Inilah Perbedaan Koper Kabin dan Bagasi Pesawat

perbedaan koper kabin dan bagasi

Apakah kamu merasa bingung bagaimana mengenali perbedaan koper kabin dan bagasi pesawat?.Itu sebabnya penting mengenali apa itu bagasi kabin dan bagasi pesawat secara menyeluruh. Perlu diingat bahwa koper kabin dan koper bagasi cukup berbeda dan akan jadi masalah apabila Ballers menggunakannya tanpa tahu kegunaannya. Sederhananya, koper kabin dan koper bagasi dibedakan berdasarkan ukuran dan beratnya saat ditimbang. 

Benar! Nantinya koper yang Ballers gunakan akan ditimbang pada saat melakukan check-in pesawat sebelum penerbagan. Jadi jangan sampai kaget atau bingung ketika Ballers ditanya “Apakah koper kabin ditimbang atau tidak?”. 

Supaya Ballers mendapatkan wawasan menyeluruh ketika akan melakukan perjalanan dengan pesawat, coba langsung perhatikan informasi lengkap tentang koper kabin dan bagasi di bawah ini! 

Perbedaan Koper Kabin dan Bagasi

Ketika kamu harus pergi menggunakan pesawat, penggunaan koper kabin dan bagasi dapat memengaruhi kenyamanan dan kelancaran perjalanan. Itu sebabnya penting untuk memahami perbedaan yang ada pada keduanya sehingga perjalanan kamu berlangsung tanpa masalah. 

Untuk memudahkan kamu mengenali perbedaannya, ada tiga aspek pembeda yang dapat dikenali, yaitu ukuran, dimensi, tempat penyimpanan, dan akses pengambilannya. Simak selengkapnya berikut ini! 

Ukuran dan Dimensi

Ukuran dan dimensi koper kabin umumnya lebih kecil daripada koper bagasi pesawat. Pasalnya koper kabin didesain agar muat dengan ruang penyimpanan yang tersedia di atas kepala atau di bawah kursi di dalam kabin pesawat. Itu sebabnya dimensi koper kabin tidak boleh lebih dari 56 cm (panjang) x 45 cm (lebar) x 25 cm (tinggi). 

Di pasaran, koper kabin biasanya dijual dengan ukuran 16 inch, 18 inch atau 20 inch karena dimensinya tidak melebihi standar yang telah ditentukan. Meski ukuran kabin pada pesawat berbeda tergantung jenisnya, tetapi dimensi yang disebutkan sebelumnya bisa menjadi patokan agar kamu bisa membawa koper ketika masuk ke dalam kabin. 

Sementara itu ukuran koper bagasi biasanya memiliki dimensi yang jauh lebih besar hingga 51 cm (panjang) x 35 cm (lebar) x 81 cm (tinggi) alias berukuran 32 inch. Kemudian ada juga koper berukuran 22 inch, 24 inch dan 28 inch

Tempat Penyimpanan

Seperti namanya, penyimpanan koper kabin akan tetap berada di dalam kabin pesawat. Koper ini bisa diletakkan di atas kepala, di bawah kursi di depan kamu, atau di tempat penyimpanan lainnya yang tersedia di dalam kabin. 

Kemudian koper bagasi akan disimpan ditempat penyimpanan yang berada di bagian kargo dalam pesawat. Tentunya kamu tidak bisa mengakses koper bagasi selama perjalanan karena tempatnya yang berbeda. Itu sebabnya koper bagasi akan langsung masuk bersamaan dengan check-in pesawat di counter maskapai penerbangan yang digunakan. 

Akses dan Pengambilan

Salah satu keuntungan koper kabin berada pada kemudahannya ketika ingin diakses selama penerbangan. Ketika memerlukan barang tertentu seperti buku, headphone, atau makanan ringan maka kamu bisa langsung mengambilnya dengan mudah. Kamu pun tidak perlu lagi menunggu bagasi pesawat ketika turun dari kabin. 

Sementara itu seperti yang telah diketahui, koper bagasi tidak akan bisa kamu akses karena tempat penyimpanannya yang berbeda. Setelah mendarat kamu harus menunggu di sekitar area klaim bagasi bandara untuk mengambil bagasi pesawat. 

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Kabin dan Bagasi Pesawat untuk Kelancaran Traveling Kamu

Apa Itu Bagasi Kabin?

Bagasi kabin adalah istilah yang kerap kali digunakan untuk menggambarkan koper kabin atau tas yang dapat dibawa oleh penumpang ketika mereka masuk ke dalam kabin pesawat. Coba pahami lebih lanjut karakteristik koper kabin di bawah ini. 

Fungsi Bagasi Kabin

Bagasi kabin memiliki beberapa fungsi penting yang membuatnya sangat berguna dalam perjalanan udara. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Kemudahan Akses

Bagasi kabin memungkinkan penumpang untuk membawa barang bawaan yang mereka butuhkan selama penerbangan, seperti laptop, dokumen penting, obat-obatan, atau peralatan hiburan. Hal ini juga memungkinkan penumpang untuk tetap nyaman dan terorganisasi selama perjalanan.

2. Keamanan Barang Berharga

Barang-barang berharga seperti perhiasan, perangkat elektronik, atau dokumen penting dapat disimpan dengan aman di dalam bagasi kabin. Kamu jadi bisa selalu mengawasi barang bawaan sehingga terhindar dari risiko kehilangan atau kerusakan selama penanganan bagasi pesawat.

3. Kemudahan Mobilitas

Bagasi kabin biasanya memiliki roda dan pegangan yang memudahkan mobilitas penumpang di dalam bandara. Ukurannya yang kecil juga tidak akan menyulitkan kamu ketika harus mendorongnya untuk bermobilitas dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Batasan Ukuran dan Berat

Setiap maskapai penerbangan memiliki kebijakan yang berbeda-beda mengenai ukuran dan berat maksimum bagasi kabin yang diizinkan. Batasan ini umumnya berkisar antara 7 hingga 10 kilogram untuk berat dengan dimensi panjang 56 cm, lebar 45 cm, dan tinggi 25 cm. 

Sebelum pergi, sebaiknya kamu sudah memeriksa berapa ukuran dimensi dan berat maksimal yang diperbolehkan. Hindari melewati batas yang telah ditentukan agar kamu bisa membawanya ke dalam kabin dan perjalanan penerbangan aman sampai tujuan. 

Kemudian pastikan kamu juga sudah tahu tipe pesawat yang digunakan karena hal ini akan berdampak pada dimensi dan berat batas yang diperbolehkan.

Baca Juga : Koper Traveling: Panduan Memilih Koper yang Sesuai dengan Kebutuhan Kamu

Apakah Koper Kabin Ditimbang?

Pertanyaan yang sering muncul di benak para penumpang pesawat ialah “Apakah koper kabin ditimbang seperti halnya koper bagasi saat melakukan check-in?”. Jawaban atas pertanyaan ini bervariasi tergantung pada maskapai penerbangan yang dipilih dan tujuan perjalanan yang dituju. 

Jadi tidak serta-merta kamu bisa memasukkan banyak barang melebihi batas berat yang sudah ditentukan sebelumnya. Coba pelajari lebih lanjut bagaimana proses kabin akan ditimbang sebagai berikut.

Proses Penimbangan

Proses penimbangan koper kabin dapat bervariasi tergantung pada maskapai penerbagangan yang dituju. Beberapa maskapai memeriksa berat koper kabin saat proses check-in di counter pengecekan tiket atau di counter maskapai. 

Jadi saat sudah melakukan proses check-in, kamu tidak akan lagi dipusingkan dengan proses administrasi yang panjang. Kamu hanya perlu menunggu di area boarding untuk segera masuk dalam kabin pesawat.

Batasan Berat

Meskipun koper kabin tidak selalu ditimbang, maskapai penerbangan umumnya menerapkan batasan berat untuk koper kabin. Batasan berat ini berkisar antara 7 sampai 10 kilogram, tetapi bisa bervariasi tergantung pada maskapai dan jenis pesawat yang digunakan dalam penerbanganmu. 

Oleh karena itu penting untuk memeriksa kebijakan maskapai yang kamu gunakan sebelum berangkat. Jika koper kabin yang kamu bawa melebihi batasan berat yang ditetapkan oleh maskapai maka biasanya akan ada penambahan biaya yang perlu dibayarkan. 

Periksa Kebijakan Maskapai

Ketika kamu merencanakan perjalanan udara, sangat penting untuk memeriksa kebijakan lain dari maskapai tersebut terkait dengan koper kabin. Pastinya setiap maskapai memiliki peraturan yang berbeda-beda mengenai ukuran, berat, dan jumlah barang bawaan yang diizinkan di dalam kabin pesawat. 

Baca Juga : 5 Cara Membuat Solo Traveling Lebih Berkesan dan Baik untuk Kesehatan Mental

Melalui pemahaman dan ketaatan mengikuti kebijakan ini maka kamu dapat menghindari masalah dan memastikan perjalanan berjalan lancar. Kemudian kamu juga perlu mengingat bahwa kebijakan maskapai dapat berubah sesuai kebutuhan dan kondisi. Sebaiknya kamu selalu melakukan pemeriksaan informasi terbaru sebelum hari keberangkatan. 

Informasi mengenai batasan berat, dimensi, dan barang-barang yang diperbolehkan di kabin pesawat biasanya dapat ditemukan di situs web resmi maskapai atau dalam konfirmasi pemesanan tiketmu.

Sekarang kamu telah memahami perbedaan koper kabin dan bagasi pesawat, bukan? Kamu juga sudah diajak mempelajari mengenai apa itu bagasi kabin dan apakah koper kabin ditimbang saat proses check-in atau tidak. 

Semoga kamu tidak bingung lagi akan menggunakan koper apa ketika akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Sebab itu pastikan kamu berhasil memilih koper terbaik dengan ukuran yang pas untuk memudahkan perjalanan. 

Banner untuk Produk Koper Bagasi

 Jika kamu akan melakukan perjalanan panjang selama 7-10 hari maka koper 28 inch dari Baller bisa dijadikan pilihan tepat. Penggunaan koper Baller pasti akan membuat perjalanan penerbangan jadi menyenangkan. 

Koper ini dibuat dengan bahan berkualitas tinggi, seperti aluminium dan polycarbonate, yang dapat memberikan kekuatan serta ketahanan ekstra. Keberadaan kompartemen yang banyak juga membuat kamu dapat dengan mudah mengatur barang bawaan. 

Kemudian pemasangan empat roda ganda yang dapat berputar 360 derajat akan makin melancarkan mobilitas kamu di berbagai permukaan jalan. Apabila kamu mencari koper yang sempurna untuk melakukan perjalanan maka langsung saja pesan koper 28 inch dari Baller! Pastikan perjalanan kamu menyenangkan tanpa drama hanya dengan menggunakan koper Baller


Artikel Terkait