visa bisnis ini tergantung dari berapa lama Ballers akan melakukan kunjungan tersebut, sehingga dapat disesuaikan. 

7. Visa Bisnis

Visa bisnis berbeda dengan visa kunjungan bisnis. Visa kunjungan bisnis diperuntukkan bagi pebisnis yang melakukan perjalanan singkat ke luar negeri, sedangkan visa bisnis diperuntukkan bagi pebisnis yang akan tinggal dalam jangka waktu yang lebih lama di negara tujuan.

Untuk visa ini cocok bagi pebisnis yang ingin membuka bisnis di negara lain dan membutuhkan waktu tinggal yang lama untuk mengurus pendirian perusahaan. Visa bisnis bisa diperpanjang bila Ballers ingin tinggal secara permanen di negara tersebut.

Baca Juga : Cara Bikin Paspor Online Buat Pemula, Berikut Persyaratannya!

8. Visa Diplomatik

Visa diplomatik diperuntukkan bagi diplomat atau pejabat yang melakukan perjalanan bisnis diplomatik ke negara lain. Visa ini memberikan akses kepada pejabat diplomatik untuk tinggal dan bekerja di negara yang dikunjungi. Visa diplomatik biasanya diberikan berdasarkan kesepakatan bilateral antara negara pengirim dan negara penerima.

9. Visa Khusus Pegawai Internasional

Jenis-jenis visa lainnya ada visa khusus untuk pegawai internasional. Visa ini diberikan kepada pegawai yang bekerja dalam organisasi internasional seperti PBB atau organisasi non-pemerintah internasional lainnya. Apabila Ballers memiliki visa ini, maka kamu bisa tinggal dan bekerja di negara tujuan selama masa tugas. 

10. Visa Belajar

Visa belajar diberikan bagi siswa atau mahasiswa yang akan menempuh pendidikan di luar negeri. Pembuatan visa ini relatif mudah jika kamu sudah memiliki surat izin belajar dari institusi pendidikan yang dituju. Visa ini berlaku selama masa pendidikan termasuk masa liburan sekolah.

11. Visa Pertukaran Pelajar

Selain visa belajar, ada juga visa pertukaran pelajar yang diberikan kepada siswa atau mahasiswa yang akan mengikuti program pertukaran pelajar. Pembuatan visa ini biasanya dibantu oleh lembaga yang mengadakan program pertukaran pelajar. Masa berlakunya sendiri disesuaikan dengan masa pertukaran tersebut. 

12. Visa Tinggal Terbatas (VITAS)

Jenis visa ini diperuntukan kepada WNA yang ingin tinggal di Indonesia. Visa ini diperuntukan kepada tenaga ahli, peneliti, rohaniawan, pekerja, pelajar, investor, dan WNA yang secara sah menikah dengan WNI. Masa berlaku VITAS ini paling lama dua tahun pada saat tiba di Indonesia. Dan pengajuannya paling lambat 30 hari saat tanda terima masuk Imigrasi telah diberikan.

13. Visa Dinas

Visa dinas merupakan jenis visa yang diberikan kepada orang asing, pemegang paspor dinas dan paspor lain, termasuk keluarga yang ingin melakukan perjalanan ke wilayah indonesia dalam rangka melaksanakan tugas resmi yang tidak bersifat diplomatik.

14. Exit Visa

Exit visa diperlukan bagi warga negara asing yang ingin meninggalkan negara tertentu. Beberapa negara mensyaratkan warga negara asing untuk mendapatkan exit visa sebelum meninggalkan negara tersebut. 

Biasanya exit visa dikeluarkan oleh otoritas imigrasi dan menunjukkan bahwa pemegang visa telah menyelesaikan semua kewajiban, serta tidak memiliki utang atau masalah hukum yang belum terselesaikan sebelum meninggalkan negara tersebut.

Ballers yang ingin bepergian ke luar negeri untuk berbagai keperluan, sangat penting memahami jenis-jenis visa tersebut. Setiap negara memiliki aturan dan persyaratan yang berbeda terkait visa, jadi pastikan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai negara yang ingin kamu kunjungi. 

Jika kamu berencana untuk melakukan perjalanan internasional, pastikan untuk memperoleh visa yang sesuai dengan tujuan dan keperluanmu. Tidak kalah penting juga untuk mempersiapkan diri dengan matang sebelum melakukan perjalanan. Mulai dari menyiapkan visa, mental, hingga barang-barang yang kamu hendak kamu bawa.

 

Banner Produk Koper Kabin Aluminium

 

Bila kamu akan melakukan perjalanan wisata, kunjungan bisnis, atau kunjungan keluarga selama kurang lebih 2-4 hari, kamu bisa menggunakan koper Carry-On Aluminium 20 Inch dari Baller. Bahan koper ini terbuat dari aluminium yang kuat, tanpa resleting, dan dilengkapi dengan kunci ganda TSA berstandar internasional.

Beban maksimal koper ini adalah 15 kilogram dengan tambahan tas laundry anti air. Koper ini dibekali juga dengan 4 roda ganda yang bisa berputar hingga 360 derajat, sehingga memberikan kemudahan kepada Ballers saat membawa koper ini, terutama ketika keluar dari bandara.

Kalau begitu, tunggu apalagi? Kunjungi Baller sekarang juga untuk mendapatkan koper 20 inch tersebut. Perjalanan kamu pun akan terasa lebih aman, nyaman, dan menyenangkan.