4 Jenis-Jenis Paspor yang Perlu Kamu Ketahui

4 Jenis-Jenis Paspor yang Perlu Kamu Ketahui

Paspor adalah salah satu dokumen penting yang harus dimiliki bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Namun, tidak semua paspor memiliki jenis yang sama, tergantung pada tujuan dan kepentingan perjalanan yang akan dilakukan. 

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui jenis-jenis paspor ini agar kamu bisa memilih jenis paspor yang sesuai dengan kepentingan perjalananmu. Dalam artikel ini, akan dijelaskan tentang jenis-jenis paspor yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri. Pastikan Ballers membaca artikel ini hingga akhir.

Sekilas Tentang Paspor

Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang suatu negara kepada warganya yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Dokumen ini berisi informasi tentang identitas pemilik paspor, seperti nama lengkap, tanggal lahir, dan tempat tinggal, serta informasi tentang negara yang memperbolehkan pemilik paspor untuk masuk ke wilayahnya. 

Fungsi dari paspor secara umum adalah sebagai bukti identitas dan izin masuk ke negara yang dikunjungi. Paspor dapat diperoleh dengan mengajukan permohonan ke kantor imigrasi atau ke kantor perwakilan negara yang bersangkutan.

Proses pembuatan paspor meliputi pengajuan permohonan paspor, verifikasi data, dan pembuatan dokumen. Biasanya, setiap pemohon paspor akan dimintai dokumen pendukung seperti KTP, kartu keluarga, dan akta kelahiran dalam bentuk fotokopi. 

Setelah dokumen diperiksa, petugas akan mengarahkan kamu untuk melakukan foto. Kemudian, foto akan dicetak dan diberikan pada informasi pemohon pada halaman pertama di dalam paspor. 

Lalu, apakah paspor dengan visa berbeda? Bukankah keduanya adalah dokumen penting yang dibutuhkan saat berkunjung ke luar negeri? Memang pada dasarnya paspor dan visa adalah dua dokumen yang dibutuhkan saat kamu memutuskan untuk bepergian ke luar negeri, namun keduanya adalah dokumen yang berbeda. 

Secara sederhana, paspor adalah dokumen identitas resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah, sedangkan visa adalah izin khusus yang diberikan oleh negara tujuan untuk memasuki wilayah negara tersebut. Penggunaan paspor juga diperuntukkan bagi seluruh pekerjaan luar negeri, namun visa hanya dibutuhkan pada beberapa negara yang menerapkan penggunaan dokumen ini. 

Baca juga: Cara Bikin Paspor Online Buat Pemula, Berikut Persyaratannya!

Jenis-jenis Paspor sesuai Tujuan Peruntukannya

Ada beberapa jenis paspor yang biasanya dikeluarkan oleh pemerintah, tergantung pada tujuan dan kepentingan perjalanan yang akan dilakukan. Berikut ini adalah jenis-jenis paspor Indonesia yang perlu kamu ketahui:

1. Paspor Biasa

Paspor biasa adalah jenis paspor yang paling umum digunakan oleh seluruh warga negara indonesia dan biasanya diperlukan untuk melakukan perjalanan antar negara dengan segala tujuan seperti bisnis, studi, liburan, atau kunjungan keluarga. Paspor ini diterbitkan oleh kantor imigrasi negara yang bersangkutan dan berlaku selama beberapa tahun tergantung pada kebijakan negara tersebut.

Di Indonesia sendiri, paspor memiliki jangka waktu penggunaan selama 10 tahun. Pemilik paspor biasa dapat melakukan perjalanan ke negara mana pun selama negara tersebut memperbolehkan warga negara asing untuk masuk ke wilayahnya. Paspor ini diberi sampul berawarna hijau, tersedia dalam 48 halaman dengan 2 tipe yaitu paspor biasa dan paspor elektronik yang telah dikeluarkan oleh departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia.

2. Paspor Dinas

Paspor dinas adalah jenis paspor yang diberikan kepada pegawai negeri atau pejabat negara yang melakukan perjalanan ke luar negeri untuk kepentingan dinas atau tugas resmi. Fungsi dari paspor dinas adalah sebagai bukti identitas dan izin masuk ke negara yang dikunjungi untuk kepentingan dinas atau tugas resmi. 

Pemilik paspor dinas berwarna biru ini dapat melakukan perjalanan ke negara mana pun tanpa harus memperhatikan persyaratan visa atau izin masuk yang diberlakukan oleh negara yang dikunjungi, karena paspor dinas sudah menjadi izin masuk resmi dari pemerintah.

Baca juga: 8 Persyaratan ke Luar Negeri di Tahun 2023 yang Wajib Kamu Ketahui

3. Paspor Diplomatik

Paspor diplomatik adalah jenis paspor yang diberikan kepada pejabat diplomatik atau konsuler dari suatu negara yang bertugas di luar negeri. Paspor diplomatik adalah sebagai bukti identitas dan izin masuk ke negara yang dikunjungi untuk kepentingan tugas resmi sebagai pejabat diplomatik atau konsuler. Paspor diplomatik ini berwarna hitam dan dikeluarkan oleh departemen luar negeri pemerintah Republik Indonesia

Tak jauh berbeda dengan paspor dinas, pemegang paspor diplomatik juga dapat digunakan melakukan perjalanan ke negara mana pun tanpa harus memperhatikan persyaratan visa atau izin masuk yang diberlakukan oleh negara yang dikunjungi, karena paspor diplomatik memang diperuntukkan bagi para pejabat negara yang ditugaskan di negara tertentu.

4. Paspor Untuk Kepentingan Kemanusiaan

Paspor untuk Kepentingan Kemanusiaan adalah dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah kepada individu yang membutuhkan bantuan darurat di luar negeri. Paspor ini bertujuan untuk memfasilitasi perjalanan mereka agar dapat memberikan bantuan kemanusiaan yang diperlukan. 

Melalui kepemilikan paspor jenis ini, seseorang dapat melewati batas negara dengan lebih mudah dan cepat, tanpa harus melalui proses yang panjang dan rumit seperti biasanya. Dokumen ini memberikan pengakuan dan perlindungan internasional kepada para relawan dan pekerja kemanusiaan yang sedang berjuang untuk membantu orang-orang yang terkena dampak bencana atau konflik.

Jika Ballers sebelumnya sudah pernah memiliki paspor namun habis masa berlaku, kamu perlu melakukan perpanjangan. Hal ini perlu dilakukan agar paspor tetap valid dan dapat digunakan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, masa berlaku paspor yang dapat diperpanjang biasanya 10 tahun.

Proses perpanjangan paspor biasanya dilakukan dengan mengajukan permohonan perpanjangan ke imigrasi. Persyaratan dan prosedur perpanjangan paspor hampir sama dengan pembuatan baru. Hanya saja, Ballers perlu menambahkan dokumen berupa fotokopi paspor halaman pertama.

Penting untuk diingat bahwa proses perpanjangan paspor bisa memakan waktu yang cukup lama, terutama jika terdapat kesalahan pada dokumen atau informasi yang disertakan. Oleh karena itu, disarankan untuk mengajukan permohonan perpanjangan paspor jauh-jauh hari sebelum masa berlaku paspor habis, agar kamu tidak terkendala dalam melakukan perjalanan ke luar negeri.

Jadi, itulah beberapa informasi tentang jenis-jenis paspor yang sebaiknya Ballers ketahui. Perlu diingat bahwa paspor adalah bagian penting dan utama yang harus kamu persiapkan sebelum bepergian ke luar negeri. Selain itu, jangan lupa persiapkan segala perlengkapan perjalanan agar lebih nyaman dan aman, salah satunya adalah koper. 

Untuk memastikan bahwa barang yang kamu bawa tetap terjaga dan tidak ada kerusakan koper saat pemeriksaan bagasi, Ballers perlu koper aluminium yang kuat dan memiliki kapasitas yang besar. Sebab itu, pilih Baller untuk memenuhi kebutuhan koper kokoh berkualitas selama traveling

Banner untuk Produk Koper Bundle Aluminium

Selain kuat, Koper Alumunium Baller yang tersedia mulai dari 18 inci hingga 28 inci juga memiliki kelengkapan lainnya seperti USB port yang bisa kamu gunakan untuk mengisi daya baterai saat bepergian. Untuk memastikan kualitasnya selalu terjaga dan tetap maksimal saat kamu terima, Baller menyediakan garansi 5 tahun. 

Siap memulai perjalanan dengan aman dan menyenangkan? Pilih Baller dan dapatkan produknya sekarang juga.