15 Perlengkapan Traveling ke Luar Negeri yang Wajib bagi Wanita

15 Perlengkapan Traveling ke Luar Negeri yang Wajib bagi Wanita

Siapa yang tidak suka traveling? Saat Ballers merencanakan perjalanan ke luar negeri, mencari tiket pesawat dan akomodasi mungkin menjadi persiapan utama kamu. Namun, Ballers juga harus mempersiapkan perlengkapan traveling yang tepat agar perjalananmu tidak terganggu dan membuatmu tidak nyaman. 

Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi barang yang harus dibawa untuk traveling ke luar negeri yang wajib kamu bawa. Ada perlengkapan wajib yang perlu dibawa dan tidak boleh dilewatkan. Jadi, pastikan Ballers membaca ulasannya di bawah ini hingga akhir.

Manfaat Traveling ke Luar Negeri

manfaat traveling untuk wanita

1. Berlatih Mengatur Keuangan

Traveling ke luar negeri memerlukan pengaturan keuangan yang baik. Kamu harus mengatur anggaran sebelum berangkat agar tidak mengalami kesulitan di tengah perjalanan. Selain itu, kamu juga perlu mengantisipasi perubahan nilai tukar mata uang dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu. Jadi secara tidak langsung, Ballers bisa mengembangkan kemampuan mengatur keuangan kamu sendiri.

2. Membuka Wawasan

Saat traveling ke luar negeri, kamu bisa mempelajari budaya, bahasa, dan kebiasaan yang berbeda. Hal ini akan membuka wawasan dan membuatmu lebih menghargai perbedaan budaya. Kamu juga akan memahami bagaimana cara hidup orang di luar negeri di mana ini dapat menjadi pengalaman yang berharga. 

3. Menciptakan Pengalaman Baru

Traveling ke luar negeri akan memberikan pengalaman baru yang tidak bisa didapatkan di dalam negeri. Ballers akan menemukan tempat-tempat yang indah, makanan yang lezat, serta bertemu dengan orang-orang yang berbeda. Semua pengalaman ini akan menjadi kenangan yang indah dan berharga seumur hidup.

Baca juga: 9 Tips Traveling Sendiri untuk Wanita Agar Tetap Nyaman

4. Siap Mengambil Tantangan

Sebelum bepergian ke luar negeri, kamu tentu memerlukan persiapan yang matang dan kemampuan untuk mengatasi tantangan. Sebagai traveler, kamu harus bisa beradaptasi dengan perbedaan budaya, bahasa, dan kebiasaan yang berbeda. 

Ditambah lagi, Ballers juga harus siap menghadapi situasi yang tidak terduga, seperti salah jalan, membeli barang dengan harga yang di luar perkiraan, dan masih banyak lagi. Semua pengalaman ini akan membuat kamu menjadi lebih siap dalam menghadapi tantangan di kehidupan. Jadi tidak akan ada lagi yang bisa berkata bahwa wanita selalu takut, sebab kamu sudah membuktikannya dengan berani traveling.

5. Menyehatkan Mental

Tentu saja manfaat yang paling penting dari kegiatan traveling ke luar negeri adalah menyehatkan mentalmu. Saat bepergian, kamu bisa menghilangkan stres dan menikmati keindahan alam. Ballers juga akan bertemu dengan orang-orang baru dan menjalin persahabatan. Semua ini akan menciptakan perasaan yang lebih bahagia dan memperbaiki kesehatan mental.

6. Mengembangkan Keterampilan Bahasa

Jika kamu mengunjungi negara yang berbicara bahasa yang berbeda, perjalanan tersebut dapat membantu kamu meningkatkan keterampilan bahasa. Praktik berbicara dengan penutur asli adalah cara efektif untuk mempelajari bahasa baru.

7. Menjadi Lebih Menghargai Kehidupan

Terkadang, perjalanan ke tempat-tempat yang mungkin kurang beruntung kondisinya dapat membantu kamu menghargai kehidupan kamu yang saat ini. Ini bisa menjadi pengingat penting tentang berkat yang kamu miliki.

8. Meningkatkan Kreativitas

Melihat lingkungan dan budaya yang berbeda dapat merangsang kreativitas kamu. Kamu mungkin mendapatkan inspirasi untuk ide-ide baru atau solusi permasalahan yang sedang kamu hadapi.

Baca juga: 10 Cara Packing Baju di Koper yang Efektif dan Anti Kusut

Perlengkapan Traveling ke Luar Negeri untuk Wanita yang Wajib Dibawa

Sudah mengetahui manfaat dari traveling ke luar negeri, kini saatnya kamu mempersiapkan apa saja barang yang harus dibawa. Berikut adalah 10 perlengkapan traveling yang harus kamu bawa saat perjalanan ke luar negeri:

1. Dokumen Penerbangan

Saat traveling ke luar negeri, dokumen penerbangan adalah salah satu perlengkapan yang wajib dibawa. Ini termasuk tiket pesawat, paspor, dan visa jika dibutuhkan. Pastikan bahwa semua dokumen ini telah diperiksa sebelum keberangkatan dan disimpan dalam dompet atau tas yang mudah dijangkau saat dibutuhkan.

Jangan lupa persiapkan tiket secara digital sebelumnya, bila perlu lakukan check-in online agar lebih cepat. Selain itu, pastikan paspor kamu masih berlaku dan tidak akan kedaluwarsa dalam waktu dekat. 

2. Uang Cash dengan Mata Uang di Negara Tujuan

Ketika traveling ke luar negeri, penting untuk membawa uang cash dengan mata uang di negara tujuan. Bawa sejumlah uang cash yang dibawa cukup untuk keperluan selama perjalanan seperti makanan, transportasi, dan akomodasi. Jika kamu tidak memiliki cukup uang cash, kamu dapat menukarkan mata uang di money changer atau bank.

Simpan uang cash dalam dompet yang aman dan mudah diakses. Jangan pernah menaruh semua uang cash di satu tempat agar tidak kehilangan seluruh uang sebab beberapa tempat liburan di luar negeri cukup rawan pencopetan.

3. Obat-obatan dan Alat Makan

Obat-obatan juga termasuk dalam perlengkapan traveling yang wajib dibawa saat ke luar negeri. Persiapkan obat-obatan yang biasa kamu konsumsi sehari-hari serta obat-obatan untuk mengatasi kondisi kesehatan tertentu baik sakit kepala, mual atau maag yang mungkin timbul selama perjalanan. Bila merasa mudah mabuk terutama saat perjalanan panjang, bawa obat anti mabuk kendaraan dan kebutuhan lain seperti permen mint atau minyak kayu putih.

Selain itu, peralatan makan seperti sendok, garpu dan botol minum portable seringkali diremehkan tetapi memiliki fungsi yang cukup vital terlebih untuk kamu yang tidak bisa mengkonsumsi makanan sembarangan.

Baca juga: Catat 12 Tips Traveling Ke Luar Negeri, Pemula Wajib Tahu!

4. Pakaian yang Cocok

Sebelum bepergian ke luar negeri, pastikan kamu membawa pakaian yang sesuai dengan cuaca dan kondisi di negara tujuan. Jadi, penting untuk selalu memeriksa kondisi cuaca di negara tujuan sebelum berangkat agar dapat mempersiapkan pakaian yang sesuai. 

Berlibur ke negara musim dingin? Ballers bisa terapkan outfit ala Korea yang cantik dan stylish. Sebaliknya, jika Ballers mengunjungi negara yang sedang musim panas, maxi dress bisa jadi pilihan yang paling tepat.

Selain itu, pastikan baju yang kamu bawa nyaman dan sesuai dengan aktivitas yang akan kamu lakukan selama perjalanan. Jangan membawa terlalu banyak pakaian karena akan membebani perjalanan. Cukup bawa pakaian yang pas untuk keperluan selama perjalanan.

5. Travel Charger Adaptor

Travel charger adaptor adalah perlengkapan traveling yang wajib dibawa jika kamu akan bepergian ke luar negeri. Hal ini karena setiap negara memiliki jenis colokan yang berbeda-beda. Jadi, Ballers bisa menggunakan perangkat elektronik seperti smartphone, laptop, atau kamera dengan mudah di negara tujuan.

6. Tripod

Ingin mengabadikan momen bersama keluarga, teman, pasangan, atau diri sendiri dengan mudah? Maka membawa tripod adalah suatu keharusan. Tripod akan membantu Ballers menghasilkan foto yang lebih stabil dan cantik sebab memungkinkan kamu mengambil gambar secara keseluruhan. Selain itu, tripod juga membantu mengambil foto dari sudut yang berbeda-beda dengan mudah.

Pilih tripod yang mudah dibongkar pasang dan mudah disimpan dalam tas. Hindari membawa tripod yang terlalu besar atau berat karena akan membebani perjalanan. Bawa tripod yang cukup untuk keperluan selama perjalanan dan pastikan tripod tersebut mudah dioperasikan di berbagai kondisi.

Baca juga: Apa Saja Barang yang Boleh Masuk Bagasi Pesawat?

7. Powerbank

Semua wanita suka mengambil gambar dan berfoto cantik di setiap spot foto. Tak heran jika daya baterai kerap kali cepat habis. Powerbank membantu Ballers mengisi baterai perangkat elektronik seperti smartphone dengan mudah, terutama jika tidak menemukan colokan listrik di area sekitar. Jangan lupa untuk membawa powerbank dalam tas jinjing atau tas yang kamu bawa ke dalam kabin dan jangan pernah letakkan di dalam koper yang akan disimpan di bagasi pesawat. 

8. Peralatan Make up

Tampil cantik saat perjalanan ke luar negeri tentu merupakan hal yang wajib. Untuk mendukung penampilan outfit kamu yang menarik, make up adalah hal yang tak boleh dilupakan untuk dibawa. Tempatkan pada satu pouch khusus bersamaan dengan brush dan alat make up lainnya untuk menjaga agar tetap higienis. 

9. Hair Dryer, Catok atau Setrika

Beberapa tempat penginapan tidak menyediakan peralatan seperti hair dryer, catok, dan setrika. Sebab itu, sebaiknya bagi kamu yang tidak menggunakan hijab, bawa catok rambut untuk menata rambut agar tetap tampak sempurna dengan make up dan outfit yang digunakan. Nah bagi kamu yang berjilbab, jangan lupa untuk membawa setrika kecil agar memudahkan kamu untuk membentuk jilbab agar rapi dan menghaluskan bagian jilbab yang tampak lipatan.

10. Tas Peralatan Mandi

Toiletary atau tas peralatan mandi juga wajib kamu bawa. Salah satu perlengkapan ini umumnya berisi perlengkapan mandi seperti sabun mandi, sabun muka, sikat & pasta gigi, serta handuk. Tentunya, pilih dan bawa perlengkapan tersebut secukupnya sesuai kebutuhan kamu selama traveling

11. Tas Daypack atau Ransel Kecil

Bawalah juga tas daypack atau ransel kecil untuk digunakan saat berjalan-jalan di sekitar destinasi. Tas ini sangat praktis untuk membawa barang-barang kecil seperti kamera, peta, botol air minum, atau souvenir.

12. Membawa Perlengkapan Perlindungan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang kuat dapat menyebabkan kulit terbakar dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Jadi, pastikan kamu selalu membawa kacamata hitam, topi, atau payung saat berada di bawah sinar matahari untuk melindungi diri dari efek negatifnya. Kamu juga bisa mempersiapkan tabir surya untuk berjaga-jaga.

13. Sandal atau Sepatu yang Nyaman

Pastikan kamu membawa alas kaki seperti sandal atau sepatu yang nyaman untuk digunakan saat berjalan-jalan atau beristirahat di akomodasi.

14. Buku Panduan atau Peta

Buku panduan atau peta dapat menjadi alat yang sangat berguna untuk menjelajahi tempat tujuanmu dengan lebih baik dan memastikan kamu tidak ketinggalan objek wisata penting. Untuk lebih praktis, kamu juga bisa mengunduh atau download aplikasi yang diperlukan untuk membuat rencana liburan kamu lebih menyenangkan.

15. Koper

Memilih koper yang tepat dapat membuat perjalanan Ballers lebih nyaman dan aman. Saat memilih koper, pastikan kamu memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan memilih koper yang terlalu besar atau terlalu kecil. Pasalnya koper yang terlalu besar akan sulit diangkat dan tidak praktis, sedangkan koper yang terlalu kecil mungkin tidak cukup untuk memuat semua barang bawaan Anda.

Banner untuk Semua Produk Koper

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan saat memilih koper adalah material yang kuat dan kapasitasnya. Lalu apa pilihan koper yang tepat untuk memenuhi perlengkapan traveling kamu? Tentu saja jawabannya adalah Baller. 

Bukan hanya sekadar koper, Baller memiliki produk dengan kualitas yang teruji dan disertai dengan garansi produk selama 5 tahun. Sebagai koper aluminium asli dari Indonesia, Baller menyediakan berbagai pilihan warna dan kapasitas mulai dari 18 inci hingga 28 inci. 

Setiap produknya juga dilengkapi dengan fasilitas canggih lainnya seperti USB charging port, sistem kunci TSA, dan Ballers juga bisa menambahkan nama berbentuk engraving di koper agar tidak tertukar. Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Baller dan dapatkan koper ideal dengan standar berkualitas untuk kebutuhan perlengkapan traveling kamu sekarang juga!