Berapa Ukuran Koper Kabin Pesawat Domestik yang Ideal?

Ukuran koper kabin pesawat

Salah satu kekhawatiran traveler ketika bepergian naik pesawat adalah barang bawaan di kabin pesawat. Jika muatan barang terlalu banyak, resiko kamu adalah biaya bagasi tambahan. Apalagi jika packing koper tidak terencana dengan optimal.

Untuk memastikan kelancaran perjalanan kamu, pada artikel kali ini kamu akan mencari tahu ukuran koper kabin yang tepat dan sesuai dengan ketentuan maskapai penerbangan domestik. Kamu bisa mulai bepergian dengan nyaman dan memudahkan proses check-in. Lihat selengkapnya di bawah ini.

Ukuran Koper untuk Bepergian

Peraturan ukuran koper kabin setiap maskapai dapat berbeda-beda. Secara umum, ukuran maksimum bagasi kabin adalah panjang 56 cm, lebar 36 cm, dan tebal 23 cm. Jumlah ketiga dimensi ini tidak boleh melebihi 115 cm. Sedangkan berat maksimum bagasi kabin adalah 7 kg.

Untuk mempersiapkan perjalanan yang nyaman, berikut adalah aturan ukuran koper kabin dari beberapa maskapai untuk penerbangan domestik.

1. Garuda Indonesia

Penerbangan Economy Class maskapai Garuda Indonesia menggunakan tipe pesawat CRJ dan ATR dengan ukuran yang berbeda. Ukuran maksimum bagasi kabin untuk tipe pesawat ini adalah 41 cm x 34 cm x 17 cm.  Jumlah ketiga dimensi ini tidak boleh melebihi 92 cm. Namun, berat maksimum bagasi kabin tetap 7 kg.

2. Lion Air

Untuk maskapai Lion Air, aturan ukuran koper kabin yaitu 40 cm x 30 cm x 20 cm dengan berat maksimum hingga 7 kg. Penumpang dapat membawa satu bagasi kabin dan satu tas pribadi untuk keperluan selama penerbangan, seperti tas laptop, tas kamera, perlengkapan bayi, maupun tas jinjing.

3. Transnusa

Sama seperti Air Asia, dimensi koper kabin pesawat untuk maskapai Transnusa adalah 56 cm x 36 cm x 23 cm. Penumpang wajib memenuhi muatan kompartemen penyimpanan di atas kabin pesawat dengan ukuran tersebut.

4. Batik Air

Sama halnya dengan Lion Air, ukuran koper kabin maskapai Batik Air memiliki ukuran 40 cm x 30 cm x 20 cm dengan berat maksimal 7 kg untuk kelas ekonomi maupun bisnis.

5. Citilink

Untuk maskapai penerbangan anak Garuda Indonesia, Citilink menerapkan aturan ukuran koper kabin yaitu 56 cm x 36 cm x 23 cm dengan berat maksimal 7 kg.

6. Sriwijaya Air

Maskapai Sriwijaya Air menyediakan bagasi hand-carry dengan maksimal berat yaitu 7 kg. Ukuran koper kabin maskapai ini memiliki dimensi 56 cm x 33 cm x 23 cm.

7. Air Asia

Maskapai Air Asia memperbolehkan penumpangnya membawa satu bagasi kabin dengan dimensi ukuran 56 cm x 36 cm x 23 cm yang termasuk pegangan, roda, dan kantong samping tas.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Koper untuk Traveling, Pahami Sebelum Membeli!

Barang-barang yang Wajib Dibawa Dalam Koper Kabin

Koper kabin biasanya diisi dengan barang-barang penting yang dibutuhkan penumpang selama penerbangan. Oleh karena itu, sebagai penumpang perlu tahu barang apa saja yang ideal untuk dibawa di dalam koper kabin. Jangan sampai kamu salah membawa barang di dalam koper kabin, demi kenyamanan kamu selama penerbangan nanti. Lihat selengkapnya di bawah ini:

1. Barang Elektronik

Ketika bepergian, tidak hanya smartphone yang harus terus kamu bawa, namun juga barang-barang elektronik lainnya seperti laptop, PC tablet, Kindle, kamera, power bank, juga harus disimpan di dalam tas kabin kamu.

Selain menghindari kemungkinan dicuri, barang-barang dengan baterai dilarang disimpan di bagasi pesawat.

Ingat, selain take-off dan landing, kamu diperbolehkan menggunakan barang-barang tersebut selama tidak mengaktifkan koneksi internet.

2. Dokumen Penting

Dokumen-dokumen penting terkait perjalanan seperti paspor, KTP, tiket pesawat, bukti booking akomodasi, asuransi perjalanan, dan lainnya harus kamu simpan dan bawa selalu dalam koper kabin kamu.

Walaupun format digital yang tersimpan di smartphone bisa diterima, mencetak beberapa dokumen penting tersebut dan membawanya bersama kamu merupakan langkah kecil yang bisa membantumu terhindar dari masalah birokrasi.

3. Perlengkapan Mandi & Perawatan

Tidak semua maskapai penerbangan menyediakan toiletries atau perlengkapan mandi yang lengkap di pesawat. Apalagi jika kamu ada kondisi kulit tertentu. Kamu perlu siapkan satu pouch kecil berisi sikat dan pasta gigi milikmu.

Udara di dalam kabin pesawat yang kering juga tentunya membuat kulitmu butuh perawatan ekstra. Tambahkan lip balm, facial wash, toner, dan moisturizer ke dalam pouch tersebut sebagai langkah menjaga penampilan dan kesegaran selama perjalanan. Ingat, semua yang berbentuk cairan tidak boleh lebih dari 100 ml.

4. Obat-obatan

Selama penerbangan, first-aid kit selalu tersedia di pesawat. Namun, untuk obat-obatan pribadi tetap perlu kamu bawa juga. Apalagi jika kamu memiliki alergi obat tertentu atau kebutuhan obat khusus, disarankan untuk selalu simpan obat-obatan yang kamu butuhkan di koper kabin. 

5. Baju Ganti Untuk 2-3 Hari

Ini menjadi poin penting untuk diingat, terutama jika bagasi terdaftar tertunda atau membutuhkan waktu lebih lama Dengan menyiapkan baju ganti, kamu tetap bisa menikmati penerbangan yang sesuai untuk tujuan kamu nanti.

Bawalah pakian yang sesuai dengan aktivitas yang akan kamu lakukan selama di perjalanan dan perhatikan perkiraan cuaca di tempat tujuan kamu. 

Ini adalah perkiraan lama waktu yang dibutuhkan maskapai penerbangan untuk bisa menemukan dan mengembalikan tas bagasi kamu.

Baca Juga: Ukuran Koper Kabin Pesawat Standar Internasional

Koper Ukuran Kabin Ideal untuk Kabin Pesawat

Ukuran koper kabin 20 inch

Bagi para traveler yang menginginkan kemudahan, kenyamanan dan keamanan selama penerbangan, koper kabin adalah pilihan yang tepat. Sehingga penting untuk memilih koper kabin pesawat yang memenuhi kebutuhan traveler dan sesuai peraturan penerbangan. 

Berikut adalah rekomendasi koper kabin pesawat yang tepat untuk penerbangan domestik, yaitu:

1. Koper Polycarbonate 20 Inch

Ukuran koper kabin 20 inch

Carry-On Polycarbonate Baller dengan resleting memiliki dimensi 55,1 cm x 38,1 cm x 22,8 cm dengan berat kosong 3,2 kg. Tipe lainnya adalah Carry-On Hybrid Polycarbonate tanpa resleting dengan dimensi yang sama, dengan berat kosong 3,8 kg. Keduanya juga telah dilengkapi dengan kunci TSA yang berstandar internasional. 

Untuk penerbangan domestik, Carry-On Polycarbonate Baller aman dibawa di kabin pesawat untuk memaksimalkan packing yang cukup selama 2-5 hari. Kamu tidak perlu khawatir karena bahan polycarbonate yang fleksibel membuat packing lebih efisien untuk kebutuhanmu.

2. Koper Aluminium 20 Inch

Ukuran koper kabin 20 inch

Koper Carry-On aluminium Baller tanpa resleting memiliki dimensi 57 cm x 39,5 cm x 21 cm dengan berat kosong 4,4 kg. Untuk keamanan tambahan, tersedia kunci kombinasi ganda yang disetujui standar internasional TSA. Ideal untuk dibawa di kabin pesawat dengan barang bawaan 2-5 hari.

Selain ukurannya yang sleek dan stylish, koper aluminium terbuat dari bahan aluminium yang lebih kuat dan tahan banting sehingga cocok untuk traveling jauh dengan daya tahan yang dapat diandalkan. 

Baca Juga: Destinasi Liburan ke Bangkok dengan Koper 20 Inch

Kini kamu gak perlu bingung lagi memilih koper kabin yang ideal untuk disimpan di kabin pesawat, karena koleksi koper kabin Baller telah memenuhi syarat dan ukuran yang berlaku di maskapai penerbangan. Kamu dapat memilih koper kabin Baller untuk traveling menggunakan 7 maskapai di atas.

Pastikan kamu memilih koper kabin yang sesuai dengan kebutuhan, gaya, dan kepribadian kamu. Ekspresikan diri & pengalaman traveling kamu lebih seru dan menyenangkan dengan personalisasi baru di koper polycarbonate. Lihat koleksi Baller selengkapnya dan temukan koper impian kamu sekarang!


Artikel Terkait