9 Tempat Wisata Singapura, Lokasi Outdoor dan Gratis!

9 Tempat Wisata Singapura, Lokasi Outdoor dan Gratis!

Singapura sudah menjadi destinasi favorit terdekat bagi wisatawan Indonesia. Tentu saja sudah banyak rekomendasi tempat wisata di Singapura yang beragam dan ramai dikunjungi turis berbagai negara. Namun, tahukah Ballers kalau beberapa di antaranya itu gratis lho! Jadi, kamu tidak perlu membayar tiket masuk untuk mengunjungi tempat wisata tersebut. 

Selain itu, kebanyakan tempat wisata di Singapura lokasinya outdoor ya! Cara yang tepat untuk menikmati udara segar dan cuaca cerah Singapura. Untuk tahu selengkapnya, baca terus di artikel ini yuk!

1. Gardens By The Bay

Gardens By The Bay Singapura

Alamat: 18 Marina Gardens Dr, Singapore 018953

Tempat ini menjadi salah satu destinasi favorit di Singapura yang wajib dikunjungi. Gardens By The Bay adalah taman raksasa seluas 100 hektar yang tersembunyi di belakang megahnya Marina Bay Sands. 

Cocok sekali untuk menikmati suasana jalan-jalan yang nyaman di tengah gemerlapnya kota Singapura. Taman ini bukan hanya menawarkan pemandangan yang indah, tetapi juga koleksi tanaman langka yang dapat ditemui di dalam sebuah rumah kaca raksasa dengan arsitektur menyerupai kerang.

Untuk sampai ke taman ini, kamu cukup naik MRT jalur kuning dan turun di stasiun Bayfront. Kemudian keluar melalui Exit B, kamu akan langsung disambut oleh keindahan Dragonfly & Kingfisher Lake. Jam operasional taman outdoor ini mulai pukul 05.00 hingga 02.00 waktu setempat ya!

Namun, bagi pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan indoor, kamu perlu membayar tiket masuk ke konservatorium seharga S$28 per orang, dengan jam operasional mulai pukul 09.00 hingga 21.00 waktu setempat. 

2. Merlion Park

Merlion Park Singapura

Patung Merlion menjadi daya tarik utama di Merlion Park, karena letaknya di area terbuka untuk publik kapan saja. Patung berbentuk ikan duyung dengan kepala singa ini menjadi tempat yang wajib untuk turis berfoto dengan latar belakang ikon ini. 

Lokasi yang strategis juga membuat pengunjung dapat mengakses Merlion Park dengan mudah, terutama dari stasiun MRT Raffles Place yang terdekat. Setelah tiba di stasiun Raffles Place, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan sambil menikmati indahnya Sungai Singapore menuju Fullerton Hotel. Dari sana, kamu tinggal menyeberang menuju bangunan bertuliskan "One Fullerton," tepat di samping Patung Merlion. 

Jangan lewatkan juga suasana Merlion Park pada malam hari, hiasan lampu gemerlapnya memberikan daya tarik tersendiri. Sempatkan kamu dan keluarga maupun teman-teman untuk menikmati pemandangan sejuk dan memanjakan mata.

3. Jewel Changi Airport

Jewel Changi Airport Singapura

Begitu kamu sampai di Bandara Changi atau sebelum kamu pulang dari Singapura, coba manfaatkan waktu sebentar di Bandara Changi. Kamu akan disambut dengan Air Terjun Tertinggi di Dunia indoor, yaitu Rain Vortex setinggi 40 meter di Jewel extension.

Suasana hijau di Forest Valley juga cocok sebagai latar belakang foto yang menarik sebagai kenang-kenangan. Ada juga pertunjukan cahaya dan suara setiap jam pada malam hari mulai pukul 19.30 hingga 23.30 waktu setempat!

Tidak hanya itu, di area transit kamu dapat menemukan berbagai taman yang bisa dijelajahi, bioskop gratis selama 24 jam, dan ruang TV. Penumpang yang transit dengan waktu tunggu minimal 5,5 jam bahkan bisa mengikuti tur singkat secara gratis di Singapura. 

Waktu menunggu di bandara menjadi pengalaman yang baru agar kamu tetap terhibur dan rileks selama perjalanan di Singapura!

4. Marina Bay Sands

Marina Bay Sands Singapura

Alamat: 10 Bayfront Ave, Singapore 018956

Marina Bay Sands sudah tidak asing lagi menjadi destinasi para turis mengabadikan momen selain Patung Merlion. Kompleks ini terdiri dari tiga gedung yang dihubungkan oleh struktur berbentuk kapal, memberikan kesan visual yang unik. 

Di dalamnya, Marina Bay Sands menyajikan berbagai fasilitas, mulai dari ribuan kamar hotel, mal, kasino, teater, restoran, klub malam, ruang seni, hingga taman yang cantik. Selain itu, salah satu daya tarik uniknya adalah kolam renang terpanjang dengan panjang 150 meter, terletak di ketinggian 200 meter dengan pemandangan indah kota Singapura. 

Para pengunjung dapat menikmati pertunjukan outdoor gratis yaitu "Wonder Full—Light & Water Spectacular" yang menampilkan laser, efek khusus, dan atraksi cahaya, diselenggarakan setiap jam 20.00 dan 21.30 waktu setempat. 

Akses ke Marina Bay Sands juga cukup mudah. Dengan menggunakan MRT, turunlah di stasiun MRT Promenade atau MRT Marina Bay, yang terletak paling dekat dengan destinasi ini. Setelah itu, cukup berjalan kaki sebentar, lalu kamu akan sampai di Marina Bay Sands.

5. Marina Barrage

Marina Barrage Singapura

Alamat: 8 Marina Gardens Dr, Singapore 018951

Masih terletak di outdoor, ada Marina Barrage di muara Sungai Marina. Ini menjadi spot yang tepat untuk menikmati pemandangan skyscraper di hamparan lapangan hijau di atas bendungan.

Awalnya, Marina Barrage dikenal sebagai bendungan multifungsi yang memiliki peran penting dalam penyediaan air, pengendalian banjir, dan produksi energi hijau. 

Kamu bisa berpiknik di sini sambil menikmati panorama memukau kota Singapura, termasuk ikon-ikon seperti Marina Bay Sands dan Gardens by the Bay juga terlihat dari sini! Tempat ini telah menjadi favorit di kalangan masyarakat lokal untuk bersepeda, bermain layangan, atau sekadar bersantai di atas rumput hijau yang luas.

6. Southern Ridges

Southern Ridges Singapura

Alamat: Telok Blangah Hill Park

Bagi kamu yang suka jalan-jalan sambil olahraga berjalan kaki, ini tempat wisata yang tepat untuk kamu. Southern Ridges menawarkan pengalaman berjalan kaki yang berbeda dan pastinya seru! Jalur pejalan kaki yang terbentang hampir 10 kilometer ini menghubungkan berbagai taman dan hutan alam dari Harbourfront MRT Station hingga Labrador Nature Reserve.

Kamu akan melintasi taman-taman lainnya seperti Mount Faber Park, Telok Blangah Hill Park, HortPark, dan Kent Ridge Park. Di antara daya tariknya, Henderson Waves menjadi spot paling populer dengan desain jembatan yang memikat, mirip gelombang ombak. 

Sambil menikmati pemandangan asri dari puncak Mount Faber dan Telok Blangah Hill, serta menjelajahi hutan kota yang tenang, Southern Ridges menjadi destinasi gratis ideal bagi pecinta alam dan penggemar aktivitas berjalan kaki di Singapura.

7. Singapore Botanic Gardens

Botanic Gardens Singapura

Alamat: 1 Cluny Rd, Singapore 259569

Tempat wisata outdoor di Singapura rasanya belum lengkap jika belum mengunjungi destinasi wisata unggulan di jantung Singapura, hanya beberapa langkah dari Orchard Road. 

Dikenal juga sebagai Tongkat Ali of Singapore's botanic gardens, Botanic Gardens menawarkan keindahan dengan lebih dari 60.000 jenis tanaman dan anggrek. 

Taman tropis ini telah berusia 163 tahun dengan status sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, taman ini menawarkan udara segar dan keindahan yang luas untuk dinikmati oleh pengunjung. 

Selain bersantai, jogging, bermain, makan, dan berkumpul dengan keluarga serta teman-teman, pengunjung juga dapat menikmati hidangan lezat di restoran yang tersebar di seluruh taman ini.

Lokasinya dapat dijangkau dengan naik MRT dari stasiun Harbourfront, di kompleks Vivo City, turun di CC19 Botanic Garden. Taman ini buka setiap hari mulai pukul 05.00 hingga 00.00 malam, gratis! Namun, untuk National Orchid Garden dikenakan biaya S$8 untuk orang dewasa.

8. Esplanade – Theatres on the Bay

Theatres on the Bay Singapura

Alamat: 1 Esplanade Dr, Singapore 038981

Bagi pecinta seni, kamu wajib datang kesini! Esplanade atau akrab disebut sebagai gedung durian atau Theatres on the Bay merupakan pusat seni dan pertunjukan di Singapura. Lokasinya berseberangan dengan Merlion Park, dengan jam operasional mulai pukul 12.00 hingga 20.30 waktu setempat.

Di dalam Esplanade, selain teater dan gedung pertunjukan, terdapat area perbelanjaan dan ruang terbuka yang sering digunakan untuk pertunjukan seni dan musik gratis. Fasilitas perpustakaannya juga lengkap lho! Sementara di luar gedung, pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang Marina Bay Sands dan skyscrapers

Akses ke Esplanade dapat ditempuh dengan naik MRT, dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dari City Hall atau melalui Esplanade Circle Line Station (Exit D). Kemudian melalui underpass yang terhubung dengan beberapa mal ternama seperti Citylink, Raffles City, Marina Square, Suntec City, dan Millenia Walk.

9. Buddha Tooth Relic Temple

Buddha Tooth Relic Temple

Alamat: 288 South Bridge Rd, Singapore 058840

Kunjungan gratis selanjutnya adalah tempat wisata bersejarah, yaitu Buddha Tooth Relic Temple. Kuil Buddha ini menjadi mercusuar spiritual di Singapura. Terletak di Chinatown, kuil ini terkenal sebagai pelindung relik Gigi Buddha yang sakral, tetapi juga mempesona pengunjung dengan arsitektur megah yang terinspirasi oleh gaya tradisional Dinasti Tang.

Namun, perlu diperhatikan sopan santun yang berlaku ya Ballers! Termasuk aturan berpakaian yang mengharuskan pengunjung menutupi bagian pundak dan punggung, melarang penggunaan celana pendek atau rok pendek. Dengan begitu, kunjungan Buddha Tooth Relic Temple tidak mengganggu kehormatan tempat suci ini.

Jadi bagaimana Ballers? Sudah siap untuk jalan-jalan mengelilingi tempat wisata outdoor di Singapura? Pastikan kamu memakai sepatu yang nyaman, topi atau payung jika cuaca terik, dan tas yang nyaman karena kamu akan banyak berjalan kaki di luar ruangan.

Lengkapi juga barang bawaan kamu selama di Singapura dengan perlengkapan ke luar negeri yang bisa kamu baca juga di artikel lainnya.

Nah, untuk commuting dengan MRT dan jalan-jalan sekitar Singapura, kamu perlu travel bag yang nyaman dan bisa memuat semua keperluan kamu! Tas All-Day siap menemani perjalanan maupun kegiatan sehari-hari kamu lebih leluasa.