Ketahui 9 Cara Menjaga Koper pada Saat Traveling

Ketahui 9 Cara Menjaga Koper pada Saat Traveling

Terdapat beberapa cara menjaga koper yang bisa kamu lakukan untuk memastikan barang di dalamnya tetap aman dan tertata rapi. Sudahkah kamu mengetahuinya? Bukan hanya mempersiapkan apa saja yang akan dibawa dan tempat mana yang akan dikunjungi, tetapi kamu juga memastikan bahwa setiap barang bawaan tetap aman hingga akhir perjalanan. 

Terkadang koper seringkali diabaikan ketika berbicara tentang persiapan perjalanan. Inilah mengapa menjaga koper tetap aman dan teratur adalah fondasi yang tak boleh diabaikan, dan itulah yang akan dibahas dalam artikel ini. Langsung saja simak informasi lengkap mengenai cara menjaga koper pada saat traveling di bawah ini.

Cara-cara Menjaga Koper agar Tetap Aman dan Teratur saat Traveling

Kamu tentu tidak bisa memprediksi bagaimana koper diatur di dalam bagasi pesawat. Meski demikian, Ballers masih bisa menjaga koper agar tetap aman dan tidak rusak serta tetap teratur saat traveling. Berikut merupakan beberapa cara menjaga koper yang bisa kamu lakukan:

1. Mengatur Isi Koper sebelum Berangkat

Sebelum memulai petualangan yang seru, langkah pertama yang harus kamu ambil adalah mengatur isi koper dengan cermat. Hal ini adalah fondasi dari perjalanan yang sukses dan nyaman. Mengapa hal ini begitu penting? Koper yang berisi barang-barang yang terorganisir dengan baik tidak hanya membuat perjalanan lebih efisien, tetapi juga mencegah frustasi dan kebingungan di kemudian hari.

Mulailah dengan membuat daftar barang-barang yang ingin kamu bawa. Pisahkan antara barang-barang yang benar-benar penting dan barang-barang yang hanya bersifat opsional. Memiliki daftar ini, kamu dapat secara efektif menghindari membawa barang yang tidak perlu, mengurangi bobot koper, dan memberikan ruang ekstra untuk kenang-kenangan atau belanjaan dari perjalanan.

Setelah selesai membuat daftar, susun barang-barang tersebut di tempat yang luas agar seluruh barang terlihat dan kamu lebih mudah mempertimbangkan prioritas. Barang-barang yang akan sering digunakan selama perjalanan dan barang apa yang belum masuk dalam daftar. Maka demikian, Ballers tidak hanya membuat seluruh barang menjadi lebih mudah diakses, tetapi juga mengurangi kerusakan potensial akibat tekanan berlebihan.

2. Rencanakan dan Pilih Pakaian Secara Cermat

Kamu perlu tahu bahwa merencanakan pakaian dengan bijak adalah kunci untuk menjaga koper tetap tertata dengan baik. Bukan hanya tentang penampilan, tetapi juga tentang efisiensi dan kenyamanan selama perjalanan. Setiap potongan pakaian yang kamu bawa harus memiliki sesuai dengan destinasi serta agenda perjalananmu.

Sebelum memilih outfit yang digunakan selama liburan, pertimbangkan juga bagaimana musim atau cuaca di negara tujuan. Hal ini akan membantu Ballers menghindari membawa pakaian yang tidak sesuai dengan kondisi cuaca yang sebenarnya. Selanjutnya, agar lebih praktis, bawa pakaian yang dapat digunakan dalam berbagai kombinasi, sehingga kamu tidak perlu membawa terlalu banyak pakaian.

Untuk memilih pakaian yang nyaman, tak ada salahnya Ballers mempertimbangkan jenis kegiatan yang akan dilakukan selama perjalanan. Jika ada acara formal, bawa setidaknya satu set pakaian formal. 

Tetapi, jangan lupa juga untuk membawa pakaian yang nyaman dan kasual untuk kegiatan santai. Melalui perencanaan pakaian yang lebih rapi, kamu tidak hanya mengurangi beban koper, tetapi juga memastikan bahwa kamu siap untuk setiap kesempatan selama perjalanan.

Baca Juga : 7 Tips Memilih Koper untuk Traveling, Pahami Sebelum Membeli!

3. Gunakan Metode Packing yang Efisien

Packing yang efisien dan tepat membantu kamu untuk mengoptimalkan ruang yang ada di dalam koper dan menjaga semua barang tetap teratur. Ada beberapa metode packing yang bisa kamu pertimbangkan, seperti rolling dan bundling.

Rolling adalah metode yang melibatkan melipat pakaian menjadi bentuk silinder dan menumpuknya di dalam koper, atau simpelnya adalah menggulung pakaian. Metode ini efektif untuk pakaian yang lebih tebal seperti jeans dan kaus dan membuat ketersediaan ruang koper yang lebih banyak. 

Sementara itu, bundling melibatkan melipat beberapa pakaian bersama-sama menjadi satu bundel besar. Dibanding rolling, bundling membantu mencegah kerutan dan kamu bisa memanfaatkan setiap sudut koper. 

Selain itu, gunakan tas kecil atau pouch untuk menyimpan seluruh barang-barang kecil seperti kaus kaki, aksesori, atau alat mandi. Tidak hanya membantu menjaga barang tetap teratur, tetapi juga memudahkan kamu dalam mencari barang ketika diperlukan. Ingatlah untuk tetap rapi dan teratur saat mengemas, sehingga saat tiba di tujuan, Ballers tidak perlu repot-repot merapikan kembali isi koper.

4. Mengamankan Barang Berharga dan Penting

Ketika Ballers berada dalam perjalanan luar negeri, barang-barang berharga dan penting seperti paspor, tiket, uang tunai, dan peralatan elektronik harus ditempatkan dalam kompartemen yang aman dan mudah dijangkau di dalam koper atau gunakan tas kecil. Sebagai tindakan pencegahan, pertimbangkan untuk memiliki tas tambahan yang dapat kamu gunakan sebagai tas pinggang atau tas selempang untuk menyimpan barang-barang berharga ini. 

Baca Juga : Jenis-jenis Koper yang Sering Dipakai para Travellers

5. Menggunakan Fitur TSA Lock pada Koper

Keamanan koper adalah salah satu aspek penting dalam perjalanan. Untuk menghindari risiko kehilangan, menggunakan koper dengan fitur TSA Lock adalah solusi yang tepat. TSA Lock adalah jenis kunci khusus yang memungkinkan petugas keamanan bandara untuk membuka koper dengan alat khusus jika diperlukan, tanpa merusak kunci atau koper.

Mengapa fitur ini penting? Terkadang, petugas keamanan perlu memeriksa isi koper lebih teliti untuk alasan keamanan. Nah, penggunaan TSA Lock ini yang membantu menghindarkan risiko kunci koper dirusak atau koper terbuka dengan kasar. Bukan hanya melindungi barang-barang saat pengecekan, tetapi teknologi ini juga ditambahkan untuk memastikan koper terkunci dengan aman selama perjalanan.

6. Perhatikan Berat dan Batasan Bagasi

Selama perjalanan udara, hampir setiap maskapai memiliki batasan berat bagasi yang harus dipatuhi. Kelebihan berat bagasi biasanya membutuhkan biaya tambahan yang besarannya berbeda di setiap maskapai. Oleh karena itu, kamu perlu memeriksa batasan berat yang diberlakukan oleh maskapai penerbanganmu sebelum berangkat.

Jika kamu berencana untuk berbelanja atau membawa oleh-oleh, hindari membawa baju terlalu banyak dan berikan cukup ruang dan berat koper untuk barang-barang tambahan ini. Jika perlu, kamu bisa menimbang koper sebelum berangkat untuk memastikan bahwa beratnya masih dalam batas yang diizinkan.

7. Hindari Barang yang Mudah Pecah di Bagian Atas Koper

Saat mengemas koper, posisi dan penempatan barang sangat penting. Barang-barang yang mudah pecah atau rapuh sebaiknya ditempatkan di bagian tengah atau bawah koper, di antara lapisan pakaian atau bahan yang lebih empuk. 

Hal ini akan membantu melindungi barang-barang tersebut dari tekanan atau benturan yang dapat terjadi selama proses handling di bandara atau saat koper dimasukkan ke dalam ruang bagasi. Ingatlah bahwa pencegahan adalah kunci untuk menjaga barang-barang berharga atau mudah pecah tetap aman selama perjalanan.

8. Gunakan Penutup Koper atau Sarung Pelindung

Selama perjalanan, koper kamu mungkin akan mengalami berbagai kondisi dan lingkungan yang berbeda. Agar koper tetap bersih dan terlindungi dari goresan atau tumpahan cairan, pertimbangkan untuk menggunakan penutup koper atau sarung pelindung. Lapisan tambahan ini juga bisa membantu melindungi koper dari kerusakan saat koper harus dimasukkan ke dalam bagasi pesawat. Selain itu, penutup koper juga bisa membedakan koper kamu dengan koper lain yang serupa.

Baca Juga : Inilah Ukuran Koper Kabin Pesawat sesuai Standar Internasional

9. Pisahkan Pakaian Kotor

Sebelum mulai packing ulang koper, jangan lupa untuk pisahkan terlebih dahulu pakaian kotor dengan barang belanjaan kamu. Pakaian kotor mungkin telah terkena keringat atau kotoran selama perjalanan, dan kamu tentu tidak ingin hal ini berbaur dengan pakaian bersih di dalam koper.

Sebagai solusi, siapkan beberapa kantong plastik atau kantong khusus untuk menyimpan pakaian kotor. Hal ini akan membantu menjaga kebersihan dan kehigienisan isi koper, atau bila memungkinkan dan tersedia layanan laundry, kamu bisa mencuci pakaian kotor. Melalui cara ini, kamu bisa memastikan bahwa semua pakaian tetap bersih. 

Dalam ber-travelling, menjaga koper bukan sekadar tugas rutin sebelum berangkat, tetapi merupakan investasi bagi kenyamanan dan keamanan traveling. Mengikuti cara menjaga koper di atas akan memberikan pengalaman yang lebih aman saat kamu traveling

Jika kamu tertarik mendapatkan koper terbaik untuk menemani setiap perjalanan traveling baik di dalam maupun di luar negeri, koper dari Baller bisa jadi solusi yang tepat. Baller menyediakan koper aluminium dan polycarbonate dengan berbagai pilihan ukuran, mulai dari koper 18 inch, koper Carry-On hybrid, hingga koper besar untuk bagasi. 

Untuk pilihan koper yang ingin digunakan, Ballers bisa menyesuaikan dengan keinginan. Jika membutuhkan koper dengan bobot yang lebih ringan, gunakan polycarbonate. Namun, apabila membutuhkan koper hardcase yang kuat, koper aluminium adalah pilihan yang pas. Tenang saja, seluruh koper Baller telah dilengkapi dengan sistem kunci TSA berstandar internasional dan roda yang memudahkan mobilitas kamu. 

Jadi, tidak ada yang perlu diragukan lagi, kunjungi Baller segera dan nikmati traveling yang tak terlupakan sekarang juga!