Berikut Cara Membuat Visa dengan Mudah dan Cepat

cara membuat visa

Akan berlibur ke luar negeri namun membutuhkan visa? Tenang saja, Baller akan membantu kamu. Beberapa negara pada dasarnya menerapkan penggunaan visa pada turis yang akan berkunjung. Itu sebabnya, sebelum membuatnya, kamu perlu mengetahui cara membuat visa terlebih dahulu.

Visa adalah sebuah tanda atau izin resmi yang diberikan oleh pihak berwenang dari suatu negara kepada warga negara asing untuk masuk dan tinggal dalam wilayah negara tersebut untuk jangka waktu tertentu. Dalam artikel ini, Baller akan membahas dengan lengkap dan terperinci tentang cara membuat visa dan syarat-syaratnya. Simak informasi selengkapnya di bawah ini. 

Syarat-syarat Pembuatan Visa

Hal pertama yang perlu Ballers persiapkan sebelum perjalanan internasional di beberapa negara adalah mempersiapkan visa. Kamu perlu memahami syarat-syarat yang diperlukan untuk mendapatkan visa agar lebih mudah dan prosesnya lebih cepat. Pada dasarnya, setiap negara memiliki peraturan yang berbeda, tetapi ada beberapa persyaratan umum yang seringkali dibutuhkan:

  • Paspor yang Berlaku: Pastikan paspor kamu masih berlaku minimal enam bulan setelah tanggal perkiraan kepulangan dari negara tujuan.
  • Formulir Aplikasi: Isi formulir aplikasi visa dengan lengkap dan akurat sesuai dengan petunjuk yang diberikan.
  • Dokumen Pendukung: Siapkan dokumen-dokumen seperti bukti perjalanan pulang-pergi, bukti akomodasi, dan bukti keuangan atau slip gaji yang menunjukkan kemampuan finansial kamu selama berada di negara tersebut.
  • Pasfoto sesuai yang ditentukan: Sediakan pasfoto terbaru sesuai dengan ukuran dan aturan yang ditentukan.
  • Surat keterangan sehat: Beberapa negara mensyaratkan adanya surat keterangan bahwa kamu dalam kondisi sehat terutama pada aplikasi visa liburan.

Baca Juga : Ketahui Jenis-jenis Visa dan Masa Berlakunya

Biaya Pembuatan Visa

Saat merencanakan perjalanan internasional, salah satu aspek penting yang harus dipertimbangkan adalah biaya pembuatan visa. Setiap negara memiliki ketentuan biaya yang berbeda-beda, tergantung jenis visa dan tujuan perjalananmu. Biaya ini mencakup berbagai hal, mulai dari pengolahan aplikasi hingga penerbitan visa akhir. 

Kamu perlu mengalokasikan minimal Rp100 ribu sebagai dana awal, namun biaya ini juga dapat lebih tinggi tergantung pada jenis dan tujuan visa yang kamu pilih. Sebagai contoh, bagi tujuan kunjungan wisata, kamu perlu menghadapkan biaya pengajuan visa sebesar Rp500 ribu.

Pembayaran biaya visa akan dilakukan pada tahap awal saat kamu mengajukan aplikasi. Penting untuk menjaga bukti pembayaran atau bukti transfer sebagai bukti yang akan dilampirkan saat mengajukan aplikasi visa. Perlu diingat bahwa proses pembayaran hanya diperlukan satu kali dan tidak akan ada biaya tambahan yang diminta selama proses pengajuan visa sedang berlangsung. Jadi, waspada jika Ballers diminta melakukan pembayaran lain di luar dari aturan resmi.

Baca Juga : Apa itu Visa? Pengertian, Fungsi dan Perbedaannya dengan Paspor

Cara Membuat Visa

Mendapatkan visa untuk perjalanan internasional memerlukan langkah-langkah tertentu yang perlu diikuti dengan cermat. Dalam panduan ini, Baller akan menjelaskan secara rinci setiap tahapan dalam proses aplikasi visa:

1. Daftar melalui Visa Center

Langkah pertama adalah mendaftarkan diri kamu melalui Visa Center yang berkaitan atau menggunakan sistem aplikasi online yang disediakan oleh kedutaan atau konsulat negara tujuan. Pastikan untuk mengisi formulir aplikasi dengan benar dan lengkap sesuai petunjuk yang diberikan. Data yang akurat akan membantu memperlancar proses selanjutnya.

2. Menyerahkan Dokumen Persyaratan

Setelah mendaftar, kamu perlu menyiapkan dan menyerahkan dokumen-dokumen persyaratan yang diperlukan. Dokumen ini meliputi paspor yang masih berlaku, formulir aplikasi yang telah diisi, foto paspor, serta bukti perjalanan pulang-pergi dan akomodasi. Pastikan untuk menyertakan semua dokumen yang diminta sesuai persyaratan negara tujuan.

3. Verifikasi Data

Tahap ini melibatkan verifikasi data yang telah disampaikan dalam aplikasi. Pihak yang berwenang atau konsulat akan melakukan pengecekan terhadap seluruh informasi yang kamu berikan. Oleh karena itu, pastikan informasi yang dimasukkan benar dan sesuai dengan dokumen pendukung yang kamu serahkan.

4. Wawancara

Beberapa negara mungkin mengharuskan wawancara sebagai bagian dari proses aplikasi visa. Jika kamu diundang untuk wawancara, persiapkan dirimu dengan baik. Ketahui tujuan perjalananmu dengan jelas, siapkan bukti-bukti yang relevan, dan berikan jawaban yang jujur dan meyakinkan. Wawancara ini bertujuan untuk memastikan kesiapan dan kesesuaian rencana perjalananmu.

5. Visa Selesai dan Dapat Diambil

Setelah melewati tahapan-tahapan sebelumnya dan proses aplikasi selesai, pihak yang berwenang akan menginformasikan status aplikasimu. Jika visa disetujui, kamu akan diberi petunjuk tentang cara mengambilnya. Ikuti instruksi yang diberikan dengan saksama. Visa yang telah selesai dapat diambil sesuai jadwal dan prosedur yang telah ditentukan.

Baca Juga : Berikut Daftar Negara Bebas Visa Untuk Pemilik Paspor Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui

Perlengkapan Liburan yang Perlu Kamu Persiapkan

Sebelum memulai petualangan liburan yang dinanti-nantikan, mengatur dan mempersiapkan perlengkapan dengan cermat adalah langkah krusial untuk memastikan kenyamanan dan kesenanganmu selama perjalanan. Apa pun tujuan liburanmu, berikut adalah daftar rinci mengenai berbagai perlengkapan yang perlu kamu siapkan sebelum berangkat:

1. Dokumen Perjalanan

Dalam setiap petualangan internasional, dokumen perjalanan menjadi inti yang tidak bisa diabaikan. Pastikan kamu membawa dan mengamankan semua dokumen yang diperlukan, seperti paspor dengan masa berlaku yang cukup, visa jika diperlukan, tiket pesawat, serta bukti reservasi akomodasi. Jangan lupa pula untuk menyimpan salinan digital dari dokumen-dokumen tersebut di perangkat elektronik yang aman.

2. Obat-Obatan Pribadi

Setiap orang tentu tidak menginginkan kondisi yang tidak sehat saat berlibur terutama di luar negeri. Namun, tak dapat dimungkiri, bahwa perbedaan kondisi cuaca dan keadaan dapat membuat tubuh lebih mudah sakit. 

Pastikan Ballers membawa obat-obatan pribadi yang biasa dikonsumsi, termasuk obat-obatan resep dan obat bebas yang mungkin kamu butuhkan selama perjalanan. Bawalah juga obat-obatan dasar seperti penahan nyeri, obat demam, dan obat perut.

3. Outfit yang Sesuai dengan Tempat Liburan

Saat merencanakan liburan, penting untuk memilih pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca, aktivitas, dan suasana di destinasi yang akan kamu kunjungi. Pertimbangkan faktor-faktor seperti cuaca dan musim saat kamu tiba di destinasi tujuan. 

Jika negara yang kamu kunjungi sedang pada musim dingin, pastikan Ballers membawa jaket, sweater, dan pakaian hangat lainnya agar tetap nyaman. Di tempat dengan cuaca yang hangat atau negara dengan musim panas, kamu bisa membawa jenis pakaian ringan seperti kaos, celana pendek, dress, topi, dan jenis pakaian yang serupa.

4. Kamera

Merekam momen-momen berharga selama liburan adalah hal yang tidak boleh terlewatkan. Agar hasil dokumentasinya lebih berkualitas dan memiliki resolusi tinggi, Ballers bisa membawa kamera profesional atau smartphone dengan spesifikasi kamera berkualitas tinggi untuk mengabadikan momen-momen indah selama liburan di luar negeri. Bagi kamu yang memilih membawa kamera, jangan lupa juga untuk membawa peralatan tambahan seperti baterai cadangan, kartu memori ekstra, dan tripod untuk foto dengan kualitas lebih baik.

5. Powerbank dan Charger

Ke mana pun kamu pergi, ponsel menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus dipastikan selalu ada daya. Itu sebabnya, pastikan kamu membawa powerbank dan charger yang sesuai dengan smartphone kamu. Tentunya, hal ini akan membantu kamu menjaga daya baterai perangkat, terutama powerbank saat kamu menghabiskan waktu di luar ruangan sepanjang hari.

6. Uang Tunai Sesuai Mata Uang Negara

Walaupun transaksi nontunai semakin umum dan bahkan beberapa bank sudah bisa digunakan di luar negeri, tetapi kamu perlu membawa sejumlah uang tunai dalam mata uang negara tujuan. Hal ini akan mempermudah pembayaran di tempat-tempat yang mungkin tidak menerima kartu kredit atau di daerah-daerah yang sulit dijangkau jaringan ATM. Agar lebih tepercaya, Ballers bisa menukarkan mata uang ke money changer atau bank.

7. Sepatu atau Sandal

Pilihlah jenis alas kaki yang sesuai dengan rencana perjalananmu. Jika terdapat rencana untuk berjalan jauh atau menjelajahi alam, sepatu yang nyaman dan mendukung kaki akan sangat berguna. Sementara itu, sandal atau sepatu ringan cocok untuk situasi santai di pantai atau berjalan-jalan di sekitar kota.

8. Skincare, Make Up, dan Alat Mandi

Perlengkapan kecantikan dan perawatan kulit adalah aspek yang tidak boleh terlupakan. Bawalah skincare dan produk kecantikan yang biasa kamu gunakan. Gunakan kemasan kecil untuk produk cair dan pastikan kamu mematuhi peraturan tentang cairan dalam penerbangan dan tentunya agar tidak memakan terlalu banyak tempat.

9. Tripod

Tripod memberikan stabilitas yang sangat dibutuhkan, terutama dalam kondisi pencahayaan rendah atau saat ingin mengambil gambar dengan detail halus. Hal ini menghindari hasil buram akibat goyangan tangan. Melalui tripod, kamu juga bisa eksplorasi efek-efek kreatif seperti long exposure dan fotografi malam hari. Selain itu, untuk fotografi time lapse atau panorama, tripod menjaga konsistensi sudut pandang dan memastikan kelancaran penyusunan gambar.

10. Koper yang Kuat

Ketika merencanakan liburan, pilihan koper yang kuat dan tahan lama dapat membuat perbedaan besar dalam kenyamanan perjalanan kamu. Koper yang besar dan kuat tidak hanya memberikan ruang yang cukup untuk membawa semua barang-barang yang kamu butuhkan, tetapi juga memberikan perlindungan ekstra terhadap barang-barang berharga.

Memilih koper berkualitas dan kuat adalah investasi jangka panjang yang cerdas. Jadi, bawa koper yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan dilengkapi dengan fitur-fitur tangguh seperti roda yang tahan lama, pegangan yang kuat, dan pengamanan yang baik. Jangan lupa pilih ukuran yang paling sesuai dengan kebutuhan perjalanan kamu dan sesuaikan dengan jangka waktu perjalanan serta jenis pakaian. 

Banner untuk Produk Koper Kabin

Dalam memenuhi kebutuhan Ballers terhadap koper yang kuat untuk perjalanan ke luar negeri, Baller hadir dengan pilihan ukuran mulai dari koper 20 inch hingga 28 inch yang kuat sebab terbuat dari material aluminium. Hadir dengan berbagai warna yang menarik dan stylish,  kamu tidak perlu khawatir koper akan akan terlihat biasa saja dan tidak bisa disesuaikan dengan outfit dan style Ballers. 

Jadi, apakah sekarang Baller sudah memahami bagaimana cara membuat visa? Jika sudah, sekarang kamu sudah siap memulai petualangan baru ke negara impian. Tak ada yang perlu diragukan lagi, lengkapi  kebutuhan koper kuat dan berkualitas dengan Baller sekarang juga!


Artikel Terkait