Panduan Memilih Koper Standar Internasional untuk Perjalanan ke Luar Negeri

koper standar internasional

Saat Ballers akan melakukan perjalanan ke luar negeri, salah satu hal penting yang wajib diperhatikan adalah memilih koper standar internasional. Koper tidak sekadar sebagai wadah penyimpanan, melainkan juga jadi sahabat setia selama perjalanan berlangsung. 

Oleh sebab itu, penting bagi Ballers untuk paham betul tips memilih koper yang cocok untuk perjalanan internasional. Jika kamu baru pertama kali pergi ke luar negeri, di bawah ini akan dijelaskan panduan dalam memilih koper standar internasional yang sesuai dengan kebutuhan. Yuk langsung simak saja di bawah ini. 

Apa itu Koper Standar Internasional?

Koper standar internasional adalah jenis koper yang didesain mengikuti pedoman serta dimensi yang ditetapkan oleh sebagian besar maskapai penerbangan. Pada umumnya, koper dengan ukuran 18 hingga 20 inci bisa kamu simpan di dalam bagasi kabin, dengan mematuhi batasan berat yang telah ditetapkan oleh maskapai penerbangan. 

Namun, jika koper kamu lebih besar dan tidak memenuhi persyaratan ukuran kabin, kamu masih bisa memilih untuk mendaftarkannya sebagai bagasi pesawat. Bagasi yang ditempatkan di bagasi pesawat akan dikelola oleh pihak maskapai dan diambil kembali oleh penumpang saat tiba di tujuan. 

Perlu Ballers ingat, ukuran dan berat bagasi terdaftar juga memiliki batas maksimal yang harus diperhatikan agar tidak terkena biaya tambahan. 

Baca Juga : Inilah Ukuran Koper Kabin Pesawat sesuai Standar Internasional

Tips Memilih Koper untuk Perjalanan ke Luar Negeri

Sebelum kamu memutuskan koper mana yang akan menjadi pilihan utama saat melakukan perjalanan ke luar negeri, ada beberapa hal penting yang wajib kamu pertimbangkan. Berikut beberapa tips yang akan membantu kamu dalam memilih koper standar internasional dengan tepat.

1. Periksa Kebijakan Maskapai

Sebelum Ballers memutuskan akan menggunakan koper yang mana, langkah awal yang sangat penting dilakukan adalah memeriksa terlebih dahulu kebijakan maskapai penerbangan yang akan kamu gunakan. Setiap maskapai memiliki batasan ukuran dan berat bagasi yang berbeda. 

Sebagai gambaran, di maskapai Garuda, berat maksimum bagasi pesawat dibagi menjadi tiga kelas. Untuk kelas ekonomi, batasannya adalah 20 kg, sementara kelas bisnis sebesar 30 kg, dan kelas pertama sebesar 40 kg. Agar perjalananmu lebih nyaman, pastikan kamu telah memeriksa ketentuan berat bagasi pesawat ini sebelum berangkat.

Sementara, pada bagasi kabin ukuran maksimum yang diizinkan adalah panjang 56 cm, lebar 36 cm, atau ketebalan 23 cm, tetapi total dari ketiga dimensi tersebut tidak boleh melebihi 115 cm, dan beratnya tidak boleh melebihi 7 kg. 

Namun, ada pengecualian untuk penerbangan kelas ekonomi dengan pesawat tipe CRJ dan ATR, di mana ukuran maksimum yang diizinkan adalah panjang 41 cm, lebar 34 cm, atau ketebalan 17 cm, tetapi total dari ketiga dimensi tersebut tidak boleh melebihi 92 cm, dan beratnya tetap 7 kg.

Pastikan kamu memahami betul dimensi maksimal untuk bagasi kabin dan bagasi terdaftar. Langkah ini akan membantu kamu menemukan koper yang sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan. Jika kamu akan membawa koper yang disimpan di bagasi kabin, pastikan kopermu memenuhi ukuran yang diizinkan untuk dibawa masuk ke dalam kabin pesawat.

2. Pilih Koper dengan Bahan Berkualitas

Kualitas bahan koper juga menjadi faktor penting yang tidak boleh kamu abaikan. Pilih koper yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan tahan lama. Material seperti aluminium atau polycarbonate sering menjadi pilihan untuk koper yang awet dan tahan lama.

Bahan-bahan ini mampu melindungi isi koper dari benturan serta perubahan cuaca yang mungkin terjadi selama perjalanan. Saat Ballers memilih koper yang terbuat dari bahan berkualitas, kamu dapat memastikan barang-barang berharga di dalam koper tetap aman.

Baca Juga : Panduan Aturan Bagasi Pesawat Internasional untuk Traveling ke Luar Negeri

3. Pertimbangkan Fitur Keamanan

Aspek keamanan adalah hal lain yang tidak boleh diabaikan dalam proses memilih koper standar internasional. Pilih koper yang dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan, seperti kunci TSA yang bisa diakses oleh petugas keamanan bandara. 

Fitur ini memungkinkan petugas untuk memeriksa isi koper tanpa merusak kunci. Selain itu, sebagian koper juga dilengkapi dengan sistem kunci kombinasi pribadi untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap risiko pencurian.

4. Pilih Desain dan Warna yang Tahan Lama

Desain dan warna koper tidak hanya berfungsi sebagai estetika, tetapi juga berpengaruh pada nilai pakai koper tersebut. Ballers bisa memilih desain yang sederhana namun memiliki daya tahan yang baik. 

Warna-warna netral sering kali diusulkan karena tidak mudah terlihat kotor dan sesuai untuk berbagai jenis perjalanan. Penggunaan koper juga pastinya akan berkelanjutan, sehingga pemilihan desain dan warna yang tahan lama adalah langkah tepat yang bisa kamu lakukan. 

Baca Juga : Apa itu TSA Lock Pada Fitur Keamanan Koper?

Ukuran Koper Standar Internasional

Saat mempersiapkan perjalanan, salah satu aspek yang tidak boleh kamu lewatkan adalah mempertimbangkan ukuran koper standar internasional yang akan kamu gunakan. Ukuran koper ini memiliki peranan penting dalam memastikan bahwa koper tersebut sesuai dengan aturan dan regulasi yang telah ditetapkan oleh maskapai penerbangan. Berikut penjelasan mengenai dua ukuran koper standar internasional yang perlu kamu pertimbangkan.

1. Ukuran Koper Kabin Standar

Ukuran koper kabin standar seringkali bervariasi tergantung pada kebijakan masing-masing maskapai penerbangan. Meskipun begitu, secara garis besar, koper kabin standar memiliki dimensi sekitar 55 x 40 x 20 cm. 

Dimensi ini umumnya diakui oleh sebagian besar maskapai sebagai ukuran yang sesuai untuk dibawa masuk ke dalam kabin pesawat sebagai bagasi kabin. Bila dikonversi ke dalam ukuran inch, kamu bisa menggunakan koper kabin dengan ukuran mulai dari 18 inch dan 20 inch.

Saat Ballers memilih koper kabin yang memenuhi ukuran ini, kamu dapat menghindari biaya tambahan yang mungkin dikenakan jika kopermu tidak sesuai ukuran dan harus ditempatkan di bagasi terdaftar. 

2. Ukuran Koper Terdaftar Standar

Ukuran koper terdaftar standar juga memiliki variasi tertentu, tetapi pada umumnya memiliki dimensi sekitar 68 x 45 x 25 cm. Ukuran ini umumnya dianggap memenuhi persyaratan bagi bagasi terdaftar tanpa dikenakan biaya tambahan. 

Namun, seperti halnya dengan koper kabin, penting untuk selalu memeriksa kebijakan yang berlaku di maskapai penerbangan yang kamu pilih. Bisa jadi peraturan setiap maskapai tentang ukuran koper ini berbeda-beda dan Ballers harus menyesuaikannya. 

Memilih koper standar internasional yang tepat merupakan langkah penting dalam mempersiapkan perjalanan ke luar negeri. Pastikan kamu memperhatikan kebijakan maskapai, bahan berkualitas, fitur-fitur keamanan, dan dimensi yang sesuai, supaya kamu bisa memastikan perjalananmu berlangsung lebih lancar dan nyaman. 

Pilih koper yang tidak hanya fungsional, melainkan juga tahan lama supaya kamu bisa menggunakannya kembali untuk perjalanan selanjutnya. Baller menyediakan koper dari bahan polycarbonate yang dilengkapi dengan kunci kombinasi ganda TSA berstandar internasional. 

Koper 24 inch ini ideal untuk perjalanan ke luar negeri selama 4-7 hari. Dilengkapi juga dengan tas laundry anti air yang dapat kamu gunakan untuk memisahkan pakaian kotor agar tidak tercampur dengan pakaian bersih. Koper ini juga memiliki 4 roda ganda yang dapat berputar 360 derajat. 

Jadi, tunggu apalagi? Dapatkan koper standar internasional dari Baller sekarang juga untuk menemani perjalanan kamu ke luar negeri dengan aman dan lancar.

Artikel Terkait